Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruNuArt Sculpture Park Bandung, Wisata Edukasi dengan Sejuta Karya Seni

NuArt Sculpture Park Bandung, Wisata Edukasi dengan Sejuta Karya Seni

NuArt Sculpture Park Bandung merupakan salah satu museum di Jawa Barat. Di dalamnya menyimpan karya-karya seniman handal Tanah Air asal Bali yang bernama I Nyoman Nuarta.

Perlu anda ketahui, Nyoman Nuarta adalah seorang seniman yang populer dengan mahakarya Garuda Wisnu Kencana di Bali. Dalam proses pembangunan maha karya tersebut mencapai 28 tahun.

Selain menciptakan Garuda Wisnu Kencana, Nuarta juga mempunyai karya lain yang cukup terkenal yakni Arjuna Wijaya yang berada di Jakarta serta Patung Jalesveva Jayamahe dengan tinggi 60 meter pada komplek pangkalan Angkatan Laut Surabaya. Untuk menampilkan seluruh karyanya, Nuarta membangun NuArt Sculpture Park yang berada di Bandung utara.

Mengenal NuArt Sculpture Park Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai beragam destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga wisata edukasi. Bagi anda yang merupakan salah satu pecinta seni, berkunjung ke NuArt Sculpture Park adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Tempat Wisata di Magelang yang Ngehits

NuArt Sculpture Park Bandung adalah sebuah tempat yang mengusung nilai-nilai keberagaman, solidaritas, kerjasama, serta inklusivitas. Tempat ini berdiri sejak November 2000.

Pada awalnya, museum ini berdiri sebagai tempat menyimpan hasil karya Nuarta secara pribadi. Namun selanjutnya banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati hasil karya Nuarta. Hingga akhirnya tempat ini terbukalah untuk umum.

Sebagian besar ruangan museum ini memiliki konsep terbuka dengan pepohonan yang besar pada sekelilingnya. Selain itu, beberapa karya seni terpajang pada area outdoor yang menyatu dengan alam.

Keseluruhan taman dan bangunan hadir dengan rancangan khusus dengan tujuan untuk memelihara perkembangan seni, desain serta budaya Indonesia.

I Nyoman Nuarta, Seniman Asli Bali

NuArt Sculpture Park merupakan sebuah galeri miliki seorang seniman ternama kota Bandung. Seniman tersebut bernama Nyoman Nuarta yang berasal dari Tabanan Bali dan akhirnya menetap di kota Bandung.

I Nyoman Nuarta merupakan seniman berkelas internasional yang pada awalnya merupakan lulusan dari Fakultas Seni Rupa dari perguruan tinggi ternama kota Bandung yakni lulusan Seni Rupa dari Perguruan Tinggi ITB Bandung pada tahun 1979 silam.

Keahlian dari I Nyoman Nuarta sebagai seorang maestro pematung serta pemahat hebat memang telah terkenal dalam dunia internasional.

Oleh karena itu, ia pun membuat NuArt Sculpture Park Bandung dengan tujuan untuk memamerkan semua karya seni yang ia miliki selama ini.

Baca Juga: Rainbow Garden Lembang, Taman Bunga Warna-Warni yang Cinematic

Tidak hanya sekedar memamerkan sebuah karya seni yang sangat hebat dengan mengedepankan bentuk, detail penting, estetika, ukuran, serta keindahan.

Akan tetapi, I Nyoman Nuarta juga terkenal sebagai salah seorang seniman yang selalu menyelipkan makna filosofi yang sangat kuat dari setiap karyanya.

Fasilitas NuArt Sculpture Park Bandung

Museum seni ini terbagi dengan beberapa bagian, yakni galeri, workshop, kafe, craft boutique, serta museum outdoor seluas hektar. Dalam museum outdoor tampil beragam karya dari Nyoman Nuarta yang berupa patung-patung dengan makna filosofis.

Selain museum oudoor, terdapat pula galeri. Akan tetapi, para wisatawan tak diperbolehkan untuk ambil gambar pada area ini.

Galeri tersebut memiliki dua lantai. Untuk lantai pertama khusus karya Nuarta. Sedangkan pada lantai dua dapat disewa untuk para pekerja seni, baik nasional hingga mancanegara dalam memamerkan karya seni yang mereka miliki.

Dengan didampingi oleh pemandu, maka pengunjung dapat menyaksikan lebih dekat bagaimana pemahat membuat sebuah karya masterpiece.

Bagi anda yang gemar berfoto selfie, NuArta Sculpture Park juga memiliki view yang cukup keren. Nantinya pengunjung dapat memperoleh spot foto yang unik dan menarik yang dapat anda posting ke sosial media.

Harga Tiket dan Jam Buka ke NuArt Sculpture Park Bandung

Bagi anda yang sangat tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata ini, maka harga tiket yang perlu anda keluarkan Rp.50.000 untuk dewasa.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bandung Populer dan Hits, Sayang Untuk Dilewatkan

Sedangkan untuk anak-anak cukup membayar Rp.25.000. Semua wisatawan dapat berkunjung ke museum seni ini mulai dari jam 09.00 hingga 7.00 WIB untuk hari Minggu hingga Kamis.

Sementara khusus untuk hari Jumat dan Sabtu buka dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB. Taman seni NuArt Sculpture Park Bandung berlokasi di Jalan Sutra Duta kencana II/11, Bandung, Jawa Barat. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img