Cara Membuat Tahu Gejrot Cirebon, Nikmati Sensasi Pedas Manis Khas

Cara Membuat Tahu Gejrot
Ilustrasi Cara Membuat Tahu Gejrot. Foto: Ist/Net

Cara membuat tahu gejrot cukup mudah. Anda pun dapat membuatnya langsung dari rumah. Hidangan ini merupakan makanan khas Cirebon yang terbuat dari tahu serta campuran bumbu lainnya.

Pada umumnya, jajanan ini tersaji dengan menggunakan layah kecil yang sangat digemari oleh hampir sebagian besar masyarakat.

Jajanan satu ini memang cukup populer, baik di daerah asalnya, bahkan kota besar lainnya seperti Jakarta pun sudah banyak pedagangnya.

Sesuai dengan namanya, makanan ini prosesnya dengan cara penumbukan (gejrot) menggunakan ulekan. Terdiri dari tahu kopong goreng yang potongannya kecil-kecil.

Selanjutnya tahu dicampur dengan kuah yang telah bercampur dengan bumbu lain. Seperti cabai, gula, bawang merah, serta bawang putih yang halus.

Intip Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon

Tahu ini memiliki cita rasa segar dan pedas yang sangat menggugah selera. Bagi anda para pecinta pedas, jangan lewatkan jajanan satu ini saat berkunjung ke kota Cirebon.

Baca Juga: Batagor Kering Bandung, Nikmati Sensasi Khas Pedas, Manis dan Gurih

Di kota asalnya, jajanan ini tersaji dengan menggunakan layah kecil. Layah memiliki bentuk seperti piring kecil yang terbuat dari cobek.

Hal ini tentunya menjadi keunikan tersendiri dari makanan khas Cirebon ini. Selain penyajiannya yang unik, cara menyantapnya pun memiliki ciri khas sendiri.

Cara menyantap jajanan khas adalah dengan menggunakan satu lidi kecil yang bermanfaat untuk menusuk tahu yang telah tercampur kuah bumbu. Sekarang jajanan khas Cirebon ini telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain cara membuatnya yang cukup sederhana, jajanan tahu gejrot juga dapat anda temukan dengan mudah di berbagai kota besar seperti Jakarta, Depok, Malang, Jogja, Surabaya, dan lainnya.

Resep dan Cara Membuat

Tahu khas Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri dari sajian lainnya. Terbuat dari tahu yang memiliki tekstur hampir sama dengan tahu pong.

Jajanan khas Cirebon ini terbuat dengan menggunakan tahu Sumedang yang lebih kopong serta memiliki rasa yang lebih hambar. Hal inilah yang membuat rasa kuahnya lebih terasa kuat tanpa tercampur asin yang berasal dari tahu jenis lainnya.

Selain dapat anda temui di berbagai kota lain selain Cirebon, anda pun dapat membuat tahu ini dengan cara yang sangat mudah dari rumah.

Adapun bahan-bahan yang anda perlukan dalam membuat tahu gejrot antara lain:

Bahan:

Tahu Sumedang atau tahu pong jenis lainnya. Alternatif lain untuk bahan tahu adalah dengan menggunakan tahu putih yang melalui proses digoreng terlebih dahulu.

Bumbu :

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  • garam

Bumbu Kuah:

  • Gula merah secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 3-5 sdm air asam jawa (sesuai selera)
  • air secukupnya

Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon:

  1. Rebus semua bahan kuah hingga larut serta tercampur rata. Selanjutnya dapat anda saring dan sisihkan.
  2. Cara berikutnya ulek kasar bawang putih, bawah merah, cabai rawit, serta garam. Kemudian dengan kuah gula merah, aduk hingga merata.
  3. Setelah kuah bumbu siap, maka siramkan ke atas tahu Sumedang yang telah anda potong-potong. Hidangan khas Cirebon ini pun siap anda sajikan.

Sensasi Lain Kaladama Cirebon

Tahu ini memang menjadi jajanan khas Cirebon yang memiliki banyak penggemar. Namun perlu anda ketahui, pada bagian timur kota Cirebon terdapat varian lain tahu gejrot yang bernama Kalamada.

Baca Juga: Pino Pizza Bandung, Wisata Kuliner Buah Batu Paling Direkomendasikan

Hidangan ini memiliki komposisi yang berbeda dengan sajian tahu gejrot pada umumnya. Merupakan makanan yang serupa dengan tahu gejrot, namun pada Kalamada, tersaji dengan potongan ketupat.

Selain proses membuat Kalamada memiliki cara sama seperti tahu gejrot pada umumnya, hal yang membedakan ada pada tambahan ketupat di dalamnya. Tentu saja menambah kekhasan tersendiri.

Cara penyajian hidangan ini sama-sama menggunakan piring gerabah. Perbedaan yang mencolok lainnya adalah pada sajian Kalamada menggunakan tahu yang lebih padat berisi tidak menggunakan tahu kopong seperti pada sajian biasanya.

Hingga kini cara membuat tahu gejrot khas Cirebon tergolong masih tradisional. Dengan alasan inilah, maka cita rasa dari sajian ini sangat kental dan khas. Anda pun dapat membuatnya langsung dari rumah karena cara dan bahannya mudah anda peroleh. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang