21 Anggota Klub Senam Sehat di Tasikmalaya Terpapar Covid-19

Klub Senam Sehat di Tasikmalaya
Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardimembenarkan 21 anggota Klub senam sehat dan keluarga terkonirmasi positif Corona. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Sebanyak 21 anggota Klub Senam Sehat di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat terpapar virus Corona setelah melakukan perjalanan ke luar kota.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya  Atang Sumardi membenarkan 21 anggota senam dan keluarga terkonfirmasi positif Corona. Sedangkan masih ada 21 orang lagi yang kini masih menunggu hasil tes PCR.

“Iya, benar ada klaster baru yaitu Klub Senam Sehat Desa. Mereka ini ke Gunung Papandayan dalam rangka acara tahunan. Total yang terpapar  ada 21 orang yakni dari anggota Club, keluarga serta kontak erat,” ungkapnya melalui sambungan telepon, Sabtu (6/3/2021).

Atang menjelaskan mereka melakukan perjalanan ke kawasan Gunung Papandayan pada Minggu (14/02/21). Ada 40 orang berangkat memakai Bus untuk acara tahunan. Kemudian pesenam ini bergabung dengan Klub senam dari Bandung.

“Paparan Covid-19 baru terdeteksi setelah melakukan pemeriksaan Swab kepada 9 anggota Klub Senam Sehat dan keluarga. Hasilnya delapan orang Positif Corona,” ucapnya.

Satgas Covid-19 pun melakukan swab massal terhadap 25 orang anggota senam dan kontak erat pada (3/3/2021). Hasilnya kembali ada 13 orang positif Covid 19. Mereka adalah anggota Klub senam sebanyak 6 orang, 7 orang kontak erat.

“Jadi awalnya ada yang mengalami keluhan gejala Covid-19 satu orang. Kemudian kami swab sembilan orang. Hasilnya delapan orang positif satu negatif. Anggota Klub Senam Sehat Tasikmalaya ini masih ada yang belum kita swab. Kita akan minta dan wajibkan mereka wab sama kontak eratnya,” ujarnya.

Atang menghimbau agar satgas tingkat desa dan juga tingkat kecamatan untuk melakukan PPKM Mikro.

“Penting sekali tiap desa harus mempunyai tempat isolasi mandiri. Selain itu setiap desa harus memantau masyarakatnya yang keluar masuk daerah Tasikmalaya,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang