Yamaha FZS-FI 2021 Meluncur di India, Intip Spesifikasi yang Diusungnya

Yamaha FZS-FI 2021, Tentunya yang Sudah Meluncur di India
Ilustrasi Yamaha FZS-FI 2021. Foto: Ist/Net

Yamaha FZS-FI 2021 telah meluncur di India. Motor ini merupakan generasi terbaru dari Byson. Dengan memiliki beberapa perubahan, seperti halnya dapat terkoneksi dengan smartphone. Tampilan Byson yang terlihat gagah, membuat motor ini banyak yang menyukai.

Dengan posisi riding yang tidak terlalu membungkuk. Sehingga dengan posisi seperti ini, tidak membuat cepat lelah. Byson sangat cocok untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

Baca Juga : Motor Yamaha Y16ZR Resmi Meluncur di Malaysia

Memiliki respon mesinnya yang cukup baik dalam berkelit saat padatnya kendaraan. Terlebih pada posisi setang yang rasanya pas dengan ukuran pengguna Asia.

Spesifikasi Yamaha FZS-FI 2021

Model Yamaha FZS-FI 2021 telah mendapat peningkatan dalam teknologinya. Tentunya apabila dibandingkan dengan versi lamanya. Keseluruhan berat motor FZ 2021 yang berhasil turun menjadi 135 kg, menjadi lebih ringan 2 kg dari model sebelumnya.

Dengan berkurangnya bobot ini, akan membantu meningkatkan power sang kuda besi. Selain itu, juga dapat mengurangi konsumsi BBM. Perubahan motor ini pada bagian jeroan knalpotnya. Hal itu agar dapat meracik power yang lebih besar.

Terlihat bahwa motor ini memiliki aura yang gagah. Pada bagian bodinya yang kekar dengan garis-garis tubuh tajam. Dimensi panjangnya 1.990 mm dengan lebar 780 mm dan tingginya 1.080 mm.

Fitur

Motor ini memiliki fitur terbaru yang bisa terkoneksi dengan HP. Seperti halnya pada motor All New Nmax di Indonesia. Namun hanya terdapat pada tipe Yamaha FZS-FI Connected untuk varian terkoneksi dengan smartphone. 

Yamaha FZS-FI 2021 sudah lengkap dengan koneksi bluetooth untuk tipe Darknight Edition. Dengan konektivitas bluetooth, akan mempermudah pengendara saat mencari letak motornya.

Baca Juga : Yamaha TMAX 20th Anniversary Limited Edition, Produksi 560 Unit Saja 

Selain itu, riwayat perjalanan, memanggil motor saat parkir, penguncian elektronik, hazard, dan juga parking record. Fitur terbaru yang lain, motor ini menambahkan switch side stand.

Jenis fitur ini jarang ada pada motor naked berkapasitas sedang. Selain itu, juga terdapat beberapa aksesori khas motor sport. Seperti shroud pada sisi tangkinya.

Terdapat under cowl pada bagian bawah mesinnya. Lampu depan dengan desain yang mirip lampu Yamaha MT-15, sehingga motor ini terlihat lebih menarik.

Yamaha FZS-FI 2021 menggunakan lampu depan LED. Pada speedometernya yang full digital dengan Negative LCD Instrument Cluster. Selain itu, juga sudah menggunakan rem ABS single channel.

Pada bagian jok belakangnya kini dengan jok tandem. Desain tangkinya memiliki desain MT series. Pada bagian kaki motornya cukup kekar.

Menggunakan ban depannya 100/80-17 inci dan belakangnya 140/60-17 inci. Adanya spakbor yang menempel pada ban belakangnya, sehingga berpotensi untuk menghindari cipratan air ke punggung biker.

Mesin

Untuk urusan spek mesinnya, FZ maupun FZS membawa spek mesin dalam kapasitas 149cc. Hal ini dengan bore serta stroke 57.3 mm x 57.9 mm, bahkan kompresi 9,6:1 . Memiliki pendingin Air Cooled, 4-stroke, dan SOHC.

Baca Juga : Yamaha New Vino 50, Motor Matic Bermesin eSP Honda

Pada 2-valve yang dapat memuntahkan power sebesar 9.1 kW (12.4PS) @7,250rpm. Sedangkan torsinya 13.3 N.m (1.4 kg f.m) @5,500 rpm. Menggunakan tipe starter yang starter elektrik. Selain itu, juga pada sistem pelumasannya yang basah.

Ban

Yamaha FZS-FI 2021 memiliki tinggi tempat duduknya 790mm. Dengan jarak roda 1.330mm dan jarak terendah ke tanah 165mm. Pada bagian rangkanya memiliki ukuran ban depan 100/80 – 17 M/C 52P tubeless. Sedangkan pada ukuran ban belakangnya 140/60 – 17 M/C 63P tubeless.

Pada bagian rem depannya memiliki rem cakram 282 mm. Lalu pada rem belakangnya memiliki rem cakram 220 mm. Kapasitas tangki BBM Yamaha FZS-FI 2021 ini 13 liter. Memiliki jenis kopling yang basa dan multiplat.

Pada tipe transmisinya yang manual dan 5 percepatan. Dengan lampu rem 12V, 21/5W x 1. Suspensi depannya teleskopik. Sedangkan suspensi belakangnya monocross dengan 7 tingkat penyesuaian. Memiliki jam yang digital, speedometer digital, dan juga baterai 12 V.

Pilihan Warna

Motor ini hadir dengan 4 pilihan warna, yakni Matt Black, Metallic Red, Dark Matt Blue, serta Gray and Cyan Blue. Untuk tipe standar, harga Yamaha FZS-FI 2021 dibanderol dengan 103.700 Rupee atau setara 20,29 juta rupiah.

Sedangkan untuk seri tertinggi dengan adanya Connected hanya tersedia 1 opsi warna, Dark Knight. Dengan harga yang dibanderol 105.200 Rupee India atau sebanding 20,59 juta rupiah.

Yamaha FZS-FI 2021 merupakan generasi terbaru dari Byson. Varian ini telah meluncur terlebih dahulu di India. Untuk peluncuran di Indonesia, saat ini belum dapat dipastikan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto