Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita TerbaruMotor Yamaha Y16ZR Resmi Meluncur di Malaysia

Motor Yamaha Y16ZR Resmi Meluncur di Malaysia

Motor Yamaha Y16ZR secara resmi dirilis oleh Hong Leong Yamaha Motor (HLYM). Namanya bukan Y15ZR lagi, hal ini karena menggunakan mesin yang baru yakni 155cc dengan VVA (Valve Variable Actuation). Yamaha Y16ZR atau di Indonesia lebih dikenal sebagai MX-King resmi mengaspal untuk pasar otomotif Malaysia.

Spesifikasi Motor Yamaha Y16ZR

Malaysia secara resmi merilis Y16ZR 2021 sebagai negara kedua. Hal ini setelah negara Vietnam merilis pada akhir tahun lalu dengan nama Yamaha Exciter 155 VVA.

Baca Juga : Yamaha TMAX 20th Anniversary Limited Edition, Produksi 560 Unit Saja

Bukan hal yang mengejutkan apabila Malaysia dahului Indonesia. Hal itu karena sebelum rilis ke Vietnam, sempat beredar berita akan rilis ke Malaysia melalui grup Y15ZR.

Motor Y16ZR ialah model peningkatan seri Y15ZR. Dengan membawa dapur mekanis yang sama dengan motor R15 dan MT15. Terkait desain, motor Yamaha Y16ZR 2021 Malaysia sama dengan Exciter 155 Vietnam.

Desain

Membicarakan tampilan motor Yamaha Y16ZR, secara garis besarnya tidak berbeda dengan Vietnam, terlebih untuk modelnya. Perbedaannya hanya terlihat pada bagian sektor livery dan pilihan warnanya.

Y16ZR atau MX-King ini memang memperoleh perubahan besar pada bagian tampilan. Seperti halnya pada lampu depannya yang menjadi kian agresif. Lampu belakang yang mirip Yamaha R Series serta beberapa perubahan detail lain.

Sistem pencahayaan pada motor ini juga sudah mengusung teknologi LED. Baik pada bagian depan ataupun belakangnya. Untuk meningkatkan tampilan, saat ini juga terdapat lampu DRL bagian depan.

Motor Yamaha Y16ZR pada bagian cover stang terdapat lampu yang berfungsi sebagai lampu dekat. Model lampu terpisah atas dan bawahnya. Jenis lampu seperti ini relatif jarang digunakan.

Baca Juga : Motor Listrik Yamaha E01 Masuk Produksi Dengan Desain Mirip NMax

Melihat bentuk bodi depan, dari samping nampak menyudut dan agresif. Pada bagian sampingnya memiliki lekuk dan ruang udara yang menggambarkan fairing motor sport. Sementara pada bagian tengah motor dibuat padat.

Hal ini dengan cover body yang menutup rapat rangka underbone. Garis bodi belakangnya dengan bentuk meninggi seperti halnya motor sport.

Tentunya yang sesuai dengan tempat duduk model bertingkat. Catatan lainnya pada perubahan desain motor terasa ada yang kurang. Hal itu terlihat pada bagian desain pelek yang tersemat tidak berubah.

Performa

Rangka baru motor Yamaha Y16ZR menggunakan mesin silinder tunggal 155 cc, berpendingin cairan, dan berinjeksi. Pada generasi terbarunya, sudah lengkap dengan teknologi variabel katupnya atau VVA.

Penggunaan jantung mekanis yang baru membuat tenaga dari MX-King Malaysia menjadi 17,7 dk. Pada putaran mesinnya 9.500 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm di 8.000 rpm.

Data performa motor Yamaha Y16ZR menunjukkan ada peningkatan tenaga sebesar 2,3 dk dan torsi 0,6 Nm. Hal itu apabila anda bandingkan dengan seri sebelumnya.

Tenaga tersebut menyalur ke roda belakangnya dengan transmisi 6. Tentunya percepatan assist and slipper clutch yang mendukung motor tersebut.

Fitur

Nilai jual utama pada motor Yamaha Y16ZR bukan hanya pada mesin dan desainnya. Akan tetapi, juga terdapat fitur-fitur yang melengkapi motor baru ini.

Seperti hadirnya Smart Key System yang membuat berkendara lebih praktis dan aman dari adanya pencurian. Pada panel meter full digital dengan informasi yang lengkap.

Baca Juga : Yamaha X Ride 155 Bakal Hadir Tantang Honda ADV 150

Tidak hanya itu, pada panel instrumen saat ini juga lebih modern. Tentunya dengan menggunakan teknologi full digital yang menampilkan semua informasi penting pada kendaraan.

Seperti halnya motor sport, Yamaha Y16ZR juga sudah menggunakan tombol engine cut off pada bagian saklar kanan. Selain itu, pada sisi samping kiri berbekal sebuah tempat pengisian alat dengan daya 12 volt.

Beberapa fitur lain Yamaha Y16ZR 2021 seperti halnya rem depan, USB charger, dan belakang cakram. Kaliper 2 piston dalam roda depan pada versi premium dan ban tubeless type.

Pada kapasitas tangki bensin 5.4 liter, sebelumnya hanya 4.2 liter. Selain itu, juga terdapat 3 pilihan warna, yaitu Phantom Grey, Arrow Blue, dan Raging Yellow.

Harga

Di Malaysia, all new Yamaha ini dijual dengan harga 10.800 RM atau setara Rp 38,1 juta. Malaysia meluncurkannya sebelum negara Indonesia dan Thailand.

Motor Yamaha Y16ZR lebih dulu meluncur ke Malaysia daripada Indonesia. Tentunya menggunakan mesin yang baru yaitu 155cc dan Valve Variable Actuation (VVA). Motor ini menarik untuk dimiliki. (R10/HR-Online)

- Advertisment -