Aplikasi Dokkes Presisi Resmi Diluncurkan Kapolri, Ini Fungsinya

Aplikasi Dokkes Presisi
Ilustrasi Aplikasi Dokkes Presisi. Foto: humas.polri.go.id

Aplikasi Dokkes Presisi merupakan aplikasi terbaru yang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo luncurkan saat Rekernis (Rapat Kerja Teknis) Pusdokkes Polri. Harapan kedepan, jajaran dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh anggota Polri. 

Pembukaan Rakernis tersebut dihadiri oleh pejabat utama Mabes Polri dan perwakilan kementerian maupun lembaga terkait. 

Penting sekali aplikasi tersebut untuk anggota di mana dalam situasi mendesak sehingga bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Aplikasi Dokkes Presisi pun nantinya benar-benar bisa terwujud. 

baca juga: Penerimaan Polri 2021, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya!

Hadirnya Aplikasi Dokkes Presisi Untuk Update Data Covid-19 Internal

Kapudokkes Polri Brigjen Rusdianto mengungkapkan pihaknya tengah mengembangkan aplikasi tersebut. Dengan kemudahan akses tersebut, nantinya dapat membantu mereka mulai dari pengobatan saat mendesak hingga perkembangan serta update Covid-19 pada lingkungan Polri.

Begitu juga dengan perkembangan vaksinasi lingkungan Polri dapat terakses melalui aplikasi tersebut. Beberapa pelayanan  kesehatan, pengecekan, dan pemberian obat tersebut untuk para anggota.

Dengan aplikasi Dokkes Presisi, dapat memaksimalkan kondisi para anggota agar tetap prima dalam bertugas di lapangan. Melalui aplikasi tersebut, Polri dapat mengetahui sejauh mana vaksinasi berkembang di lingkungan Polri.

baca juga: Aplikasi Android Sinar, Alat Baru Mempermudah Pengurusan SIM

Hal ini dapat mengoptimalkan vaksinasi pada seluruh anggota Polri secara merata. Bahkan Kapuskeu Polri Brigjen Lukas Akbar Abriari juga tengah meluncurkan aplikasi bertajuk Puskeu Presisi. 

Aplikasi bertujuan untuk mempermudah kerja para petugas pada jajaran keuangan. Sehingga memudahkan menarik data dari Kemenkeu, Bidkeu, dan Satker sehingga bisa bekerja di aplikasi. 

Selain Dokkes Presisi, aplikasi Puskeu satu kegiatan terkait keuangan. Petugas bisa langsung melakukan pengawasan kerja dari keseluruhan Satker. 

Sedangkan dari segi penerimaan, aplikasi ini dapat memonitor PNBP yang masuk dengan cepat. Dana tersebut dapat langsung diakses dari aplikasi Simponi pada Kemenkeu. Sehingga data tersebut sama persis dengan data yang ada di Kemenkeu. 

Kapolri sangat mengapresiasi adanya inovasi terbaru yang terlahir dari Pusdokkes dan Puskeu. Dengan adanya aplikasi tersebut, semua jajaran dapat memberikan pelayanan terbaik untuk anggota Polri. 

baca juga: Aplikasi Ebook Reader Fitur Lengkap, Baca Buku Kapan Saja

Konsep Presisi Kelola Pola Lebih Integritas

Transformasi Polri yang presisi yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Konsep yang ditawarkan tersebut membuat institusi Polri semakin efektif dalam bertugas kedepannya. 

Dengan aplikasi Dokkes Presisi, memperkuat prediksi terhadap berbagai potensi berupa ancaman maupun tantangan. Sehingga memperkuat Polri di masa yang akan datang.

Dengan inovasi serta peluncuran aplikasi pendukung, maka Polri semakin piawai dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, serta gangguan saat ini dan masa yang akan datang. 

Tujuan utama adalah menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional dan menjaga soliditas internal. 

Bahkan mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan Indonesia. Mengedepankan pencegahan permasalahan maupun pelaksanaan keadilan restoratif. 

Aplikasi Inovasi Polri 

Polri selalu memberikan yang terbaik untuk seluruh anggota Polri dan masyarakat melalui peluncuran aplikasi-aplikasi terbaru mereka. Termasuk aplikasi Dokkes Presisi.

Demi memberikan pelayanan terbaik, sebelumnya juga telah hadir aplikasi yang lebih dulu meluncur bulan lalu, yakni aplikasi pengaduan masyarakat atau E Dumas Presisi. 

Aplikasi tersebut juga mewujudkan transparansi dan handling complain bagi masyarakat luas. Hal ini untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

Bahkan aplikasi tersebut sebagai sarana berbagi informasi hingga perumusan masalah dengan cara bertindak dan penanganan yang cepat dan tepat. 

Informasi dari narasumber untuk memperkaya wawasan dan menyempurnakan strategi dan cara bertindak di lapangan. Beberapa tujuan yang terpusat yakni transformasi organisasi, operasional, pelayanan publik, hingga pengawasan.

Begitu juga dalam rangka penerapan perubahan teknologi kepolisian modern di Era Police 4.0. Sehingga terwujud aplikasi Dokkes Presisi.

Pada aspek operasional, pemantapan Polri dalam penanganan Covid-19, terutama pertahanan diri sehingga meluncurkan aplikasi terbaik untuk mengetahui update data Covid internal Polri. Hal ini dapat memaksimalkan pelayanan kepada publik setelah mempertahankan kekuatan internal. 

Kedepannya Polri berharap, aplikasi terbaru dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh jajaran Satker sehingga dapat memaksimalkan kerja di lapangan.  

Sedangkan pada peningkatan kualitas Polri merupakan wujud sinergi antara sumber daya manusia dengan teknologi. Sehingga dapat menjadi energi dasar dalam peningkatan pelayanan dan kemantapan komunikasi publik. Dengan aplikasi Dokkes Presisi, kinerja Polri semakin optimal dan terintegrasi. (R10/HR-Online)