Galaksi Spiral NGC 4680 Termasuk Lentikular? Sulit Diklasifikasikan

Galaksi Spiral NGC 4680 Termasuk Lentikular Sulit Diklasifikasikan
Ilustrasi Galaksi Spiral NGC 4680. Foto: Ist/Net

Galaksi spiral NGC 4680 adalah galaksi yang berjarak sekitar 98 juta tahun cahaya dari arah Virgo. Bila melihatnya sepintas, maka terlihat pusaran biru memanjang dari tonjolan kekuningan di tengahnya. Namun, lengan galaksi ini tidak selalu jelas. Kadang tampak menyebar dari tengah ke ujung. 

Sulit untuk Mengklasifikasikan Galaksi Spiral NGC 4680

Berdasarkan Badan Antariksa Eropa (ESA), galaksi ini sulit diklasifikasikan. Pusat Data Astronomi Strasbourg di Prancis, mengoperasikan database SIMBAD. Bentuk NGC 4680 adalah antara galaksi spiral dan galaksi berpalang.

Penemu dari galaksi spiral NGC 4680 adalah astronom Inggris bernama John Herschel pada tanggal 27 Mei 1835. Galaksi mempunyai diameter 45.000 tahun cahaya. Kemudian nama lain galaksi ini  IRAS 12443-1121 atau LEDA 43118.

NGC 4680 merupakan galaksi yang rumit untuk mengklasifikasikannya. Terkadang sebagai galaksi spiral, namun di sisi lain sebagai galaksi lentikular.

Galaksi lentikular jatuh di suatu tempat antara galaksi spiral dan galaksi elips. Meskipun mempunyai lengan spiral yang membedakannya, namun tidak terdefinisi dengan jelas. Ujung satu lengan terkadang tampak sangat menyebar.

Baca Juga: Galaksi Spiral NGC 5037 Menakjubkan, Detail Luar Biasa Terlihat

Klasifikasi NGC 4680 Bervariasi

Galaksi spiral NGC 4680 tidak statis. Oleh karena itu, morfologi klasifikasinya bervariasi di sepanjang masa hidupnya. Galaksi ini ditangkap oleh Wide Field Camera 3 (WFC3) Hubble Space Telescope.

Galaksi spiral menurut perkiraan berevolusi menjadi galaksi elips. Kemungkinan besar akan bergabung antara satu dengan yang lainnya. Sehingga menyebabkan kehilangan struktur spiral khas miliknya.

Pada tahun 1997, supernova Tipe Ia atau menyebutnya SN 1997bp telah teramati di NGC 4680. Galaksi spiral ini menikmati gelombang perhatian pada tahun 1997. Karena galaksi ini telah menjadi tuan rumah untuk SN 1997bp.

Lebih hebatnya lagi, astronom amatir Australia bernama Robert Evans mengidentifikasi supernova tersebut. Kemudian mengidentifikasi 42 ledakan supernova yang luar biasa. 

NGC 4680 Diapit Dua Galaksi Lain

Mengutip newsdirectory3.com, Wide Field Camera 3 (WFC3) Hubble telah menampilkan gambar galaksi spiral NGC 4680. Pada pukul 2 dan 7 tampak dua galaksi mengapit NGC 4680.

Galaksi spiral NGC 691 membuat keteraturan alam semesta. Pasalnya, galaksi lenticular di Dorado telah kehilangan sebagian besar materi bintang.  Kemudian galaksi ini tidak terlihat selamanya. 

Penampakan galaksi spiral NGC 4680 akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Misalnya saja dengan karakteristik pusaran lengan galaksi spiral tidak mempunyai struktur yang menonjol. Lalu mengalami tumbukan atau perpaduan dengan galaksi lain. Bintang yang intens akan membentuk aktivitas tersebut. 

Para ilmuwan meyakini jika galaksi elips akan terus berevolusi. Selain itu, galaksi tersebut mempunyai tampilan yang aneh. Hal itu menunjukkan jika sedang berlangsung tabrakan dan penggabungan. Sejauh ini, galaksi yang berinteraksi telah teramati dalam jumlah besar. 

Saat ini, galaksi Bima Sakti memiliki lengan pusaran galaksi spiral berbatang. Meskipun para ilmuwan telah mengklasifikasikan galaksi Andromeda (M31) pada miliaran tahun dari sekarang.

Adanya tabrakan akan menjadikan satu galaksi elips yang menyatu. Penggabungan kedua galaksi ini tentang akhir dari kehidupan Matahari dan Bintang. Namun, seperti apa galaksi yang akan lahir setelah itu belum dapat diprediksi. 

Awalnya gambar Hubble berdasarkan data pengamatan optik dan inframerah dari  Wide Field Camera 3(WFC3) Teleskop Luar Angkasa. Kemudian ESA merilisnya pada 7 Juni 2021. Sebagai salah satu teleskop luar angkasa Hubble pekan ini untuk pengamatan Galaksi Spiral NGC 4680.

Baca Juga: Fakta ACO S 295, Gugus Besar Galaksi Hubble Spots

Perbedaan Galaksi Spiral, Elips dan Tidak Beraturan

Galaksi spiral pada umumnya membentuk cakram gepeng berotasi. Biasanya mempunyai tonjolan atau batangan pada bagian tengah. Sementara pada lengan-lengan spiral tampak cemerlang yang timbul dari bagian tersebut.

Lengan merupakan lapangan berdebu, di mana menjadi tempat lahir bintang-bintang baru. Penghuninya adalah bintang muda yang mempunyai massa besar dan berpijar biru. 

Galaksi spiral pada umumnya memiliki cincin yang tersusun atas bintang yang lebih tua pada sekelilingnya. Contoh dari galaksi spiral adalah Andromeda dan Bima Sakti. 

Sementara galaksi elips mempunyai bentuk elips seperti namanya. Bintang akan berputar secara acak pada garis edarnya. Kemudian tanpa menuju arah yang jelas. Galaksi elips mempunyai kandungan sedikit debu antar bintang dan bahkan tidak ada sama sekali. 

Sedangkan galaksi tidak beraturan mempunyai bentuk yang kacau. Tidak seperti spiral atau elips yang memiliki bangun tertentu. Penyebab dari galaksi tidak beraturan kemungkinan karena interaksi gravitasi.

Dari Virginia Beach, galaksi spiral NGC 4680 akan terlihat sekitar jam 21:37 (EDT). Letaknya 39 derajat di atas cakrawala selatan saat senja memudar di kegelapan. Lalu akan tenggelam ke arah cakrawala, terbenam pada pukul 02:05. (R10/HR Online)

Editor: Jujang