HP Sony Xperia 1 III, Smartphone Flagship dengan Layar 4K

HP Sony Xperia 1 III
HP Sony Xperia 1 III. Foto : GSM Arena

HP Sony Xperia 1 III belum lama ini diluncurkan lewat sebuah acara virtual atau daring. Peluncuran Xperia 1 III tersebut berbarengan dengan seri Xperia 5 III. Sekaligus menjadi ponsel pintar terbaik dari Sony pada semester pertama 2021 ini.

Sebagai smartphone flagship tentu spesifikasi yang Sony Xperia 1 III sangat garang. Hal itu bisa Anda lihat dari bagian layar, kamera, dapur pacu, RAM dan juga baterainya.

Kelebihan HP Sony Xperia 1 III

Untuk di Indonesia sendiri, pabrikan smartphone asal Jepang ini sudah tidak menghadirkan lini terbaru atau Xperia-nya secara resmi.

Alasannya, karena adanya peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang membuat Sony tidak dapat memenuhi tingkat komponennya. Sehingga, memutuskan untuk lepas dari persaingan pasar smartphone di Tanah Air.

Baca Juga : Sony Xperia 10 III Bakal Dibekali Snapdragon 690 5G

Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui kelebihan yang ponsel pintar ini bawa. Hal itu untuk membandingkan spek dan harga dengan vendor smartphone lainnya.

Layar 4K

Sangat jarang ponsel pintar flagship yang menghadirkan layar dengan resolusi 4K, yang kini menjadi tertinggi dalam industri smartphone.

Sehingga, dengan berbekal layar 4K ini, maka tentu HP Sony Xperia 1 III menjadi penawaran yang terbaik buat Anda.

Sementara untuk ukuran layarnya sendiri adalah 6,5 inci, dengan panel OLED, resolusi 1644 x 3840 piksel dan aspek rasio 21:9.

Selain itu, kelebihan dari Sony Xperia 1 III ini juga sudah membawa pelindung untuk anti gores dengan menggunakan Gorilla Glass Victus.

Sedangkan peningkatan dari ponsel yang Sony bawa pada dari seri ini adalah refresh rate yang mencapai 120 Hz.

Prosesor Tangguh dan Kencang

Kelebihan lainnya dari HP Sony Xperia 1 III adalah pada sektor dapur pacunya. Smartphone besutan asal negara Matahari Terbit ini menggunakan chipset Snapdragon 888 dari Qualcomm.

Baca Juga : HP Terbaru Sony Yang Sangat Recommended Untuk Dimiliki Saat Ini

Selain Xperia 1 III, smartphone lainnya yang memakai jasa prosesor ini antara lain Oppo Find X3 Pro, Nubia Red Magic 6 Pro. Kemudian, HP Asus ROG Phone 5, Vivo X60 Pro Plus dan lainnya.

Sebagai pendukung performa, prosesornya tersebut dipadukan dengan CPU Octa-core Kryo 680 kecepatan 2.84 GHz. Selain itu juga GPU atau grafis Adreno 660, yang bikin gambar menjadi lebih tajam dan jelas.

RAM dan ROM Gede

Sementara untuk bagian RAM dan penyimpanan internal atau ROM, HP Sony Xperia 1 III tersedia dalam 2 pilihan. Yaitu antara lain RAM 12 GB dengan ROM 256 GB, atau Ram 12 GB / 512 GB.

Sedangkan jika Anda ingin menambahkan penyimpanan luar, bisa menggunakan slot microSD. Sehingga, menyimpan data, file, lagu, film atau lainnya akan lebih leluasa tanpa khawatir penyimpanan habis.

Perpaduan Kamera Depan dan Belakang yang Handal

Bukan hanya handal dalam hal layar dan performa, HP Sony Xperia 1 III juga bisa Anda manfaatkan untuk mengambil momen penting dengan menggunakan kamera depan dan belakang.

Untuk bagian depan, seri ini terpasang kamera dengan resolusi 8 MP, bukaan f/2.0 (wide).

Memang untuk setup kamera selfie yang terpasang pada Sony Xperia 1 III tergolong standar untuk kelas flagship, namun setidaknya hasilnya masih lumayan bagus.

Baca Juga : HP Sony Xperia 10 II, Smartphone Anti Air dan Debu Terbaik

Sementara untuk setup kamera belakang, terpasang empat lensa sekaligus secara vertikal. Keempat kamera belakangnya ini beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.7 (wide).

Kemudian, kamera 12 MP bukaan f/2.3 sebagai lensa telephoto, 12 MP (ultrawide) yang bisa mengambil sudut pandang 124 derajat. Lalu kamera yang terakhir TOF 3D dengan resolusi 0.3 MP.

Adapun fitur yang tersedia pada kamera HP Sony Xperia 1 III diantaranya Zeiss optics, Zeiss T* lens coating, LED flash, panorama, HDR, dan eye tracking.

Selain handal dalam mengambil foto atau gambar, kamera tersebut juga bisa merekam video dengan kualitas sampai 4K. Hal tersebut berkat adanya fitur mode CInema Pro, yang memiliki sentuhan CineAlta. Sehingga, bisa menghasilkan video terbaik meski dalam kondisi cahaya redup.

Bukan hanya itu, Sony Xperia 1 III juga memiliki fitur khusus guna menghapus noise ketika memakai mikrofon.

Baterai dan Fitur Lainnya

HP Sony Xperia 1 III sendiri membawa daya baterai dengan kapasitas tidak begitu besar, hanya 4500 mAh.

Akan tetapi, smartphone besutan Sony ini membawa fitur Fast charging atau pengisian cepat dengan output 30W.

Sony mengklaim, bahwa fast charging tersebut bisa mengisi ulang daya baterai 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Selain itu, tersedia juga fitur Fast wireless charging, kemudian Reverse wireless charging dan USB Power Delivery.

Sedangkan kelebihan lainnya dari HP Sony Xperia 1 III adalah sudah memiliki sertifikat IP65/IP68, yang merupakan anti air. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto