Aplikasi Cek Saturasi Oksigen Android, Bagaimana Pendapat Para Dokter?

Aplikasi Cek Saturasi Oksigen
Ilustrasi Aplikasi Cek Saturasi Oksigen> Foto: Ist/Net

Aplikasi cek saturasi oksigen dapat menjadi alternatif lain untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh. Selama menjalani isolasi mandiri, pasien penting untuk memperhatikan terhadap tingkat saturasi oksigen.

Caranya, dengan selalu mengecek saturasi oksigen, maka pasien nantinya mengetahui tingkat oksigen yang ada dalam tubuh. Sebab, salah satu indikator kesehatan pada diri seseorang menjadi lebih buruk adalah kurangnya kadar oksigen dalam tubuh.

Pada umumnya, untuk mengukur saturasi oksigen seseorang memerlukan adanya alat yang bernama oximeter. Namun selama terjadi lonjakan kasus Covid-19 ini, harga oximeter pun naik menjadi 3 kali lipat dari harga normal.

Namun saat ini terdapat beberapa jenis aplikasi Android yang diklaim mampu mengukur saturasi oksigen dalam tubuh selama masa isolasi mandiri.

Baca Juga: Aplikasi Tarik Tunai Tanpa ATM, Solusi Tepat Saat ATM Tidak di Dompet

Daftar Aplikasi Cek Saturasi Oksigen

Saturasi oksigen menjadi suatu hal penting dengan meningkatnya penyebaran kasus Covid-19. Covid-19 menjadikan kondisi seorang pasien memburuk secara perlahan. Hal ini karena adanya penurunan kadar oksigen dalam darah. Sebagai catatan bahwa kadar normal SpO2 adalah 95 hingga 100%.

Akan tetapi sebaliknya, jika saturasi oksigen darah menunjukkan angka di bawah 95%, maka akan terjadi tingkat kejenuhan oksigen darah yang berkurang. Oleh karena itu diperlukan adanya terapi oksigen. Tanpa adanya pengecekan saturasi oksigen, maka seseorang tidak akan bisa mengetahui bahwa oksigen dalam tubuhnya sangat rendah.

Saturasi oksigen dalam darah atau Spo2 dapat dideteksi dengan mudah melalui alat yang bernama Oximeter. Namun saat ini terdapat beberapa aplikasi Android yang diklaim bermanfaat untuk cek saturasi oksigen dalam. Berikut ini beberapa aplikasi cek saturasi oksigen antara lain:

Aplikasi Fine

MFine adalah salah satu apliakasi yang memungkinka seseorang untuk dapat melakukan pengecekan kadar oksigen dalam tubuh. Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui layanan Google Play Store untuk perangkat Android.

Dalam aplikasi ini memperoleh kelengkapan fitur untuk memeriksa SpO2 yang terintegrasi. Aplikasi cek saturasi oksigen ini masih dalam versi beta, hal ini artinya perusahaan masih dalam proses meningkatkan teknologi aplikasi tersebut.

Untuk cara menggunakannya, aplikasi ini masih memanfaatkan kamera ponsel serta cahaya senter. Lalu melalui pengujian, antara hasil alat oximeter dan pada aplikasi ini nampak hasil yang mendekati antara keduanya. Meskipun melalui pengujian secara berulang kali.

Baca Juga: Aplikasi Pelacakan Vaksin dari India, CoWIN Segera Hadir untuk Dunia

Pulse Oximeter Tracker

Pilihan aplikasi cek saturasi oksigen selanjutnya adalah Pulse Oximeter Tracker. Aplikasi ini diklaim dapat melacak kadar SpO2 serta detak jantung. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan data saturasi darah beserta tanggal dan waktu.

Pulse Oximeter Tracker memungkinkan pengguna melacak terhadap data yang direkam teratur serta bukan untuk memantau oksigen. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, maka pengguna harus menambahkan data ke platform secara manual dalam tampilan statistik.

Aplikasi CarePlix Vitals

Salah satu aplikasi cek saturasi oksigen yang merupakan rintisan CareNow Healthcare ya dapat mengukur satuan oksigen pada diri seseorang. Pasalnya, saat melalui uji coba antara hasil oximeter dengan hasil aplikasi ini terdapat hasil yang cukup akurat dalam setiap pengujian. Cara kerja CarePlix Vitals menggunakan senter belakang ponsel untuk mendeteksi level SpO2.

Aplikasi Blood Oxygen

Blood Oxygen adalah salah satu aplikasi yang memiliki manfaat untuk memantau SpO2 serta detak jantung. Dalam proses pengecekan SpO2 dalam darah, aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memeriksa pola pernapasan dengan melalui fungsi start atau stop.

Dalam menggunakan aplikasi cek saturasi oksigen ini tidak ada proses pendaftaran. Pengguna pun dapat menggunakannya secara langsung. Setelah adanya tes pernafasan, aplikasi ini memberikan rentang yang mungkin kurang jelas bagi pengguna. Maka aplikasi ini sebaiknya dipakai sebagai referensi pribadi saja.

Pulse Monitor (Beat dan Oxygen)

Aplikasi cek SpO2 pada Android lainnya adalah Pulse Monitor (Beat & Oxygen) yang dapat mendeteksi kadar SpO2 serta detak jantung. Secara otomatis, aplikasi ini dapat menyimpan data yang terkumpul dalam buku harian digital. Dengan demikian para pengguna bisa mengetahui kadar dari oksigen pada waktu ke waktu.

Namun berdasarkan pendapat para dokter, penggunaan aplikasi cek saturasi oksigen tersebut memberikan hasil yang kurang akurat. Para pakar kesehatan tersebut menyarankan agar dalam melakukan pengecekan saturasi oksigen dalam darah sebaiknya masyarakat menggunakan alat oximeter asli agar memperoleh hasil yang akurat. (r10/HR Online)

Editor: Jujang