Aplikasi FAST Rescue dari Kemenkes untuk Menangani Penyakit Stroke

Aplikasi FAST Rescue dari Kemenkes untuk Menangani Penyakit Stroke
Ilustrasi Aplikasi FAST Rescue. Foto: Ist/Net

Aplikasi FAST Rescue telah meluncur dengan dukungan Indonesian Stroke Society atau ISS dan Angels Initiative. Ini merupakan salah satu upaya guna menekan semakin tingginya angka kematian akibat penyakit stroke di Tanah Air.

Selain itu, Kemenkes (Kementerian Kesehatan) juga telah memiliki aplikasi tersebut untuk menangani kasus stroke dengan cara lebih cepat. Sementara itu, yang bisa melakukan penanganan lebih cepat dari aplikasi ini adalah karena terdapat panic button atau tombol panik.

Sebab, pengguna nanti akan langsung terhubung bersama petugas operator selama 24 jam dan 7 hari sepekan ketika menggunakan fitur itu. Nanti petugas operator juga akan menyelaraskan lokasi pengguna menggunakan ambulans.

Baca Juga: Aplikasi MotionTrade MNC Sekuritas Hadir Memudahkan Para Pengguna

Mengenal Aplikasi FAST Rescue, Mudahkan Pengguna dalam Menangani Kasus Stroke

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kasus penyakit stroke setiap tahunnya terus meningkat tinggi. Bahkan ada lebih dari 13 juta manusia di dunia ini telah menderita stroke setiap tahunnya.

Mengingat hal tersebut, ISS didukung Angels Initiative yang merupakan inisiatif perawatan kesehatan secara global. Bersama seorang pelopor yang bernama Boehringer Ingelheim, bisa meningkatkan kualitas perawatan stroke dengan FAST Rescue

Aplikasi tersebut akan membantu dalam mendapat pertolongan pertama pra-rumah sakit ketika terjadi serangan stroke. Tidak hanya itu saja, melainkan ISS dan Angels Initiative juga bekerja sama dengan Kemenkes RI.

Sebagai pengguna aplikasi tersebut, maka Anda wajib untuk membaca syarat maupun ketentuannya terlebih dahulu. Seperti kebijakan privasi yang sudah terlampir dengan seksama dan hati-hati sebelum menggunakannya.

Fitur Layanan

Aplikasi FAST Rescue mampu memberi semua informasi mengenai segala panduan gaya hidup yang sehat serta mengurangi terjadinya stroke.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga akan memberi info sebagai pertolongan lebih mudah dan cepat dalam menangani stroke tersebut.

Bahkan rekomendasi yang ada pada aplikasi tersebut tidak boleh digunakan dalam menentukan perawatan kondisi tertentu. Lalu tidak boleh untuk pemberi saran, layanan perawatan medis, maupun praktik kedokteran.

Sehingga pengguna harus memeriksa secara detail mengenai informasi dari setiap layanan pada aplikasi tersebut. Misalnya saja tindakan pencegahan dan peringatan sebelum mengaplikasikannya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka pengguna telah setuju atas segala risiko kesehatan maupun kerugian. Baik itu untuk Anda maupun orang lain. Lalu pasien yang terkait pula. Tak bisa kita pungkiri bahwa penggunaan aplikasi FAST Rescue yang satu ini memang sangat menguntungkan.

Baca Juga: Aplikasi Pengolah Angka dengan Berbagai Karakteristik, Ini Pilihannya!

Mampu Mengetahui Lokasi RS Stroke-Ready

Pada aplikasi FAST Rescue ini telah lengkap dengan sebuah informasi yang bisa untuk mengetahui adanya lokasi rumah sakit stroke-ready. Rumah sakit ini sudah lengkap dengan peralatan yang sangat memadai.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga dengan dukungan dari tenaga medis yang handal, profesional, dan telah terlatih menangani stroke. Bahkan menurut Dr. Temmy Winata, seorang Head of Medical Representatif saat ini telah mencapai hingga 85 rumah sakit yang menyandang status stroke-ready.

Ada fitur lain yang juga bisa Anda temukan ketika menggunakan aplikasi tersebut, misalnya saja seperti gaya hidup sehat sebagai pencegahan. Sehingga kehadiran aplikasi FAST Rescue mampu untuk membantu warga masyarakat.

Baik itu untuk pemberian edukasi mengenai stroke maupun menangani penyakit stroke dengan cara lebih cepat. Salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit stroke tersebut.

Sebagai Upaya Penanganan Penyakit Stroke

Peluncuran aplikasi FAST Rescue merupakan salah satu bagian dari upaya berkelanjutan antara ISS juga Angels Ininiative. Tujuannya adalah untuk memberi edukasi mengenai pencegahan maupun penanganan penyakit stroke.

Dengan menggunakan fitur seperti Cek Gejala FAST, maka pengguna bisa belajar untuk segera mengenal lebih jauh terkait gejala stroke. Lalu bisa membaca segala informasi mengenai kesehatan maupun penyakit stroke dari setiap fitur yang telah tersedia.

Jika Anda menggunakan aplikasi tersebut, artinya telah menyetujui semua risiko yang timbul dari penggunaan aplikasi sepenuhnya tanggung jawab Anda.

Seperti yang kita ketahui, ternyata uji coba dari aplikasi FAST Rescue untuk versi beta awalnya telah meluncur pada bulan Februari 2021 lalu. Sementara itu, untuk fitur-fitur pendukung lainnya akan hadir pada bulan September mendatang. (R10/HR Online)

Editor: Jujang