HP Meizu 18 Pro, Smartphone Flagship Performa Gahar dan Layar Terbaik

HP Meizu 18 Pro
HP Meizu 18 Pro. Foto : GSM Arena

HP Meizu 18 Pro menjadi penantang bagi vendor smartphone lainnya. Sebab, Meizu 18 Pro ini membawa spesifikasi dengan performa gahar dan juga layar terbaik.

Memang konsumen asal Indonesia sangat jarang mendengar smartphone besutan asal Tiongkok ini. Padahal, dari sisi spek dan fitur yang ponsel pintar ini bawa tidak kalah bersaing dengan vendor asal China lainnya. Seperti sebut saja Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Realme dan lain sebagainya.

Baca Juga : HP Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G Punya RAM Lebih Gede, Harga?

Meski memang pada tahun 2018 lalu, ada Meizu seri M6 yang laris manis di pasaran ponsel Indonesia. Bahkan, saat menggelar flash sale perdananya, seri tersebut ludes terjual 15 ribu unit hanya dalam waktu 30 menit saja.

Tentunya, kehadiran seri 18 Pro saat ini bisa mengulang kesuksesan penjualan seperti seri M6 pada tiga tahun yang lalu.

Spesifikasi dan Harga HP Meizu 18 Pro

Sebagai smartphone flagship, tentunya seri 18 Pro besutan Meizu ini membawa spesifikasi yang tidak main-main. Seperti pada bagian dapur pacu, layar dan kamera yang tentunya bisa bersaing dengan smartphone besutan vendor lainnya.

Seri 18 Pro tidak hadir sendirian. Pada tahun 2021 ini, Meizu juga menghadirkan seri lainnya yakni 18 versi reguler.

Lantas bagaimana spesifikasi yang smartphone Meizu 18 Pro bawa? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Chipset

Salah satu kelebihan dari HP Meizu 18 Pro adalah pada sektor dapur pacunya. Smartphone ini membawa chipset Snapdragon 888 5G (5 nm) besutan Qualcomm.

Sebagai pendukung performa yang bikin gahar terpasang CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680). Selain itu juga GPU Adreno 660, yang bikin grafis lebih jelas.

Adapun chipset Snapdragon 888 5G ini sendiri pertama kali keluar pada akhir tahun 2020 lalu. Prosesor besutan Qualcomm ini telah memiliki peningkatan kemampuan dari sisi grafis, Machine Learning atau pembelajaran mesin, dan lainnya dari seri sebelumnya.

Bahkan, Qualcomm sendiri mengklaim bahwa Snapdragon 888 5G lebih baik dalam konektivitas 5G, AI atau kecerdasan buatan, fotografi, dan juga gaming.

Selain HP Meizu 18 Pro, smartphone lainnya yang menggunakan chipset Snapdragon 888 5G antara lain, Samsung Galaxy S21 Ultra, Xiaomi Mi 11. Kemudian, Realme GT 5G, Xiaomi Black Shark 4 Pro, serta Asus ROG Phone 5 Pro.

Jika melihat smartphone yang memakai Snapdragon 888 5G, tentu ponsel tersebut bukan sembarangan. Sehingga bisa dipastikan Meizu 18 Pro memiliki performa yang gahar.

Kapasitas RAM

Pendukung performa lainnya adalah pada sektor kapasitas RAM yang Meizu 18 Pro bawa. Semakin besar kapasitas RAM tersebut tentu makin cepat dan kuat dalam kinerja ponsel.

Nah, untuk HP Meizu 18 Pro sendiri membawa beberapa varian dalam RAM. Mengutip dari GSM Arena, kapasita RAM paling rendah adalah 8 GB dengan penyimpanan internal (ROM) sebesar 128 GB.

Baca Juga : Spesifikasi HP Samsung Galaxy M32 yang Bikin Megang Banget

Kemudian, kelas atau varian menengah ada RAM berkapasitas 8 GB, dengan bantuan ROM sebesar 256 GB. Dan yang paling tinggi adalah RAM 12 GB serta internal memori 256 GB.

Akan tetapi, salah satu kekurangan dari Meizu 18 Pro ini adalah tidak adanya slot untuk penyimpanan eksternal. Jadi, untuk menyimpan file atau dokumen lainnya hanya mengandalkan internal memori saja.

Layar

Sedangkan kelebihan lainnya dari HP Meizu 18 Pro adalah pada sisi layar. Selain layarnya berukuran besar yakni 6,7 inci, juga berpanel Super AMOLED seperti layar HP Samsung flagship bawa.

Ponsel terbaik besutan Meizu ini juga layarnya sudah refresh rate 120 Hz, HDR10+ dan beresolusi 1440 x 3200 piksel, dengan aspek rasio 20:9.

Spesifikasi pada bagian layar lainnya, sudah diproteksi dengan menggunakan Corning Gorilla Glass 6, yang bisa menjaga layar dari benturan atau goresan.

Kamera Terbaik

Beralih ke sektor kamera, HP Meizu 18 Pro ini membawa Quad Camera pada bagian belakang dan satu lensa untuk depan.

Masing-masing kamera belakang yang terpasang pada smartphone ini antara lain, resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.9 (wide).

Kemudian, kamera kedua berkekuatan 8 MP dengan aperture f/2.4 (telephoto) yang bisa melakukan 3x optical zoom. Lalu, kamera beresolusi 32 MP untuk ultrawide yang dapat mengambil sudut dengan lebar 130 derajat, dan terakhir TOF 3D 0,3 MP (depth).

Kemampuan kamera belakang HP Meizu 18 Pro ini bukan hanya handal dalam mengambil gambar. Namun juga bisa Anda andalkan untuk merekam video, yang resolusinya mulai dari 4K@30/60fps sampai 8K.

Baca Juga : HP Oppo A93s 5G Jadi Spesifikasi Unggulan Kelas Menengah

Sementara untuk kamera selfie, terpasang satu lensa dengan resolusi yang besar yakni 44 MP bukaan f/2.4 (wide).

Kamera depan dari HP Meizu 18 Pro ini juga bisa merekam atau video call dengan sangat jernih, karena resolusinya bisa mencapai 4K@30fps.

Baterai

Adapun baterai yang terpasang pada Meizu 18 Pro memang tidak kecil dan juga besar. Smartphone ini memiliki daya baterai berkapasitas 4500 mAh.

Namun, kelebihan dari baterai ini adalah sudah tersemat fitur fast charging atau pengisian cepat 40W. Meizu mengklaim bahwa baterainya tersebut bisa mengisi 100 persen hanya dalam waktu menit saja.

Selain fast charging, HP Meizu 18 Pro juga dibekali fitur Fast wireless charging 40W, Reverse wireless charging 10W. Kemudian fitur Power Delivery 3.0, dan Quick Charge 4+.

Fitur dan Harga

Sedangkan untuk sistem operasi (OS), Meizu 18 Pro sudah berbasis OS Android 11 terbaru, dan menjalankan antarmuka Flyme 9. Ponsel ini juga tersedia fitur NFC.

Sementara bagian sistem keamanan ponsel menggunakan sensor fingerprint atau sidik jari yang terpasang di dalam layar.

Adapun warna yang tersedia ada 3 pilihan, antara lain Gray, White dan Black. Sedangkan untuk harga HP Meizu 18 Pro, kini berbanderol mulai dari Rp 11 jutaan untuk varian terendah. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto