Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPanel UTG Samsung Bakal Hadir Lengkapi MI Mix Fold 2, Ini Jelasnya!

Panel UTG Samsung Bakal Hadir Lengkapi MI Mix Fold 2, Ini Jelasnya!

Panel UTG Samsung bakal tersemat di Mi Mix Fold 2. Perlu pengguna ketahui bahwa UTG merupakan salah satu panel layar dengan kaca ultra tipis yang membawa teknologi canggih. UTG ini pertama kali dikembangkan Samsung untuk smartphone layar lipat.

Sebagai perusahaan yang handal, Samsung display menjadi pemasok panel UTG yang khusus untuk para produsen smartphone lainnya. Perdananya, Xiaomi menjadi konsumen terbaik yang terpilih untuk mencobanya.

Baca Juga: HP Xiaomi Zizhan Akan Resmi Sebagai Xiaomi Mi MIX Fold 2?

Kualitas Panel UTG Samsung Lebih Handal dan Kokoh

Mengingat Xiaomi juga akan masuk pada persaingan ponsel lipat dengan Mix Fold 2 series, maka kemungkinan penggunaan lebih besar. Pasalnya, Xiaomi Mix Fold 2 masih tahap pengembangan.

Hal ini tak jadi masalah, karena sudah ada konfirmasi bahwa smartphone layar lipatnya menggunakan panel OLED Samsung. Dengan layar 8 inci dan UTG, maka mengartikan Xiaomi telah lepas dari TCL.

Sebelumnya Xiaomi menggunakan panel layar lipat yang sudah tersedia dari TCL CSOT untuk perangkat barunya, Mi Mix Fold.

Tak hanya itu, ada Huawei yang menggunakan panel dengan jenis CPI pula. Bisa terbilang Colorless Polyamide sebagai penutup layar demi model lipat ini. Seperti Huawei Mate X 2019 serta Mate X2.

Panel UTG Lebih Baik Dari CPI

Setelah mengetahui secara jauh, CPI tidak terlalu maksimal daripada UTG. Panel keluaran divisi Samsung Electronics dalam memproduksi khusus panel OLED terbukti bagus dan handal pada penerapan smartphone lipat Samsung.

Sedangkan CPI memiliki beberapa masalah pada daya tahan panelnya. Sebagai tanda keseriusan Samsung dalam pengembangkan panel UTG, maka hal ini terbukti dari jalinan kemitraan dengan salah satu produsen dari Amerika bernama Corning. Hal ini sudah terjadi pada 2020 lalu.

Baca Juga: HP Huawei Mate X2 Pesaing Samsung Galaxy Z Fold 2 Sudah Dirilis

UTG menjadi kaca pertama di dunia yang terlipat serta menjadi komersial antara Samsung bersama Dowoo Insys.

Pada dasarnya, lembaran kaca tipis ini telah teruji dan melewati beberapa proses yang menambah fleksibilitasnya sehingga mampu meningkatan daya tahan tinggi.

Menurut informasi yang beredar, Vivo juga menggunakan panel layar yang sudah terpasok Samsung Display.

Huawei sudah mempertimbangkan mengamankan panel OLED ke Samsung Display pula. Namun rencana tersebut sempat tertunda hingga pertengahan tahun.

Luncurkan Perangkat Lipat Demi Susul Oppo Find N

Produk Mix Fold 2 ini tengah persiapan dan akan meluncur pada pertengahan 2022. Tentu saja dengan harapan perangkat lipat tersebut menjadi generasi lanjut yang dapat beredar luas tak seperti pendahulunya yang hanya melewati pasar China saja.

Mix Fold 2 tersebut menggunakan layar lipat internal Samsung dengan panel UTG seperti Oppo Find N dan Galaxy Z Fold 3.

Semua telah terencana dengan baik. Mengingat Samsung merupakan pemasok terbaik, asumsi layar yang ada 120Hz LTPO. Terlebih engsel Mix Fold 2 memiliki desain ulang yang semakin meningkat daripada pendahulunya.

Pasar ponsel lipat akan semakin ramai tentunya di 2022, terlebih dengan perangkat Mix Fold 2 dan Oppo Find N.

Hal ini terdengar sukses hingga di China melalui penjualan limited edition. Harga terpasang tentu bersaing pertama dari pertimbangan teknologi yang tersemat.

Memang sejauh ini pasar smartphone lipat sudah tercatat masih dominan Samsung. Hal ini menurut laporan penelitian yang terbit dari perusahaan agensi layar DSCC.

Lepas dari panel UTG Samsung, menurut keterangan pada kuartal 2021 total pengiriman ponsel ini meningkat hingga 215 persen setiap bulannya. Sehingga tercatat 480 persen per tahunnya.

Baca Juga: HP Oppo Find N 5G, Ponsel Lipat Perdana Oppo Usung Desain Clamshell

Samsung Pemasok Tertinggi

Lebih menarik lagi dalam hal merek, dari pengiriman Samsung telah menyumbang 93 persen pangsa pasar. Hal ini tentu mengejutkan pasar.

Data lainnya, Huawei penyumbang 6 persen saja. Laporan DSCC memproyeksikan dengan cermat pengapalan HP layar lipat ini terus meningkat dari 2,6 juta unit menjadi 4 juta unit. Hal ini terlihat pada kuartal empat pada tahun 2021 ini.

Sehingga perusahaan dapat memproyeksikan peningkatan menjadi 20 juta unit di tahun depan. Walaupun pasar terkadang tak sesuai dengan perkiraan, namun mencatat kurang dari 10 juta unit terealisasi dalam pengiriman tahun ini.

Sekedar informasi saja, segi model hp lipat yang terpopuler pertama adalah Galaxy Z Flip 3. Kemudian Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 5G.

Dari Huawei ada Mate X2 versi 4G serta 5G yang berada di peringkat keempat dan kelima. Panel UTG Samsung menjadi layar terbaik yang mendukung Mi Mix Fold 2. (R10/HR-Online)

- Advertisment -