Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruAuto Macro iPhone 13 Series, Kenali Manfaat dan Cara Menonaktifkannya!

Auto Macro iPhone 13 Series, Kenali Manfaat dan Cara Menonaktifkannya!

Auto Macro iPhone merupakan salah satu bentuk pembaharuan pada iPhone 13 Series. Ini merupakan fitur kamera baru dalam perangkat iPhone 13. Dengan fitur baru ini, memungkinkan kamera iPhone 13 dapat berubah secara otomatis.

Terutama pada saat ingin digunakan untuk mengambil gambar dalam jarak dekat. Kehadiran fitur baru ini sebenarnya cukup membantu, karena para pengguna tidak perlu repot-repot melakukan pengaturan terlebih dahulu pada kamera yang akan mereka gunakan.

Di sisi lain fitur Auto Macro juga dapat menyulitkan bagi pengguna saat ingin menggunakannya, akan tetapi fokus kamera tiba-tiba berpindah secara otomatis.

Dalam hal ini, Apple pun telah menghadirkan solusi bagi pengguna yang merasa kurang nyaman dengan adanya fitur terbaru tersebut.

Baca Juga: Offload Unused App iPhone Menghemat Ruang Penyimpanan Otomatis

Menonaktifkan Fitur Auto Macro iPhone

Sejak iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max resmi rilis, Apple ternyata memberikan bekalan fitur baru dalam kamera perangkat tersebut.

Fitur baru bernama Auto Macro ini memiliki fungsi untuk memaksimalkan pengambilan gambar jarak dekat.

Fitur ini memiliki kelengkapan lensa canggih dengan sistem fokus otomatis. Meskipun menawarkan berbagai kelebihan, akan tetapi fitur Auto Macro dapat mempersulit para pengguna.

Terutama bagi Anda yang suka mengatur ukuran serta fokus gambar saat memotret objek. Auto Macro iPhone dapat mempersulit pengguna dalam menghasilkan foto yang sesuai dengan keinginan.

Oleh karena itu, bagi pengguna yang tidak suka mengambil gambar dengan pengaturan otomatis, maka dapat menonaktifkan fitur baru iPhone 13 ini.

Cara Mematikan Fitur Auto Macro

Secara default, fitur terbaru kamera iPhone 13 Series ini akan berada dalam kondisi aktif. Meskipun demikian, pengguna dapat menonaktifkannya dengan cara mengubah pengaturan default pada iPhone 13 yang mereka gunakan.

Baca Juga: Fungsi Magnifier di iPhone, Begini Cara Mengaktifkan dan Mengaksesnya

Adapun langkah-langkah untuk mematikan fitur Auto Macro kamera iPhone 13 antara lain:

  1. Untuk menonaktifkan Auto Macro, maka pengguna dapat membuka menu pengaturan atau setting pada perangkat iPhone.
  2. Selanjutnya gulir hingga bagian bawah dan temukan opsi “Camera”
  3. Klik menu “Camera”, lalu gulir hingga menemukan menu Auto Macro, klik ikon toggle yang berada di samping menu tersebut atau geser tombol on ke tombol off pada opsi Auto Macro. Ini berfungsi untuk mematikan fitur Auto Macro.

Sebagai informasi, cara ini hanya berlaku pada iPhone 13 Series dengan kelengkapan iOS 15.1. Pasalnya, versi iOS yang lebih lama tidak menawarkan fitur Auto Macro pada kameranya.

Pada saat fitur Auto Macro sudah tidak aktif, maka para pengguna tak dapat menikmati berbagai kelebihan yang ia tawarkan. Hal ini termasuk memotret gambar dalam jarak dekat secara otomatis.

Fitur Auto Macro pada kamera iPhone 13 ini dapat membuat kamera secara otomatis beralih ke kamera ultra lebar pada saat didekatkan dengan objek foto.

Kelebihan Fitur Auto Macro

Bagi Anda yang ingin menikmati kembali kelebihan fitur terbaru kamera iPhone 13, maka dapat mengaktifkannya melalui menu setting.

Anda hanya perlu memilih opsi Auto Camera yang terletak pada halaman Camera. Kemudian geser tombol off ke tombol on, maka fitur Auto Macro akan kembali aktif.

Di balik pro kontra akan kehadiran fitur baru ini, ternyata Auto Macro juga mempunyai beberapa kelebihan yang dapat pengguna manfaatkan.

Fitur terbaru kamera iPhone 13 ini mampu memberikan kemudahan pada saat pengguna ingin mengambil foto atau video.

Berikut ini beberapa kelebihan fitur Auto Macro iPhone yang perlu Anda ketahui:

1. Pengambilan Gambar dari Jarak Dekat

Kelebihan pertama yang dapat Anda peroleh melalui fitur ini, Anda bisa menghasilkan foto dengan jarak dekat dan hasilnya sangat mengesankan.

Hasil foto tersebut mempunyai fokus yang lebih tajam hingga jarak 2cm. Selain itu, fitur kamera ini juga memperoleh kelengkapan dengan mode ultra wide yang memiliki lensa cukup canggih.

Baca Juga: Fungsi GarageBand di iPhone, Hadirkan Musik Lebih Berwarna!

2. Perekaman Video dengan QuickTake

Kelebihan fitur Auto Macro lainnya adalah pengguna dapat merekam video dengan Quicktake. Jika akan memotret secara otomatis, maka pengguna hanya perlu mengarahkan ponsel secara lebih dekat dengan objek.

Sehingga kamera dapat beralih mode dengan cepat. Sementara itu, fitur Auto Macro iPhone dapat Anda nonaktifkan dengan mudah kapan saja. Anda pun dapat mengaktifkan kembali fitur ini saat ingin mengambil gambar secara otomatis. (R10/HR-Online)

- Advertisment -