Jumat, Juli 1, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Menggunakan Facebook Reels di Android, Ini Tutorial Lengkapnya!

Cara Menggunakan Facebook Reels di Android, Ini Tutorial Lengkapnya!

Cara menggunakan Facebook Reels mungkin menjadi pertanyaan beberapa kalangan. Pasalnya, Facebook Reels yang merupakan fitur video pendek ini belum lama rilis secara global.

Maka tidak heran jika masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur baru ini.

Dalam hal ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang kebagian fitur Facebook Reels. Akan tetapi, belum semua pengguna Facebook yang kebagian fitur ini. Mungkin Meta akan melakukan perilisan secara bertahap.

Baca Juga: Facebook Ganti Nama News Feed, Apa Nama Barunya?

Mengetahui Cara Menggunakan Facebook Reels

Jejaring sosial media Facebook baru saja kedatangan fitur baru video pendeknya. Fitur baru ini serupa dengan yang ada di Instagram.

Berdasarkan keterangan resmi Facebook pada Kamis 24 Februari, Reels Facebook merupakan fitur yang berupa video pendek dengan durasi maksimal 30 detik.

Melalui fitur ini, para pengguna dapat membagikan reels mereka secara publik atau kepada teman di Facebook. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan efek serta musik pada reels yang dimiliki.

Cara menggunakan Facebook Reels sebenarnya cukup mudah. Fitur baru ini terdiri dari satu atau beberapa klip video, selanjutnya direkam menggunakan aplikasi Facebook.

Untuk dapat membuat reels, maka para pengguna harus merekam klip terlebih dahulu, melakukan pengeditan hingga membagikan reels yang sudah selesai.

Untuk lebih jelasnya dalam pemanfaatan Facebook Reels, dapat Anda simak ulasan berikut.

Baca Juga: Split Bill Facebook Messenger Hadir, Apa dan Bagaimana Penggunaannya

Langkah Mudah Menggunakan Facebook Reels

Pada platform Android, Facebook Reels dapat Anda temukan pada aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110.

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi Facebook dalam versi lama, maka cobalah terlebih dahulu untuk memperbaharui aplikasi di Play Store.

Fitur Reels hadir pada tampilan beranda atau home Facebook. Facebook Reels tepatnya terletak di antara tab stories dan rooms. Berikut ini cara menggunakan Facebook Rees secara lebih lengkap.

  1. Langkah pertama, bagi Anda yang masih menggunakan aplikasi versi lama, maka perbaharui atau unduh aplikasi Facebook ke versi 354.0.0.22.110 di Play Store.
  2. Jika sudah berhasil update, maka masuk atau login dengan menggunakan username dan password Facebook yang Anda gunakan
  3. Pada bagian Berada, perhatikan sisi atas, di bawah kolom status, Fitur Reels terletak di antara fitur Stories serta Rooms
  4. Cara menggunakan Fitur Facebook Reels berikutnya adalah dengan klik “Create Reels”
  5. Berikutnya Anda dapat merekam atau unggah video yang Anda inginkan.
  6. Langkah selanjutnya, Anda dapat edit video Reels sesuai dengan yang Anda inginkan, lalu klik Next, tulis caption Reels Anda.
  7. Pilih audiens untuk dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat Facebook Reels yang Anda buat (public, friends, friends except)
  8. Berikutnya “Share Reels”.

Baca Juga: Aplikasi Facebook Watch, Berikut Pengertian dan Tips Menggunakannya!

Setelah mengikuti semua cara menggunakan Facebook Reels secara keseluruhan, pada tab “Reels”, Anda dapat melihat berbagai video Facebook Rees dari pengguna lain. Ini dapat Anda lakukan dengan cara menggulirkan ke atas, sama seperti pada Instagram Reels. Selain itu, Anda juga dapat memberikan komentar, like, hingga berbagi video Facebook Reels.

- Advertisment -