Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Parkir Mobil di Tanjakan Agar Kendaraan Tidak Meluncur

Cara Parkir Mobil di Tanjakan Agar Kendaraan Tidak Meluncur

Cara parkir mobil di tanjakan tidak bisa Anda remehkan. Sebaiknya gunakan tips tepat sehingga kendaraan tetap aman. Memiliki kendaraan tidak hanya bisa untuk Anda kendarai.

Namun Anda juga perlu memahami bagaimana tips mudah ketika parkir. Tidak selamanya mobil bisa diparkirkan pada lokasi yang datar dan nyaman.

Anda bisa saja mendapatkan lokasi yang curam, baik itu tanjakan maupun turunan. Jika sudah memasuki kondisi seperti ini, pastikan tahu hal yang perlu Anda lakukan.

Baca juga: Cara Parkir Paralel Mobil Matic dengan Fitur Shift Lock

Dengan menggunakan cara parkir mobil di tanjakan secara tepat, kemungkinan besar kondisi tetap aman. Untuk itu, pastikan Anda memiliki cara terbaik saat memarkirkan kendaraan dalam kondisi apapun.

Agar Kendaraan Tidak Meluncur, Begini Cara Parkir Mobil di Tanjakan

Pengguna roda empat kerap dihadapkan pada kondisi parkir di luar gedung karena lahan terbatas. Kondisi ini bukan menjadi alasan bagi pengemudi untuk memarkirkan kendaraannya secara asal-asalan.

Namun jika harus parkir pada area tanjakan atau turunan, tentu Anda harus memiliki triknya. Gaya gravitasi bumi mengakibatkan mobil yang parkir pada area menanjak atau menurun cenderung bergerak pada arah yang lebih rendah.

Jika tidak berhati-hati saat parkir, maka mobil bisa meluncur dan menabrak kendaraan lainnya. Untuk itu, dengan menggunakan cara tepat membantu Anda lebih aman dalam memarkirkan kendaraan.

Aktifkan Mode Parkir

Cara parkir mobil di tanjakan yang pertama yaitu aktifkan mode parkir. Hal ini harus Anda lakukan pada mobil tipe matic.

Lakukan pengecekan transmisi dengan kondisi jalan. Sebaiknya Anda lihat dari seberapa miring kondisi tanjakan, apakah cukup landai atau justru curam.

Aktifkan Rem Tangan

Rem tangan menjadi salah satu komponen yang bisa Anda jadikan sebagai sistem keselamatan pada mobil.

Baca juga: Bushing Arm Belakang Mobil, Kenali Gejala Kerusakan Seperti Berikut Ini!

Fungsinya untuk mengunci roda pada bagian belakang agar tidak bergerak maju atau bahkan mundur saat parkir.

Jika rem tangan tidak Anda gunakan, kendaraan akan sulit berhenti pada area tanjakan. Namun saat memfungsikannya, sebaiknya jangan keliru. Sebab bila Anda sampai salah memfungsikan, akan berakibat kabel rem cepat putus.

Jika kabel rem rusak, akan menambah biaya untuk memperbaikinya. Sebaiknya Anda tambahkan gas pada mobil dan pastikan rem tangan pada posisi unlock. Saat keduanya Anda lakukan, pastikan dalam kondisi stabil sehingga kabel rem tidak akan mudah putus.

Kunci Setir Mobil

Ada banyak cara parkir mobil di tanjakan yang perlu Anda perhatikan. Selain beberapa cara sebelumnya, Anda pun harus kunci setir otomatis.

Setelah Anda kunci mobil, sebaiknya putar setir kurang lebih 60-75 derajat sampai posisinya tidak dapat digerakkan kembali.

Pada area tanjakan, Anda perlu menguncinya ke arah trotoar. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari pergeseran mobil karena posisinya menurun dengan tidak sengaja.

Selain itu, kondisi ban yang tidak lurus saat setir terkunci juga akan mempengaruhi power steering. Apalagi ketika kondisinya berada di area tanjakan.

Ganjal Ban Mobil

Parkir pada area yang tidak datar memang perlu perhatian khusus. Anda perlu ganjal ban mobil pada bagian depan maupun belakang. Jika kondisi lokasinya licin atau terjal, bisa tambahkan ganjalan secara menyilang.

Misalnya Anda bisa ganjal roda kanan dan kiri pada bagian belakang. Hal ini bertujuan agar mobil saat parkir tetap kuat dan aman. Cara ini bisa Anda lakukan ketika mobil parkir di tanjakan.

Masukkan Persneling

Saat menggunakan mobil tipe manual, cara parkir di tanjakan pun berbeda dengan matic. Anda bisa memasukkan persneling, kemudian pindahkan tuas transmisi ke arah gigi 1.

Cara ini bisa membantu mobil agar tidak mundur. Setelah itu, putar setir agar berbelok menghadap tepi jalan atau trotoar.

Baca juga: Tutup Tangki Bensin Mobil Macet, Ketahui Penyebab dan Cara Membuka!

Jika rem tidak berfungsi, maka mobil tidak akan meluncur ke bawah. Justru mobil bisa ke arah trotoar atau tepi jalan.

Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara parkir pada area tertentu, misalnya saja di tanjakan maupun turunan.

Sebab biasanya parkir areanya datar, sehingga cara untuk melakukannya terbilang tidak bisa sembarangan.

Anda perlu mengetahui cara parkir mobil di tanjakan sehingga kendaraan tetap aman. Bahkan mobil tidak akan meluncur seperti yang diharapkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -