Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Gaya Magnet pada Benda yang Bermanfaat di Kehidupan

Contoh Gaya Magnet pada Benda yang Bermanfaat di Kehidupan

Contoh gaya magnet dapat digunakan untuk banyak hal. Magnet juga bukanlah sesuatu yang asing di kehidupan.

Benda-benda bermagnet dapat melekat di tempat yang mengandung bahan tertentu. Magnet hanya dapat menempel dengan sempurna di benda-benda yang mengandung bahan seperti logam maupun besi.

Lantas, apa saja contoh dari keberadaan magnet? Apa manfaatnya untuk kehidupan?

Baca Juga: Contoh Gaya Pegas pada Benda: Pengertian, Rumus, dan Kegunaannya

Jenis dan Contoh Gaya Magnet pada Benda

Magnet merupakan sebuah elemen yang memiliki kemampuan untuk menarik elemen lain di sekitarnya. Tentunya magnet memiliki sifat khusus untuk bisa mendapat kemampuan khusus tersebut.

Gaya pada magnet akan beraksi untuk menarik benda di sekitarnya yang mengandung besi atau logam. Reaksi yang keluar tersebut merupakan gaya elektromagnetik.

Gaya elektromagnetik memiliki empat gaya lain yang menjadi gaya dasar alam akibat adanya gerakan dari muatan. Magnet hanya menarik benda-benda khusus yang artinya bisa tidak bekerja sama sekali.

Tarik-menarik akan terjadi jika mengandung muatan dengan arah gerak yang sama. Sedangkan pada arah berlawanan, gaya yang muncul ada tolak-menolak.

Ada tiga jenis magnet, yaitu:

  1. Ferromagnetik yang merupakan bahan magnet paling kuat dan bahkan dapat membuat magnet itu sendiri. Contoh bahan ferromagnetik adalah nikel, kobalt, baja, dan besi.
  2. Paramagnetik yang merupakan salah satu bahan nonmagnetik. Meski begitu, bahan paramagnetik masih dapat magnet tarik meski sangat lemah. Contohnya adalah oxygen, aluminium, mangan, platinum, lithium, dan sebagainya.
  3. Diamagnetik adalah bahan nonmagnetik yang menolak magnet. Benda-benda mengandung diamagnetik tidak akan bisa magnet tarik. Contoh dari bahan ini adalah mereka yang tidak memiliki elektron dan tidak saling berpasangan. Seperti emas, seng, merkuri, dan lain sebagainya.

Adapun contoh gaya magnet pada benda seperti di motor listrik, komputer, kompas, oven microwave, lemari es, mobil, dan kipas.

Baca Juga: Contoh Gaya Gesek di Kehidupan, Ternyata Banyak Manfaatnya!

Manfaat Gaya Magnet

Magnet memiliki manfaat utama untuk:

  1. Menarik Benda Lain

Manfaat utama dari magnet ini memang sangat berguna bagi kehidupan. Gaya tarik ini biasanya bermanfaat dalam bidang industri untuk memindahkan besi ke tempat lain dengan mudah.

  1. Pembangkit Tenaga Listrik

Tahukah kamu bahwa magnet dapat menjadi pembangkit tenaga listrik? Bahkan, magnet dapat mendukung pembangkit listrik dalam skala besar sekalipun.

Contoh pembangkit listrik tenaga magnet ada di dinamo sepedanya yang bermanfaat untuk pancarkan lampu sepeda. Ada juga generator pembangkit listrik sebagai contoh gaya magnet besar.

  1. Sebagai Penunjuk Arah

Kompas menggunakan magnet untuk menunjukkan arah. Hal itu karena magnet memiliki dua kutub, yakni kutub utara dan selatan.

Sifat magnet tersebut berguna untuk menarik jarum pada kompas untuk menunjukkan arah utara atau selatan.

Baca Juga: Hukum Hooke pada Pegas yang Wajib Kamu Tahu, Ini Dia Rumusnya!

  1. Sebagai Perekat di Mekanisme Penutupan

Kamu pasti pernah melihat tempat pensil yang dapat menutup tanpa kancing. Hal itu karena ada magnet yang membantu perekatan sehingga tidak mudah terbuka.

Dalam hal ini, contoh gaya magnet yang dibutuhkan adalah berbeda kutub sehingga tidak saling menolak. (R10/HR-Online)