Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMenaruh HP Dekat Kepala, Sebaiknya Hindari Ada Dampak Negatifnya

Menaruh HP Dekat Kepala, Sebaiknya Hindari Ada Dampak Negatifnya

Menaruh HP dekat kepala menjadi salah satu hal yang harus Anda hindari. Padahal, ini menjadi kebiasan yang sering dilakukan sebagian besar orang.

Smartphone menjadi salah satu barang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Apalagi kini kemajuan dunia teknologi menjadi salah alasan mengapa smartphone hampir dimiliki semua kalangan masyarakat.

Dengan adanya perangkat ini berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari pendidikan, komunikasi, hingga urusan pekerjaan.

Bahkan dengan adanya perangkat yang satu ini membuat informasi jauh lebih cepat sampai ke telinga siapa saja. Sayangnya kebiasan buruk dalam penggunaannya masih sering terjadi.

Salah satunya yaitu menaruh HP dekat kepala. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang menjelang tidur. Sebenarnya kebiasaan ini buruk dan dapat mengganggu paparan hormon yang bisa membuat seseorang merasa mengantuk.

Sehingga membuat siapa saja yang melakukan hal ini berisiko mengalami kurang tidur. Selain itu, masih banyak risiko atau efek buruk dari kebiasaan tersebut. Agar lebih jelas simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Tips Tukar Tambah HP dengan Cara Tepat, Termasuk Bantuan Aplikasi

Dampak Buruk Menaruh HP Dekat Kepala

Hampir semua aktivitas manusia kini tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Bahkan untuk berbelanja sendiri juga menggunakan smartphone dan media online.

Dengan fungsinya yang cukup banyak membuat ponsel tidak bisa jauh dari genggaman. Bahkan pemiliknya akan selalu mengeceknya setiap saat. Hal ini juga terjadi ketika hendak tidur.

Untuk melakukan pengecekan jauh lebih mudah biasanya smartphone diletakkan pada area yang dekat. Salah satu yang sering terjadi yaitu menaruh HP dekat kepala.

Entah itu dengan sengaja atau karena sudah tertidur. Sebenarnya hal ini menjadi salah satu kebiasan buruk. Adapun dampak negatif yang bisa Anda rasakan terkait dengan kesehatan.

Merusak Sel Otak

Salah satu dampak buruk ketika Anda menaruh HP dekat kepala yaitu merusak sel-sel otak. Paparan radiasi dari HP dapat mengakibatkan hal ini terutama pada anak-anak.

Anak-anak 50% lebih mudah menyerap banyak gelombang elektromagnetik daripada orang dewasa. Sehingga gelombang elektromagnetik dapat menembus otak lebih mudah.

Jika sel otak rusak mengakibatkan risiko terjangkitnya berbagai penyakit. Mulai dari tumor, autisme, dan masalah perilaku.

Baca Juga : Tips Hemat Baterai HP Saat Tethering, Performa Ponsel Lebih Terjaga

Insomnia

Ada efek lain yang bisa Anda rasakan yaitu insomnia. Menaruh HP dekat kepala memang bisa mengganggu kenyamanan saat tidur.

Hal ini bisa saja terjadi karena secara otomatis Anda akan mengeceknya jika terdengar nada dering yang keluar dari ponsel. Hal ini juga membuat Anda selalu ingin menyentuh dan mengoperasikannya.

Paparan radiasi yang ada akan membuat tidur terganggu dan menyebabkan produksi hormon berkurang. Jika terjadi hal ini maka Anda akan susah tidur dan terjadilah insomnia.

Mengurangi Konsentrasi

Konsentrasi akan terganggu ketika Anda menaruh HP dekat kepala. HP jenis apapun akan mengeluarkan radiasi elektromagnetik dan mempengaruhi kualitas tidur.

Efek buruk yang bisa terjadi yaitu menyebabkan aliran darah yang mengalir ke otak tidak optimal. Hal ini mengakibatkan saat bangun tidur pada pagi hari mengalami kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

Mengganggu Ritme Tidur

Selain beberapa dampak buruk sebelumnya masih ada bahaya lain akibat Anda sering menaruh HP dekat kepala saat tidur. Cahaya yang ponsel berikan akan mengganggu ritme alami tubuh seseorang.

Jika sudah terjadi hal ini mengakibatkan manipulasi tubuh manusia. Sehingga menganggap waktu masih siang. Padahal sudah malam waktunya tidur. Dengan kata lain, hal ini bisa mengganggu disorientasi waktu seseorang.

Baca Juga : Tips Agar Baterai Cepat Penuh Paling Ampuh Tanpa Perlu Mematikan Hp

Keguguran

Masalah lain bisa terjadi pada wanita yaitu keguguran. Akibat buruk HP dekat kepala memang bisa saja terjadi karena setiap organisme yang hidup memiliki sel-sel yang dikelilingi medan elektromagnetik.

Beberapa organ otak memiliki medan magnet tertentu yang berperan penting dalam pembelahan sel dan diferensiasi pada janin.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda melakukan kebiasaan buruk ini saat tidur. Karena akan mengganggu kesehatan seseorang.

Penggunaan smartphone memang sering membuat seseorang terpengaruh dengan gadget tersebut. Bahkan membuat perangkat yang satu ini tidak bisa jauh dari genggaman.

Meski demikian, sebaiknya Anda hindari menaruh HP dekat kepala. Sebab, ada banyak dampak buruk yang bisa mengganggu terutama bagi kesehatan tubuh. (R10/HR-Online)