Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Membuat Tulisan Arab di WA Mudah, Intip Tutorial Lengkap!

Cara Membuat Tulisan Arab di WA Mudah, Intip Tutorial Lengkap!

Cara membuat tulisan Arab di WA seringkali banyak dicari oleh para penggunannya. Tulisan Arab pada chat WhatsApp memang sudah tidak asing lagi.

Biasanya pada moment-moment tertentu, kita sering menerima pesan WA baik dalam bentuk chat atau broadcast yang menggunakan teks bahasa Arab.

Namun tidak jarang pula pengguna yang masih merasa bingung mengenai bagaimana cara menulis atau membuat tulisan Arab tersebut pada aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya hal ini dapat Anda lakukan dengan cara sederhana. Penasaran bagaimana melakukan cara sederhana tersebut, simak ulasan berikut.

Baca Juga: Aplikasi WhatsApp Aero Tawarkan Fitur Menarik, Namun Berisiko

Cara Membuat Tulisan Arab di WA Mudah

Tulisan Arab terkadang memang diperlukan untuk mengirim beberapa jenis pesan. Seperti salam atau ucapan syukur yang lazimnya ditulis dengan bahasa Arab.

Akan tetapi yang sering menjadi pertanyaan, bagaimana cara membuat tulisan bahasa Arab di WhatsApp tersebut? Sedangkan keyboard bawaan HP tidak menyediakan cara tersebut.

Namun tak perlu khawatir, terdapat cara mengubah keyboard menjadi tulisan Arab. Supaya Anda dapat mengirimkan pesan WhatsApp dengan menggunakan tulisan bahasa Arab secara lebih mudah.

Nah, berikut ini beberapa cara mudah untuk membuat tulisan Arab di WA, antara lain:

Baca Juga: Aplikasi Whatsapp Beta Memiliki Banyak Fitur, Ini Cara Menggunakannya!

Membuat Tulisan Arab di WA dengan Keyboard Bawaan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan keyboard bawaan yang terdapat pada perangkat HP Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengubah bahasanya ke Arab supaya dapat mengirim pesan tersebut ke WhatsApp, dengan beberapa langkah berikut:

  1. Pertama, masuk dalam aplikasi WA terlebih dahulu
  2. Kemudian masuk ke dalam chat seseorang yang akan Anda kirimi chat dengan bahasa Arab tersebut, lalu pilih ketik pada kotak Chat
  3. Selanjutnya akan muncul keyboard, kemudian buka menu pengaturan dengan cara tekan lalu tahan tombol Koma (,) tunggu hingga muncul tombol settingnya
  4. Langkah berikutnya akan muncul pop up yang bertuliskan “Opsi masukkan” pilih Bahasa
  5. Cara membuat tulisan Arab di WA selanjutnya adalah dengan mematikan fungsi pada “Gunakan Bahasa Sistem”
  6. Pada menu “metode masukkan aktif”, maka silahkan nyalakan bahasa Arab dan matikan bahasa sebelumnya yang Anda gunakan.
  7. Lalu kembali pada aplikasi WhatsApp Anda, maka akan terlihat keyboard Anda telah berubah menjadi bahasa Arab sesuai dengan yang telah Anda arahkan
  8. Maka Anda pun dapat mengirim tulisan bahasa Arab ke WhatsApp teman atau grup Anda.

Baca Juga: Aplikasi WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Transfer Uang Antar Pengguna

Membuat Tulisan Arab di WA dengan Aplikasi Tambahan

Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Langkah pertama, silahkan download SwiftKey Keyboard.
  2. Buka aplikasi SwiftKey Keyboard, lalu pilih Bahasa.
  3. Setelah itu, cari bahasa Arab dan download bahasa tersebut. Lalu pilih Gunakan Data dan tunggu proses download sampai selesai.
  4. Kemudian gunakan atau aktifkan bahasa tersebut dengan cara geser slide ke kanan.
  5. Cara membuat tulisan Arab di WA berikutnya buka aplikasi WhatsApp dan pilih teman yang ingin Anda kirimi tulisan Arab. Setelah itu silahkan Anda tekan dan tahan tulisan SwiftKey Keyboard hingga muncul pilihan bahasa, silahkan pilih bahasa Arab.
  6. Maka keyboard Anda akan berubah huruf-hurufnya menjadi Arab. Silahkan Anda ketik apapun yang Anda inginkan. Lalu kirimkan tulisan tersebut ke kontak yang akan Anda tuju.

Selain aplikasi SwiftKey, Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain yang memiliki fitur sama sebagai cara membuat tulisan Arab di WA secara lebih mudah. (R10/HR-Online)