Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BisnisCara Membeli Saham Right Issue Melalui Sekuritas, Ikuti Langkahnya

Cara Membeli Saham Right Issue Melalui Sekuritas, Ikuti Langkahnya

Cara membeli saham right issue bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi.

Bagi para pelaku investasi mendengar istilah right issue mungkin tidaklah asing.

Namun bagi mereka yang baru terjun dalam dunia investasi tentu asing di telinga. Right issue bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan atau kewenangan untuk investor lama dalam pemesanan sebuah saham.

Kondisi ini sudah sering terjadi pada dunia investasi. Sehingga membantu memudahkan investor lama untuk melakukan pemesanan terlebih dulu.

Dalam penawaran tersebut biasanya perusahaan akan memberikan hak pada investor untuk membeli saham baru dengan harga jauh lebih murah.

Hal ini terjadi sesuai jadwal yang telah perusahaan tentukan. Lantas bagaimana cara membeli saham right issue? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Saham Grup Panin Mengalami Peningkatan Signifikan, Ini Beritanya

Definisi dan Cara Membeli Saham Right Issue

Dalam dunia investasi ada banyak hal yang perlu investor ketahui. Termasuk berbagai kondisi yang biasanya tergambar dengan istilah tertentu.

Banyaknya istilah yang ada dalam investasi memiliki makna tersendiri. Misalnya saja istilah right issue yang sering terdengar.

Dalam Bursa Efek Indonesia, right issue merupakan salah satu bentuk peningkatan modal yang penyetorannya dari awal investasi.

Dalam hal ini perusahaan akan menawarkan hak pada investor untuk mendapatkan saham baru. Jika kondisi seperti ini, seorang investor menyetor modal dengan rasio tertentu.

Secara singkat, right issue berarti penerbitan saham baru. Jika seorang investor mendapatkan right issue menandakan jika sahamnya semakin banyak yang beredar di pasaran.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, sudah pasti harga saham tersebut akan mengalami penurunan. Tidak hanya itu saja, laba per saham perusahaan juga akan melorot akibat dilusi saham.

Baca Juga: Harga Saham Amazon Terus Mengalami Penurunan di Tahun 2022

Membeli Saham Right Issue Melalui Sekuritas

Setelah Anda tahu definisi tentang right issue, kini ketahui tentang bagaimana cara membeli saham right issue tersebut. Sebenarnya membeli saham ini bisa melalui aplikasi trading online sekuritas.

Bisa juga melalui channel lain yang memiliki sekuritas. Berikut ini ada langkah tepat yang bisa membantu Anda dalam pembelian saham right issue di Mandiri Sekuritas.

  1. Langkah pertama dalam pembelian yaitu kirim email ke [email protected] Tuliskan format instruksi pelaksana right issue pada bagian kolom subjek
  2. Dalam kolom bodi email silahkan tulis nasabah, kode efek, dan jumlah pelaksana dalam lembar
  3. Email instruksi yang Anda terima sebelum jam 12.00 akan melalui proses hari itu juga. Namun jika sudah melebihi jam 12.00 akan melalui proses di hari selanjutnya
  4. Jika sudah Anda lakukan pihak sekuritas yang berwenang akan membalas email tersebut. Tanggapan akan datang selama kurun waktu 1×24 jam setelah email Anda pihak sekuritas terima
  5. Jika tidak segera mendapatkan tanggapan, Anda bisa menghubungi Cabang Mandiri Sekuritas atau Care Center 14032.

Baca Juga: Cara Menjual Saham Suspend di Pasar Nego, Risiko Harganya Turun

Cara membeli saham right issue selanjutnya yaitu pastikan juga jika dana yang Anda miliki cukup untuk melakukan pembelian. (R10/HR-Online)