Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mempercepat Download di Android dengan Beberapa Trik Mudah

Cara Mempercepat Download di Android dengan Beberapa Trik Mudah

Cara mempercepat download di Android cukup mudah. Bahkan banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Memiliki perangkat Android memang bisa digunakan dalam berbagai hal.

Tidak hanya untuk alat komunikasi saja. Namun Anda bisa menggunakan Android untuk berbagai hal, termasuk dalam urusan pekerjaan.

Menariknya lagi, Google telah menyediakan berbagai aplikasi terbaik dan terlengkap. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kemudahan dalam berinteraksi.

Download berbagai aplikasi atau file di Android sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Sayangnya dalam proses download tidak semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sehingga membuat kecepatan download menjadi terhambat. Bisa karena sinyal atau koneksi internet, server file, dan jenis file yang dapat mempengaruhi kecepatan unduhan.

Untuk itu, agar dapat mengatasi hal ini sebaiknya Anda cari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Sehingga proses download akan jauh lebih cepat.

Cara mempercepat download di android bisa Anda lakukan dengan mudah. Cukup ikuti beberapa tips yang kami berikan berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Android Lebih Ringan dan Optimal, Coba Lakukan Tips Ini!

Beberapa Cara Mempercepat Download di Android

Saat ini kemajuan dunia teknologi membuat semua orang harus bisa mengikutinya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan adanya penggunaan ponsel Android.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone Android. Pengguna ponsel Android pun tidak bisa lepas dari yang namanya download.

Banyak hal bisa dilakukan melalui media internet baik itu mengunduh lagu, game, aplikasi, dan yang lainnya. Dengan adanya perangkat Android, ini semua hal bisa Anda lakukan hanya dalam genggaman.

Dalam proses download tentu Anda menginginkan kinerja yang cepat agar proses cepat. Namun sayangnya hal ini masih sulit terjadi.

Terkadang banyak kendala yang mengakibatkan proses download tidak dapat berjalan dengan lancar.

Jika Anda mengalami hal ini, sebenarnya masih banyak cara untuk mengatasinya. Pastikan dulu perangkat Android Anda memiliki akses internet agar dapat mengunduh file dengan cepat.

Gunakan Jaringan yang Tepat

Sebenarnya banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menjaga kinerja Android. Salah satu cara mempercepat download di Android dengan menggunakan jaringan yang tepat.

Hindari penggunaan jaringan 2G (GSM) yang hanya memperlambat aktivitas download. Minimal Anda bisa gunakan jaringan 3G atau 4G sesuai dengan daerah masing-masing.

Apalagi saat ini sudah merambah lebih baik jaringan 5G, namun hanya pada beberapa daerah dan smartphone tertentu. Untuk itu, memastikan jaringan juga akan membantu proses download semakin mudah.

Baca Juga: Cara Menghapus Chrome di Android yang Tidak Terpakai, Ini Langkahnya!

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak orang yang sering mendownload aplikasi, namun hanya menggunakannya dalam beberapa waktu saja. Jika Anda salah satu orang yang sering melakukan hal ini sebaiknya untuk menghapusnya saja.

Pilih aplikasi lama yang tidak digunakan dari Android. Aplikasi tersebut sebenarnya hanya akan memakan ruang penyimpanan Android.

Sehingga saat Anda akan download aplikasi atau file lain akan kekurangan tempat.

Selain itu, ruang penyimpanan yang penuh juga berpengaruh terhadap kinerja HP. HP akan jauh lebih lambat dan mengakibatkn faktor download kurang maksimal.

Gunakan Aplikasi Download Manager

Biasanya di smartphone Android terdapat ADM atau Advanced Download Manager. Anda bisa mengunduhnya terlebih dulu. Bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store.

Dengan bantuan aplikasi ADM, cara mempercepat download di Android akan semakin mudah. Bahkan termasuk 2x lebih cepat dari biasanya. Namun semua juga tergantung dari koneksi internet smartphone Anda.

Kinerja dari aplikasi ADM mampu melakukan pengunduhan dalam beberapa thread. Sehingga membuat file akan terpecah menjadi beberapa bagian yang dapat terunduh dalam satu waktu.

Aplikasi ADM dapat terintegrasi dengan baik pada browser seperti Chrome. Namun misalnya belum juga terdeteksi, masih dapat menggunakan fitur browser yang ADM miliki.

Baca Juga: Cara Menghapus Android Studio dan Cara Menginstalnya Kembali

Hapus dan Kurangi Widget

Cara yang lain untuk mempercepat download di HP Android yaitu dengan menghapus atau mengurangi widget. Widget adalah fitur luar biasa yang sistem Android miliki.

Dengan cara ini memungkinkan Anda untuk melihat dan berinteraksi dengan aplikasi homescreen. Meski widget dapat menghemat waktu saat HP baru, namun kenyataannya justru menurunkan kecepatan seluruh komponen.

Anda bisa memotong atau menghapus widget-widget di Android tersebut. Sehingga cara mempercepat download di Android jauh lebih mudah. (R10/HR-Online)