Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruInternet Lelet di HP Android, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Internet Lelet di HP Android, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Internet lelet di HP Android tentu akan menjadi masalah tersendiri. Terutama bagi mereka yang bekerjanya membutuhkan koneksi internet pada HP Android.

Sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab internet menjadi lemot seperti keong. Seperti sinyal jaringan yang lup-lep, dan jangan spesifikasi smartphone juga sangat berpengaruh besar.

Lambatnya koneksi internet tentu sangat mengganggu para pengguna smartphone. Terlebih para gamers yang sangat membutuhkan internet super ngebut. Begitu juga para pengusaha yang sering bergantung pada internet.

Penyebab Internet Lelet di HP Android dan Cara Mengatasinya

Koneksi internet yang lemot tentu akan bikin kesal. Bahkan tak sedikit yang memaki-maki provider telepon seluler sebagai penyebabnya.

Baca Juga : Tanda HP Android Kena Retas, Segera Atasi Karena Berbahaya

Padahal, faktor penyebab internet tidak kencang bukan hanya karena provider seluler. Namun juga ada beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab bisa terjadi seperti itu.

Lantas faktor utama apa saja yang menjadi penyebab internet bisa lemot dan cara mengatasinya? Berikut ulasanya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Smartphone Panas 

Penyebab internet lelet pada HP Android adalah karena overheat atau terlalu panas. Tidak sedikit pengguna yang bermain smartphone sampai berjam-jam lamanya, bahkan hingga terasa panas.

Hal itu biasanya bagi mereka yang hobi bermain game, yang tentunya tidak memerlukan waktu sebentar.

Padahal, smartphone yang overheat tersebut bisa memperlambat kinerja bahkan mengganggu koneksi internet. 

Solusi untuk mengatasinya adalah melakukan restart pada HP Android secara berkala sesudah bermain game atau lainnya. Hal tersebut agar kinerja dari smartphone menjadi maksimal kembali.

Kemudian cara lainnya, adalah dengan mematikan HP saat mengisi ulang daya baterai. Sehingga ponsel bisa beristirahat.  

Sering Membuka Aplikasi Tanpa Close

Tidak ada salahnya jika Anda beberapa membuka aplikasi pada smartphone. Namun yang menjadi masalah adalah setelah membuka aplikasi, lupa close atau menutup kembali. Sehingga, performa HP Android menjadi berat yang berakibat pada jaringan internet menjadi lelet.

Baca Juga : Cara Mempercepat Download di Android dengan Beberapa Trik Mudah

Akan tetapi ada kebiasaan yang salah dari pengguna smartphone. Yaitu setelah aplikasi tidak diperlukan, maka biasanya menutup atau keluar dengan menekan tombol home.

Padahal, cara seperti itu tidak meng-close aplikasi yang sudah Anda buka. Namun, tetap berjalan pada background atau latar belakang.

Sehingga, berdampak pada RAM yang tetap bekerja, begitu juga dengan jaringan internet yang masih jalan.

Cara yang benar untuk menutup aplikasi adalah dengan menekan ikon 3 garis pada layar smartphone bagian bawah.

Cara tersebut tidak hanya menutup aplikasi saja, melainkan juga memaksimalkan jaringan internet pada HP Android agar tidak lelet.

Salah Memilih Provider Seluler

Saat ini jaringan operator yang terjangkau untuk seluruh Indonesia adalah layanan 4G. Meski begitu tidak semua provider seluler atau operator yang sinyalnya kuat.

Oleh karena itu, agar saat bermain internet pada HP Android tidak lelet, maka pilihlah operator yang mempunyai sinyal kuat.

Situs Banyak Iklan

Pernahkan Anda saat membuka browser pada smartphone terdapat iklan yang banyak? Jika mengalami hal seperti itu, maka sebaiknya Anda blokir iklan tersebut.

Pasalnya, situs dengan banner iklan yang tidak sedikit ternyata bisa berpengaruh ke jaringan koneksi internet pada smartphone Anda.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi jaringan internet yang lelet pada HP Android. (R5/HR-Online/Editor-Adi)