Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruSuzuki S-Presso AGS Terbaru Sudah Bisa Dipesan Sekarang!

Suzuki S-Presso AGS Terbaru Sudah Bisa Dipesan Sekarang!

Suzuki S-Presso AGS merupakan sebuah mobil city car yang tampaknya akan segera hadir di Indonesia. Bahkan Suzuki S-Presso satu ini kabarnya akan hadir di ajang GIIAS.

Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 sendiri akan berlangsung pada Agustus ini.

Rumor menyebut bahwa S-Presso yang merupakan mobil city car ini bakal melantai di ajang pameran otomotif tahunan tersebut.

Baca Juga: Suzuki Baleno Facelift Rilis Agustus Nanti, Sudah Bisa Dipesan?

Suzuki S-Presso AGS Akan Ramaikan GIIAS 2022

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) merupakan salah satu acara pameran otomotif terbesar yang ada di Tanah Air. Acara ini terjadi setiap tahun dengan semakin meriah.

Pameran ini menjadi wadah untuk para pabrikan otomotif di Indonesia yang memamerkan produk mereka. Nantinya mereka akan memasarkan produk tersebut di stan yang tersedia.

Sudah pasti momen ini menjadi langganan untuk para brand memperkenalkan produk terbaru mereka kepada masyarakat umum.

Salah satu pabrikan yang berencana untuk meluncurkan produk baru mereka adalah Suzuki. Kabarnya, Suzuki akan memboyong S-Presso ke dalam segmen cit car.

Dalam unggahan di akun sosial media resmi Instagram milik Suzuki pada Kamis (28/7/2022) lalu, terlihat foto siluet yang menurut dugaan adalah Suzuki S-Presso. Hal tersebut lengkap dengan keterangan terkait tanggal peluncurannya.

Baca Juga: Suzuki Landy 2022 Kepergok Sedang Diangkut, Segera Rilis?

Jadi Pengganti Suzuki Ignis?

Suzuki S-Presso akan menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc. Mobil ini mengusung konsep yang mirip seperti Suzuki Ignis, walaupun tetap ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Hal itu memunculkan spekulasi bahwa kemunculan Suzuki S-Presso AGS akan menjadi pengganti Ignis yang memiliki penjualan cukup memprihatinkan.

Apabila melihat dari data penjualan pada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Juni ini total penjualan Suzuki Ignis di dealer (wholesales) hanya sekitar 294 unit.

Menggunakan Transmisi AGS

Satu hal yang menarik dari mobil ini adalah menggunakan transmisi yang mungkin belum banyak masyarakat pahami cara kerjanya. Dengan transmisi Auto Gear Shift (AGS), Suzuki S-Presso tampaknya akan sangat bertenaga.

AGS belum terlalu populer di masyarakat Indonesia karena kebanyakan mobil matic saat ini menggunakan transmisi Automatic Manual Transmission (AMT), Continuously Variable Transmission (CVT), atau Automatic Transmission (AT).

Pada prinsipnya, AGS akan bekerja seperti mobil dengan transmisi otomatis pada umumnya. Namun rupanya ada perbedaan, karena ini merupakan transmisi berbasis manual.

Transmisi ini memungkinkan perpindahan gigi secara otomatis sehingga tidak lagi memerlukan pedal kopling.

Teknologi AGS bekerja dengan menyatakan sistem aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan Electronic Control Unit (ECU) dan juga Control Module (TCM).

Baca Juga: Suzuki Eeco 2022 Akhirnya Mendapat Pembaruan Setelah 11 Tahun Rilis!

Sudah Membuka Pemesanan

Salah satu tenaga penjual Suzuki Bekas menyebut bahwa mobil ini akan meluncur ada 11 Agustus 2022 mendatang dan kini sudah membuka pemesanan inden.

Untuk harganya, Suzuki S-Presso AGS adalah Rp 164 juta. Sedangkan tipe lainnya, yaitu MT dibanderol di harga RP 155 juta. (R10/HR-Online)