Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Bulan Safar dapat Menolak Bala dan Mendekatkan Kepada Allah

Amalan Bulan Safar dapat Menolak Bala dan Mendekatkan Kepada Allah

Amalan bulan Safar menjadi hal yang bisa kita lakukan untuk menyambut datangnya bulan tersebut. Bulan Safar merupakan bulan kedua setelah Muharram pada kalender Hijriyah. Banyak keutamaan dari bulan ini, sehingga Anda dapat melakukan berbagai amalan ibadah.

Perlu Anda ketahui bahwa Safar mempunyai arti kosong yang diambil dari periode Pra Islam. Sebab pada zaman penduduk Arab kerap kali keluar guna mengosongkan rumah, sedang mencari nafkah pada bulan tersebut.

Selain itu, bulan Safar juga seringkali dikaitkan dengan bala ataupun ketidak keberuntungan. Karena pada saat itu juga orang Arab jahiliyah menganggap Allah SWT itu sedang memberikan hukuman.

Padahal sebenarnya hal tersebut hanyalah mitos belaka. Sehingga kita umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan amal kebaikan pada bulan tersebut dengan tujuan supaya dijauhkan dari hal-hal yang membahayakan seperti halnya bala.

Dalam bulan ini terdapat keutamaan ya kalau bisa kita dapatkan. Tidak sedikit pula umat muslim yang menandai hari-hari penting pada bulan ini.

Bisa menandai hari penting untuk menjalankan puasa ataupun yang lainnya. Tahukah Anda apa keutamaan dari bulan tersebut? Lalu kira-kira amalan apa saja yang dianjurkan bulan tersebut?

Baca juga: Keutamaan Bulan Safar, Waktu yang Baik untuk Menikah

Amalan Bulan Safar yang Bisa Dilakukan

Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa banyak orang yang mengenal bulan ini sebagai bulan yang sial. Mereka menganggap pada bulan ini itu terjadi banyak musibah dan cobaan daripada bulan-bulan lainnya.

Indonesia sendiri juga masih meyakini akan hal tersebut. Pasalnya beberapa orang, tidak berani menyelenggarakan acara pesta pernikahan pada bulan Safar.

Kendati demikian, terdapat banyak amalan yang bisa kita lakukan pada bulan Safar. Di mana salah satu tujuannya adalah selain mendekatkan diri kepada Allah.

Melakukan amalan tersebut juga menjadi upaya yang kita lakukan untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang membahayakan. Seperti halnya musibah ataupun cobaan yang lainnya. Penasaran apa saja amalannya berikut ini penjelasan lengkapnya.

Dzikir Kepada Allah

Dzikir menjadi salah satu amalan bulan Safar yang bisa kita lakukan. Amalan yang satu ii menjadi amalan yang ringan tapi dapat memberikan banyak pahala.

Berdzikir juga bisa mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, kita juga akan mendapatkan pahala serta cinta dari Allah. Dalam ajaran Islam terdapat banyak bacaan dzikir yang bisa kita amalkan setiap harinya.

Dalam Hadits Riwayat Muslim dijelaskan bahwa, Allah itu lebih suka dengan bacaan

Bacaan tersebut juga lebih disukai daripada ketika kita mendapatkan kekayaan sebanyak apapun yang berada di bawah sinar matahari.

Sehingga sudah sangat jelas bahwa dzikir itu menjadi amalan yang Allah sukai. Bukankah dalam Islam itu juga berlaku bahwa bacaan subhanallah wabihamdihi subhanallah hiladzim itu merupakan dua kalimat yang ringan di lisan tetapi mempunyai timbangan yang berat.

Baca juga: Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat Manfaatkan dan Jangan Lewatkan

Sholat Dhuha

Kemudian amalan bulan Safar yang kedua adalah hendaknya kita istiqomah dalam menjalankan sholat Dhuha. Memang hukumnya sunnah, sehingga tidak setiap umat muslim itu terikat untuk menjalankannya.

Umumnya yang mengerjakan sholat Dhuha itu adalah ia yang memahami akan keutamaannya apa saja. Mengenai keutamaan sholat, salah satunya adalah dapat memperlancar rezeki.

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa di dalam tubuh manusia itu terdapat 360 sendi yang semuanya juga harus dikeluarkan sedekahnya. Saat ia mengatakan hal tersebut, terdapat salah satu sahabat yang bertanya, lalu siapakah yang mampu melakukan hal tersebut wahai nabi Allah?

Kemudian Nabi Muhammad menjawab, ia yang mampu membersihkan dahak yang terdapat di dalam masjid merupakan sedekah. Kemudian yang menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan, merupakan sedekah.

Apabila kamu tidak menemukan sedekah sebanyak itu, maka kerjakan 2 rakaat sholat Dhuha guna mencukupinya.

Sholat Jamaah di Masjid

Di samping itu, amalan bulan Safar lain yang bisa kita lakukan adalah menjalankan ibadah wajib dengan berjamaah di Masjid. Mungkin hal ini juga hanya berlaku bagi kaum laki-laki.

Tapi apabila kita menyadari kehidupan saat ini, mungkin masih banyak laki-laki yang tidak melaksanakan sholat fardhu dengan berjamaah di masjid. Terdapat banyak alasan pula yang mendasari akan hal tersebut.

Dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah serta menjauhkan diri dari bala, maka, mari bersama untuk mengubah pribadi menuju pribadi yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah mencoba melatih diri sejak dini untuk melaksanakan sholat fardhu berjamaah di Masjid.

Hal yang demikian itu juga bisa menjadi teladan bagi anak-anak, apabila mereka mengetahui orangtuanya setiap memasuki waktu sholat pergi ke masjid.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Maghrib Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Membaca Al Quran

Meskipun pada bulan Safar itu terdapat banyak orang yang beranggapan bahwa pada bulan ini terjadi banyak cobaan ataupun musibah. Tapi kita sebagai umat muslim tentunya bisa menjadikan Al Quran sebagai tameng.

Seperti yang kita ketahui juga bahwa Al Quran merupakan pedoman bagi umat muslim. Di dalamnya terdapat petunjuk untuk seluruh umat manusia.

Bukankah siapapun yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapatkan pahala kebaikan, serta setiap satu pahala itu juga akan berlipat ganda menjadi 10 kali.

Coba bayangkan saja ketika Anda hanya membaca bacaan Basmalah sudah terdapat berapa banyak huruf? Kira-kira kalau mengalikannya sebanyak 10 kali setiap hurufnya berapa jumlah pahala yang akan kita dapatkan?

Selain berdzikir, memperbanyak shalawat kepada Nabi juga termasuk amalan bulan Safar yang bisa kita lakukan. Mengenai hal ini juga dalam agama Islam menjelaskan siapapun yang membaca shalawat untuk Nabi Muhammad, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya 10 kali.

Sebenarnya amalan yang dianjurkan dalam ajaran Islam itu sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia. Namun terkadang masih sedikit yang menyadari akan hal tersebut. Sama seperti halnya dengan amalan bulan Safar tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)