Senin, Desember 5, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur WhatsApp Business Search, Fungsi dan Penggunaannya

Fitur WhatsApp Business Search, Fungsi dan Penggunaannya

Fitur WhatsApp Business Search kabarnya bakal meluncur di Indonesia. Bahkan, Indonesia akan mendapatkan fitur WhatsApp yang satu ini lebih awal dari negara-negara lain di dunia. Melalui fitur ini penggunaan WhatsApp Business kini semakin mudah.

Peluncuran fitur ini telah diumumkan secara resmi melalui Konferensi APAC. Konferensi APAC sendiri merupakan konferensi Perpesanan Bisnis Meta untuk wilayah Asia Pasifik.

Pengguna, bisa menggunakan fitur ini mulai tanggal 10 Oktober. Namun, fitur ini hanya akan tersedia dalam Android terlebih dahulu.

Sedangkan untuk pengguna iOS masih menunggu perkembangan lainnya. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin jika akan segera rilis untuk versi iOS-nya.

Baca Juga: Cara Mencari Pesan WA Berdasarkan Tanggal, Ini Fiturnya

Seperti yang kita tahu, dunia bisnis digital kini menunjukkan perkembangan sangat pesat. Berbagai langkah dan strategi dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk meraup keuntungan hingga melebarkan pasar.

Hadirnya fitur WhatsApp Business satu ini, tentu saja menjadi inovasi yang sangat baik. Apalagi, sebagian masyarakat lebih suka mengirimkan pesan ke sebuah bisnis daripada harus mengirimkan email atau menelepon.

Selain itu, para pelaku bisnis berskala besar pun telah menyadari hal tersebut. Sehingga, memanfaatkan WhatsApp dengan sebaik mungkin supaya dapat terhubung dengan pelanggan.

Pada dasarnya, fitur ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting. Bahkan, fitur ini bisa kita gunakan dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Scrolling Text WhatsApp dan Pengertiannya

Fungsi

Fitur WhatsApp Business Search memiliki peran untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari maupun menemukan bisnis berskala besar. Namun dengan catatan, jika perusahaan atau bisnis besar tersebut sudah menggunakan Platform WhatsApp Business.

Selain itu, juga sudah membangun solusi kustom berskala besar. Fitur ini tidak akan menampilkan usaha kecil dan menengah atau UMKM.

Meskipun, menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Fitur Undo Delete WhatsApp Edit Pesan Setelah Terkirim

Cara Penggunaan

Hanya dengan cara yang mudah dan sederhana, fitur WhatsApp Business Search ini bisa kita gunakan.

Pengguna, bisa mengetik nama bisnis yang ingin mereka cari maupun hubungi melalui kolom pencarian melalui aplikasi WhatsApp Business tersebut.

Setelah itu, hanya dalam waktu yang singkat, bisnis yang kita cari muncul. Sebelum peluncuran fitur ini, baik pengguna maupun perusahaan harus menggunakan cara yang kurang praktis.

Para pengguna harus mencari tahu dan kemudian mengklik tautan supaya dapat terhubung dengan akun bisnis di WhatsApp

Sementara itu para pelaku bisnis besar, harus mengumumkan kontak WhatsApp perusahaan ke situs atau media sosial.

Hal ini bertujuan supaya masyarakat bisa dengan mudah menemukan kontak WhatsApp tersebut.

Tentunya, fitur WhatsApp Business Search ini mendapatkan sambutan yang sangat baik. Pasalnya, tidak hanya memberikan kemudahan saja, melainkan juga lebih efektif dan efisien. Perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan dan pengguna bisa menemukan perusahaan yang diinginkan untuk mendapatkan produk maupun jasa. (R10/HR-Online)