Senin, November 28, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Salam, Sembuhkan Penyakit Ringan hingga Kronis

Manfaat Daun Salam, Sembuhkan Penyakit Ringan hingga Kronis

Manfaat daun salam yang dikonsumsi setiap hari dengan takaran pas bisa Anda rasakan. Daun salam selain bumbu penyedap juga kaya manfaat untuk kesehatan. Daun salam adalah salah satu tanaman yang cukup mudah ditemui dan bisa Anda jadikan obat herbal.

Baca Juga: Manfaat Daun Johar yang Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Aromanya yang khas menjadi salah satu alasan mengapa tumbuhan ini dijadikan bumbu penyedap. Meski demikian, kenyataannya daun salam juga digunakan sebagai obat herbal. Lantas apa saja manfaat dari tumbuhan yang satu ini? Simak penjelasan selengkapnya.

Beberapa Manfaat Daun Salam, Anda Wajib Tahu

Sebenarnya Indonesia kaya akan tanaman herbal dengan khasiat berbeda-beda. Bahkan obat herbal di Indonesia cukup beragam. Banyak masyarakat yang justru menggunakan obat herbal tersebut untuk membantu menyembuhkan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat dari tumbuhan ini Anda bisa mengolahnya dengan membuatnya sebagai obat herbal. Kandungan senyawa dalam daun salam cukup beragam.

Mulai dari vitamin C, tanin, serat, dan niasin. Semua kandungan dalam tumbuhan ini mampu menurunkan kadar trigliserida. Anda bisa mengolah daun salam baik sebagai teh seduh atau diminum air rebusannya.

Baca Juga: Manfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan, Efektif Mengobati Typus

Rebusan daun salam bisa berkhasiat untuk berbagai penyakit. Namun untuk mengonsumsi obat herbal ini Anda harus tahu cara mengolah dan komposisinya. Sehingga tidak menimbulkan efek samping setelah mengonsumsinya.

Mengobati Berbagai Penyakit

Salah satu manfaat daun salam yang bisa Anda dapatkan yaitu membuatnya menjadi obat herbal penyembuh asam urat. Air rebusan daun salam dapat mengatasi bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam urat.

Penyakit yang satu ini sebenarnya umum masyarakat alami. Asam urat biasanya menyerang bagian persendian.

Mereka yang menderita asam urat biasanya akan merasakan nyeri yang membuat aktivitas terganggu.

Asam urat yang tinggi akan mengakibatkan rasa nyeri yang teramat sangat sakit. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat obat herbal dari daun salam.

Selain untuk mengobati asam urat, daun salam juga bisa mengatasi penyakit lain. Mulai dari mengatasi rematik, sakit perut, telat haid, maag, dan penyakit berat lainnya.

Daun Salam Memiliki Manfaat untuk Anda yang Ingin Diet

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, daun salam juga cocok untuk menurunkan berat badan. Daun salam dipercaya mampu menghancurkan lemak berlebih dalam tubuh.

Anda bisa mencoba manfaatnya dengan cara mengunyah daun salam secara rutin setiap hari. Jika tidak cara lain Anda bisa mengolahnya terlebih dulu. Caranya siapkan 6 lembar daun salam dengan 1 liter air.

Tambahkan kayu manis bubuk dan madu murni dengan takaran masing-masing 1 sendok makan. Campurkan semua bahan dan rebus secara bersamaan.

Baca Juga: Manfaat Daun Lompong, Efektif Mengatasi Masalah Pencernaan!

Tunggu hingga mendidih dan air rebusan berubah warna. Minum air rebusan daun salam setiap pagi hari ketika perut kosong. Selain itu, daun salam juga mampu mengatasi masalah pencernaan seperti mual.

Cara Merebus Daun Salam

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menariknya lagi daun salam juga bisa berkhasiat untuk ramuan penyejuk dan pembasmi kecoa.

Tidak hanya itu saja, daun salam juga bisa bermanfaat untuk salep rubefacient sebagai zat penghangat. Zat ini berfungsi untuk dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Seperti yang telah masyarakat ketahui jika manfaat daun salam cukup beragam. Bahkan penyakit ringan hingga berat sekalipun. Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara merebusnya.

Cara ini agar Anda bisa mendapatkan khasiat daun salam secara optimal. Cukup ambil 10-15 lembar daun salam segar.

Selanjutnya bisa rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Anda bisa membuat ramuan ini secara teratur dan meminumnya setiap pagi.

Efek Samping

Jika sampai Anda salah merebus dan meminumnya bisa saja justru menimbulkan efek samping. Daun salam berisiko menimbulkan efek samping.

Adapun beberapa efek samping dari konsumsi daun salam mulai dari reaksi alergi, asma, sesak nafas, infeksi kulit, gangguan saluran pencernaan, dan radang akut pada saluran pencernaan. Hindari konsumsi daun salam secara berlebih agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Sama seperti obat herbal lainnya Anda harus bisa konsumsi dengan takaran yang tepat. Daun salam dapat mengobati berbagai penyakit termasuk ringan hingga berat sekalipun. Karena alasan inilah tidak sedikit masyarakat yang mencoba mengonsumsinya untuk bisa merasakan berbagai manfaat daun salam. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar