Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menambah RAM HP Android, Mudah Tanpa Perlu Root

Cara Menambah RAM HP Android, Mudah Tanpa Perlu Root

Cara menambah RAM HP Android sebenarnya mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas RAM di HP Android. RAM sendiri adalah komponen handphone yang kegunaannya sebagai memori penyimpanan.

Komponen tersebut punya pengaruh yang besar pada performa ponsel ketika Anda gunakan. Ya, kapasitas RAM ponsel yang kecil besar kemungkinan akan mengganggu aktivitas Anda.

RAM kecil menjadikan Anda kesulitan untuk memakai banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Kinerja aplikasi pun menjadi lambat atau lemot. Sehingga, RAM ini memiliki peranan penting pada HP Android.

Baca Juga: Memori RAM HP Penuh, Gunakan Micro SD atau Hapus Aplikasi

Cara Menambah RAM HP Android, Mudah dan Cepat

Random Access Memory (RAM) fungsinya adalah untuk menyimpan memori aplikasi maupun sistem operasi yang tengah berjalan. Memori yang tersimpan di dalam RAM sifatnya sementara.

Ketika aplikasi atau ponsel Anda matikan, maka memori di dalam RAM bakal terhapus. RAM pada HP Android tidak dapat ditambah.

Sebab, komponen RAM ini langsung ditanam pada mainboard. Apabila Anda memiliki ponsel Android dengan kapasitas RAM kecil, cara terbaik yaitu membatasi aplikasi yang berjalan pada latar belakang serta membutuhkan banyak kapasitas memori RAM.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk memperluas kapasitas RAM pada ponsel Android.

Hapuslah Aplikasi yang Membutuhkan Kapasitas RAM Banyak

Semakin banyak aplikasi yang Anda instal, kian banyak juga aplikasi berjalan di latarbelakang. Tiap-tiap aplikasi memiliki kebutuhan kapasitas memori yang berbeda-beda.

Apabila Anda ingin menambah kapasitas RA, silahkan hapus saja aplikasi yang jarang Anda pakai. Cara menghapusnya adalah dengan menginstal. 

Cara menambah RAM HP Android dengan uninstal aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada menu Setting > Manage Apps
  2. Selanjutnya pilihlah aplikasi yang hendak Anda uninstal
  3. Sebelum uninstal, bersihkan lebih dulu memori aplikasi dengan cara klik Clear Cache dan User Data
  4. Sesudahnya pilihlah Uninstal

Baca Juga: Tips Merawat HP Android supaya Awet dan Tahan Lama, Simak!

Pakai Aplikasi Cleaner

Cara menambah RAM HP Android berikutnya yaitu dengan menginstal aplikasi pihak ketiga bernama Cleaner. Biasanya, aplikasi ini sudah terinstal sebagai aplikasi default atau bawaan pada berbagai merek handphone.

Aplikasi Cleaner ini fungsinya yakni untuk menghapus memori cache aplikasi serta aplikasi yang memakan kapasitas RAM ponsel. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang.

Dengan Anda mengklik tombol bersihkan RAM, maka secara otomatis aplikasi tidak penting serta memakan RAM bakal dinonaktifkan.

Fitur satu ini juga bisa memperbaiki HP yang ngelag atau lemot. Dengan menggunakan aplikasi Cleaner, Anda bisa memperluas kapasitas RAM tanpa root.

Matikan Aplikasi Bawaan

Aplikasi default Google serta brand juga bisa memakan kapasitas RAM. Sebetulnya, tak semua aplikasi bawaan tersebut berguna. 

Terkadang, terdapat beberapa aplikasi yang tidak sering Anda pakai, namun tetap berjalan pada latar belakang. Namun sayangnya, apalikasi default tidak bisa Anda uninstal.

Cara satu-satunya yakni dengan membatasi aktivitas aplikasi default dengan memakai fitur Disable. Fitur Disable bakal mematikan aplikasi default yang berjalan pada latar belakang.

Cara satu ini cukup ampuh untuk bisa menambah kapasitas RAM pada HP Android Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuklah ke aplikasi Play Store lalu klik Ikon Profile Picture
  2. Selanjutnya pilihlah menu Help & Feedback dan pada kolom pencarian ketikkan Disable App
  3. Klik link Tap to go to Application Settings lalu pilihlah aplikasi yang dapat Anda Disable
  4. Kemudian klik tombol Disable

Pakai Fitur Extended RAM

Beberapa HP keluaran terbaru menyematkan fitur bernama Extended RAM. Fitur satu ini memiliki cara kerja yang sama seperti virtual RAM pada laptop atau komputer.

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka sebagian kapasitas ROM akan diubah menjadi RAM.

Dengan fitur Extended RAM, maka kapasitas RAM pada HP Android Anda bisa ditambah.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Swap RAM Android untuk Tambah Memori!

Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Terdengar sederhana memang, namun cara menambah kapasitas RAM pada ponsel ini wajib untuk Anda coba. Pasalnya, mengurangi widget dan live wallpaper terbukti efektif menjadikan kapasitas RAM sedikit lebih luas.

Widget serta live wallpaper, kedua fitur ini sebelumnya memang paling banyak memakan kapasitas RAM. Biasanya, widget selalu melakukan refresh secara otomatis.

Sementara itu, live wallpaper selalu aktif pada saat layar menyala. Selain memakan kapasitas RAM, kedua fitur ini juga menjadikan daya baterai ponsel cepat habis. Oleh sebab itu, lebih baik kurangi pemakaian widget maupun live wallpaper di ponsel Anda.

Cara menambah RAM HP Android bisa Anda coba di berbagai merek ponsel. Dengan tips-tips tersebut, semoga kapasitas RAM di ponsel Anda semakin lega. Sehingga, performa handphonenya pun akan meningkat dan tidak lagi lemot. (R10/HR-Online)