Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruPengertian Medan Magnet, Sejarah, dan Penerapannya di Fisika

Pengertian Medan Magnet, Sejarah, dan Penerapannya di Fisika

Pengertian medan magnet menarik untuk diketahui ketika mempelajari ilmu Fisika. Melalui pengertian, Anda bisa tahu bahwa medan magnet berbeda dengan medan listrik. Perihal informasi lengkap seputar materi dalam ilmu Fisika ini, Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan berikut.

Baca Juga: Cara Membuat Magnet Sederhana Anti Ribet, Mudah Banget!

Pahami Pengertian Medan Magnet

Tak sedikit yang salah mengartikan bahwa medan magnet sama saja dengan medan listrik. Padahal keduanya jauh berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda ketahui definisi medan magnet supaya tidak salah lagi.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa medan magnet yang ada di dalam ilmu Fisika merupakan suatu magnet yang terbentuk dengan cara menggerakan muatan listrik atau biasa kita kenal dengan arus listrik.

Hal ini bisa menyebabkan timbulnya gaya pada muatan listrik bergerak lainnya.

Masih berbicara mengenai medan magnet, pada dasarnya materi dalam ilmu Fisika ini adalah medan gaya di sekeliling benda magnetik. Bisa kita bilang medan tersebut ada di sekitar benda konduktor yang memiliki arus.

Supaya lebih mengenal pengertian medan magnet, ada baiknya untuk mencermati gambarannya. Apabila digambarkan, medan magnet ini berupa garis-garis gaya magnet yang selalu bergerak keluar dari asal kutub utara magnet. Kemudian garis tersebut masuk ke arah kutub selatan magnet.

Sejarah Medan Magnet

Setelah memahami pengertian, ada baiknya juga mengetahui sebenarnya bagaimana sejarah medan magnet. Penelitian mengenai medan magnet baru berawal pada tahun 1269 oleh Petrus Peregrinus de Maricourt.

Saat Petrus Peregrinus de Maricourt melakukan penelitian, ia memetakan dengan jarum besi dan bola magnet. Dalam penelitian ini terdapat garis bersilangan pada dua titik yang berbeda.

Lantas ia menamakan titik tersebut dengan kutub sebab memang terinspirasi dari kutub planet Bumi.

Berdasarkan penelitiannya, magnet pasti memiliki dua kutub berbeda yakni selatan dan utara. Meski terpotong sekalipun, magnet tetap memiliki dua kutub. Selang 3 abad kemudian, karya milik Petrus Peregrinus de Maricourt direplikasi oleh William Gilbert dengan cara menerbitkan De Magnete pada 1600.

Baca Juga: Contoh Gaya Magnet pada Benda yang Bermanfaat di Kehidupan

Penerapan Medan Magnet dalam Kehidupan

Pembahasan mengenai medan magnet terasa kurang lengkap apabila hanya pengertian dan sejarah saja. Oleh karena itu, pastikan Anda juga tidak melewatkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contohnya.

Motor

Salah satu penerapan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari yaitu motor. Dalam hal ini, bukanlah sepeda motor yang dimaksud, akan tetapi mesin yang bisa mengubah energi jadi gerak.

Penting untuk Anda sadari, ternyata motor memanfaatkan medan magnet agar bisa memutar poros.

Dalam melakukan kinerja tersebut, arus listrik yang bergerak mengalir ke motor cukup bervariasi.

Hal ini membuatnya bekerja sama agar terbentuk medan magnet dengan gerak naik turun. Secara tak langsung, hal ini bisa mendorong inti motor yang ada di sekitarnya.

Setelah melihat penerapan medan magnet tersebut, tentu Anda penasaran bukan bagaimana wujud motor dalam benda sehari-hari? Pada dasarnya, motor ini bisa dengan mudah kita temukan di berbagai tempat. Mulai dari motor yang ada di komputer, pintu lift, hingga mobil.

Baca Juga: Konstanta Gravitasi Bumi, Ini Dia Definisi dan Besarannya

Elektromagnet

Dari pengertian tadi, penerapan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari nyatanya tak hanya motor, melainkan juga bisa Anda lihat dari elektromagnet.

Adapun salah satu contohnya yaitu penggunaan bel yang ada di rumah. Ketika Anda menekan bel rumah, maka elektromagnet bisa menggerakkan striker agar berbunyi.

Bukan hanya bel rumah saja, elektromagnet ini juga bisa Anda temukan penerapannya dalam speaker.

Saat Anda bernyanyi ataupun sekedar berbicara melalui perangkat yang terhubung ke speaker dengan memanfaatkan bluetooth, maka elektromagnet bisa menerima iramanya. Lalu elektromagnet tersebut akan menghantarkan iramanya ke speaker.

Dalam mendukung kinerja elektromagnet tersebut, terdapat penghantar yang biasanya berupa kerucut. Penghantar ini dikendalikan dengan baik oleh arus listrik.

Mengenai letaknya, penghantar tampak melekat pada elektromagnet sehingga tak bisa terpisahkan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa medan magnet merupakan salah satu materi dalam ilmu Fisika yang menarik kita pelajari. Bagi Anda yang tertarik mempelajarinya, pastikan tidak melewatkan pengertian medan magnet lengkap dengan sejarah dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang sudah tertuang jelas pada pembahasan di atas. (R10/HR-Online)