Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruDoa untuk Anak Sakit agar Lekas Sembuh, Banjir Pahala

Doa untuk Anak Sakit agar Lekas Sembuh, Banjir Pahala

Doa untuk anak sakit perlu Anda amalkan. Pada dasarnya, ada banyak doa yang bisa Anda gunakan untuk menjaga anak sakit supaya cepat sembuh. Untuk mengetahui apa saja doa tersebut, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Amalan Doa Untuk Anak Sakit

Sakit yang anak derita itu bervariasi. Mulai dari demam, flu, batuk, pilek, diare, dan masih banyak lagi. Anak yang mengalami sakit juga datang dari beragam kalangan usia. Tak terkecuali bayi sekalipun.

Baca juga: Doa Istri untuk Rezeki Suami, Adab dan Amalan Lainnya

Apabila anak Anda tengah demam, maka bisa membacakan doa di bawah ini.

Arti dari doa untuk anak sakit demam di atas yaitu:

Sementara untuk Anda yang memiliki bayi sedang sakit, bisa berdoa dengan bacaan berikut ini.

Bacaan Surat Untuk Anak Sakit

Doa untuk anak sakit bisa Anda amalkan bersama bacaan surat-surat pendek. Adapun surat di dalam kitab suci Al Quran yang bisa Anda baca saat anak sedang sakit ialah surat Al-Fatihah. Perlu untuk Anda ketahui bahwa surat Al-Fatihah ialah surat pertama di Al-Qur’an.

Ada banyak keutamaan yang bisa Anda temukan di dalam surat Al-Fatihah. Salah satunya yaitu perlu Anda amalkan saat anak sedang sakit. Dengan membacakan surat Al-Fatihah, harapannya bisa memperbesar peluang kesembuhan pada anak.

Baca juga: Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan, Jangan Tinggalkan!

Mengenai cara mengamalkannya, Anda bisa membacakan surat Al-Fatihah langsung di depan anak yang sakit sebanyak 7 kali. Saat membacakannya, Anda perlu mengusap salah satu bagian tubuh anak yang terasa sakit. Selain itu, bisa pula mengusap kening anak yang sakit secara lembut.

Tak hanya surat Al-Fatihah, Anda juga bisa membacakan surat-surat pendek lainnya. Mulai dari surat An-Nas, Al-Ikhlas, dan Al-Falaq. Saat membacakan doa maupun surat tersebut, Anda perlu memanjatkan juga harapan kepada Allah SWT supaya anak yang sakit bisa segera sembuh dan sehat kembali.

Pahala Merawat Anak Sakit

Merawat anak sakit sudah menjadi keharusan setiap orang tua. Namun tahukah Anda bahwa kewajiban tersebut ternyata mengundang banyak pahala. Lantas apa saja pahala merawat anak sakit dalam Islam? Cek di sini!

Terampuni Semua Dosanya

Salah satu pahala yang bisa Anda peroleh apabila merawat anak sakit yaitu terampuni semua dosanya. Apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh seorang ibu. Rasa lelah dan kurang tidur demi menjaga sang buah hati agar kembali sehat pantas mendapatkan hadiah pahala tersebut.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha, Pengertian, Niat, Tata Cara Hingga Hikmahnya

Allah SWT yang Maha Pemurah dan Pemaaf akan mengampuni semua dosa pada hamba-Nya yang senantiasa taat dan ikhlas dalam melakukan berbagai hal positif di jalan Allah. Perlu untuk disadari bahwa merawat anak sakit tidaklah mudah. Untuk bisa menjaga anak yang sakit secara optimal perlu mengorbankan tenaga, pikiran, maupun waktu.

Mendapatkan 12 Tahun Ibadah

Pengorbanan seorang ibu yang menjaga dan merawat anaknya saat sakit juga bisa mendatangkan pahala berupa 12 tahun ibadah. Pahala yang sangat luar biasa bukan? Pahala tersebut pantas diberikan kepada seorang ibu yang senantiasa mengasuh, melayani, menyusui, dan mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang.

Senilai Pahala Memenuhi Tanggung Jawab

Pahala lainnya yang bisa didapatkan dari merawat anak sakit yaitu pahala telah memenuhi tanggung jawab. Dalam HR Bukhari dan Muslim telah dijelaskan bahwa pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban pada bawahan yang dipimpinnya. Hal ini tak terkecuali pada orang tua, khususnya ibu yang menjaga anaknya.

Orang tua memang wajib dan memiliki tanggung jawab penuh dalam merawat anaknya. Terlebih lagi jika sang buah hati sedang sakit. Curahkan kasih sayang supaya anak yang sakit tersebut bisa lekas sembuh.

Jangan lupa amalkan doa untuk anak sakit. Selain bertujuan supaya anak cepat sembuh, amalan ibadah ini juga mendatangkan banyak pahala. Pada dasarnya, hikmahnya bisa dirasakan di dunia maupun akhirat kelak. (Muhafid/R6/HR-Online)