Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Meningkatkan Kinerja RAM Andriod, Sangat Mudah!

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Andriod, Sangat Mudah!

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Android penting untuk Anda ketahui. RAM Android yang terjaga kinerjanya bisa memudahkan Anda dalam melakukan hal apapun. Saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki kapasitas RAM beragam. 

Smartphone sangat kita butuhkan dalam kondisi apapun dan bisa membantu untuk menjalankan aktivitas. Bahkan smartphone merupakan benda yang wajib ada dalam kehidupan saat ini.

Hal tersebut karena saat ini semua aktivitas bisa mudah Anda lakukan dengan bantuan smartphone.

Baca Juga: Cara Menambah RAM HP Android, Mudah Tanpa Perlu Root

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Android yang Mudah!

Pada saat ini sudah banyak tersebar smartphone Android dengan berbagai spesifikasi yang unggul. Selain spesifikasi yang unggul, Android juga memiliki kapasitas RAM yang beragam.

Tentunya hal ini bisa memudahkan para pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas dengan lancar. Namun, terkadang banyak orang yang mengeluhkan bahwa RAM Android mereka kurang optimal. 

Memang RAM pada smartphone Android bisa mengalami berbagai masalah dan keluhan. RAM Android yang tidak bekerja dengan lancar bisa mengakibatkan para pengguna menjadi tidak nyaman.

Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut merupakan cara meningkatkan kinerja RAM Android yang mudah:

Hapus Aplikasi yang Jarang Anda Gunakan

Aplikasi merupakan salah satu hal yang ada pada smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi kita bisa mengakses apapun sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, aktivitas sehari-hari juga bisa mudah dengan adanya aplikasi pada Android. Tetapi, mungkin terdapat beberapa aplikasi yang Anda jarang gunakan dengan berbagai alasan. 

Aplikasi yang Anda biarkan tersebut kapasitas RAM yang seharusnya bisa untuk aplikasi lainnya yang sering Anda gunakan. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya kinerja RAM.

Sebaiknya hapus atau uninstall aplikasi yang jarang Anda gunakan tersebut. Hal ini berguna untuk meningkatkan kinerja RAM pada Android.

Baca Juga: Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Tanpa Root, Cepat dan Praktis

Memanfaatkan Aplikasi Booster RAM

Cara meningkatkan kinerja RAM Android selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi booster RAM. Tidak perlu khawatir apabila kinerja Android Anda sedang menurun. Anda bisa meningkatkan kinerja RAM tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi booster RAM. 

Aplikasi booster ini bisa membantu untuk mengontrol kinerja RAM Android supaya stabil. Sehingga saat menggunakan Android yang memiliki kapasitas RAM kecil tidak akan mendapati lag pada smartphone lagi.

Untuk mendapatkan aplikasi booster RAM, Anda bisa mencarinya di Google Play Store. 

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kinerja RAM. Dengan menggunakan aplikasi booster RAM bisa menyesuaikan kebutuhan untuk meningkatkan kapasitasnya. Sehingga Android bisa lebih meningkat dan nyaman ada saat Anda gunakan.

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Wallpaper bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna Android. Apabila menggunakan wallpaper yang menarik bisa meningkatkan mood para pengguna.

Saat ini banyak berbagai jenis wallpaper dan tidak hanya berupa gambar. Terdapat wallpaper yang menarik yang bisa bergerak yaitu live wallpaper. 

Namun, apabila menggunakan live wallpaper bisa mempengaruhi kinerja RAM. Hal ini karena live wallpaper akan membutuhkan kapasitas RAM dan memori yang lebih besar daripada wallpaper biasa.

Maka dari itu, sebaiknya jangan menggunakan live wallpaper agar kinerja RAM bisa lebih meningkat. Dengan begitu Android bisa lebih meningkat performanya dan kapasitas RAM tetap terjaga.

Baca Juga: Penyebab eMMC Rusak, Cermati Baik-Baik!

Jangan Menggunakan Banyak Widget

Cara meningkatkan kinerja RAM Android selanjutnya yaitu jangan menggunakan banyak widget. Penggunaan widget pada Android merupakan hal yang penting untuk sebagian orang.

Dengan adanya widget pemilik smartphone bisa melihat agenda atau aktivitas yang harus mereka lakukan. Selain itu, juga terdapat beberapa hal yang pengguna lihat melalui widget. 

Tetapi, apabila terlalu banyak menggunakan widget pada layar utama Android tidak baik untuk kinerja RAM. Hal ini karena dengan banyaknya widget bisa menyebabkan penurunan pada kinerja RAM.

Apabila kinerja RAM Android tidak ingin menurun, sebaiknya jangan gunakan widget yang banyak pada layar. Dengan begitu kinerja RAM smartphone Android Anda bisa lebih meningkat.

Cara meningkatkan kinerja RAM Android cukup mudah. Anda bisa mengikuti berbagai cara tersebut supaya kinerja Android bisa lebih optimal. Sehingga aktivitas pada smartphone bisa lebih lancar tanpa gangguan. (R10/HR-Online)