Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruMengaktifkan Fitur NFC pada HP Android dan iPhone

Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android dan iPhone

Mengaktifkan fitur NFC sangat bermanfaat. Anda juga bisa mengaktifkan salah satu fitur yang ada di HP yaitu NFC dengan mudah dan cepat. Namun sebelumnya apa itu fitur HP NFC dan apa saja kegunaan atau fungsinya?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Fitur ini merupakan konektivitas yang berfungsi menghubungkan dua perangkat dengan mendekatkan keduanya. Jarak antara kedua perangkat tersebut biasanya hanya beberapa sentimeter saja, tidak terlalu jauh.

Biasanya HP yang memiliki fitur NFC merupakan HP kelas menengah hingga flagship. Untuk kelas flagship sepertinya sudah hampir semua HP sudah menyediakan fitur satu ini. Sedangkan pada kelas menengah ada yang sudah menyediakan namun ada pula yang belum.

Untuk mengecek HP sudah mendukung NFC atau belum ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama Anda bisa mengecek bagian belakang HP, biasanya akan ada tulisan NFC. Selain itu Anda juga bisa mengecek spesifikasi HP apakah terdapat keterangan mendukung NFC atau tidak.

Baca Juga: USB HP Tidak Terbaca di Laptop, Berikut Cara Mengatasinya

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur NFC

NFC memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan yang penting bagi para pemilik ponsel. Misalnya bisa mengirim data berupa gambar, kontak maupun video ke HP lain yang memiliki NFC. Cara kerjanya cukup mirip dengan bluetooth namun lebih lancar dan bebas gangguan.

NFT memungkinkan HP bisa tersambung ke perangkat lain dan melakukan pekerjaan dengan hanya NFC tag. NFC tag sendiri merupakan penghubung untuk menggunakan berbagai fitur di NFC. NFC tag sudah terprogram agar hadir dengan berbagai fungsi secara otomatis.

Melalui NFC tag inilah Anda bisa melakukan berbagai hal yang cukup penting. Misalnya yaitu menyesuaikan alam HP, masuk ke aplikasi tertentu, menyesuaikan volume. Kemudian bisa mengaktifkan bluetooth dan wifi dan mengubah kecerahan layar tanpa menyalakan HP.

Selain itu mengaktifkan fitur NFC juga bermanfaat untuk metode pembayaran atau NFC Payment. Dengan fitur ini Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan simpel. Anda hanya perlu menggunakan HP untuk membayar sesuatu tanpa mengeluarkan uang tunai.

Beragam manfaat tersebut tentu hanya bisa Anda dapatkan dengan menyalakan fitur NFC. Namun beberapa orang mungkin masih belum tahu bagaimana cara mengaktifkannya. Nah, berikut adalah beberapa caranya yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Alarm HP Tidak Berfungsi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengaktifkan NFC di HP Android

Untuk Anda pengguna HP Android, menghidupkan NFC bisa melalui menu pengaturan. Caranya juga sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur NFC di Android:

  • Pertama bukalah menu pengaturan atau settings pada HP Android Anda.
  • Selanjutnya silahkan cari dan pilih menu “More Settings” atau “Pengaturan Lainnya”.
  • Pada menu “More Settings” ini Anda akan menemukan adanya opsi “NFC”.
  • Jika tidak ada maka bisa saja NFC ini berada pada bagian “Pengaturan Jaringan” atau “Networks”.
  • Setelah membuka fitur NFC kemudian masuk pada bagian “Berbagai & Hubungkan” atau “Share & Connect”.
  • Selanjutnya Anda tinggal menggeser fitur NFC dengan menggeser ke posisi “On”.
  • NFC pun sudah aktif dan bisa Anda gunakan.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

NFC bukan hanya tersedia pada HP Android saja, namun iPhone juga menyediakan fitur ini. Nah berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur NFC di iPhone yang bisa Anda terapkan:

  • Pertama bukalah menu “settings” atau “pengaturan” yang ada pada HP iPhone.
  • Setelah itu cari dan bukalah menu “Control Center” atau “Pusat Kendali”.
  • Kemudian gulir ke bawah dan cari menu “NFC Tag Reader”.
  • Setelah itu Anda tinggal menggeser toggle menu NFC agar menjadi aktif.
  • Beberapa seri iPhone cara mengaktifkannya dengan menekan tombol + yang ada di bagian kiri. Setelah itu maka pusat kontrol iPhone akan muncul secara otomatis dan NFC sudah aktif.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Perangkat Lain, Mudah!

Aktifkan Melalui Shortcut

Selain mengaktifkan NFC melalui pengaturan, Anda juga bisa mengaktifkannya melalui Shortcut. Caranya cukup mudah, Anda tinggal swipe ke bawah Shortcut lalu temukan menu NFC. Selanjutnya tinggal klik menu tersebut dan NFC sudah aktif.

Itulah beberapa cara untuk mengaktifkan fitur NFC di HP Android maupun iPhone. Caranya cukup mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja. (R10/HR-Online)