Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruPerkembangbiakan Vegetatif Buatan, Ini Jenis dan Contohnya!

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan, Ini Jenis dan Contohnya!

Perkembangbiakan vegetatif buatan perlu Anda pahami. Materi perkembangbiakan berupa vegetatif buatan ini ada pada tumbuhan. Pastinya mengetahui perkembangbiakan melalui vegetatif buatan sangat penting dalam mempelajari materi biologi.

Anda pastinya sudah memahami bahwa tumbuhan termasuk jenis makhluk hidup yang pasif. Oleh karena itu, tumbuhan juga melakukan perkembangbiakan dengan berbagai cara yang cukup menarik.

Salah satu jenis perkembangbiakan yang tumbuhan lakukan adalah melalui cara vegetatif buatan Proses perkembangbiakan ini melalui cara menanam bagian dari tubuh induknya.

Baca Juga: Tanaman yang Berkembang Biak dengan Spora, Ini 7 Contohnya!

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

Tumbuhan dapat berkembang biak dengan dua cara, yakni generatif dan juga vegetatif. Generatif sendiri merupakan perkembangbiakan melalui perkawinan, sedangkan vegetatif melalui proses tanpa perkawinan.

Perkembangbiakan dengan cara vegetatif sendiri masih terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu vegetatif alami dan buatan. Kali ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai vegetatif buatan.

Vegetatif buatan merupakan jenis perkembang biakan pada tumbuhan tanpa proses kawin melalui bantuan manusia. Perkembangbiakan ini dilakukan melalui berbagai cara.

Manfaat dari vegetatif buatan ini adalah untuk menghasilkan tanaman yang lebih kokoh, pertumbuhan lebih cepat, dan juga bisa menghasilkan varian baru.

Terdapat beberapa jenis cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan, yaitu sebagai berikut:

Vegetatif Buatan Cangkok

Jenis perkembangbiakan yang pertama adalah cangkok. Cangkok merupakan cara perkembangbiakan pada tanaman yaitu dengan menanam batang atau dahan yang biasanya telah berakar terlebih dahulu.

Dahan atau batang yang telah berakar tersebut nantinya akan kita tanamkan di tempat lain. Perkembangbiakan vegetatif dengan cara mencangkok ini bertujuan agar dapat memperbanyak tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya dan cepat menghasilkan.

Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman dapat Anda cangkok. Tumbuhan yang dapat berkembang biak melalui cara ini adalah jenis tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka.

Selain itu, mencangkok juga biasanya terjadi pada tanaman berkambium, seperti tanaman mangga, jambu air, serta rambutan.

Baca Juga: Jaringan untuk Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Vegetatif Buatan Stek

Jenis perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan selanjutnya adalah stek. Perkembangbiakan ini terjadi dengan menanam bagian potongan tanaman. Baik itu berupa batang, daun, maupun akar.

Terdapat tiga macam stek, yaitu stek batang yang dapat terjadi pada tanaman ketela pohon dan sirih. Kedua stek daun yang terjadi dengan memotong dan menanam helaian daunnya, misalnya pada cocor bebek.

Sementara itu ada juga stek akar yang terjadi dengan memotong bagian akar tumbuhan. Stek akar ini biasa terjadi pada tanaman sukun.

Perkembangbiakan Vegetatif Okulasi

Kemudian ada jenis perkembangbiakan vegetatif okulasi. Jenis perkembangbiakan buatan ini terjadi dengan cara menempelkan calon mata tunas dari suatu pohon ke batang pohon lain.

Namun, syarat dari okulasi ini adalah kedua pohon tersebut masih dalam satu jenis. Okulasi dapat terjadi pada singkong mukibat ke singkong karet, belimbing, pohon mangga, dan lain sebagainya.

Perkembangbiakan Vegetatif Menyambung (Enten)

Menyambung atau enten merupakan cara proliferasi vegetatif buatan pada tanaman selanjutnya. Proses ini terjadi dengan cara menyambungkan bagian pucuk dahan atau pohon ke dahan lainnya dari tanaman yang sejenis.

Tumbuhan yang dapat berkembangbiak melalui cara menyambung ini antara lain seperti karet, durian, jambu, kopi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya, Anda Wajib Tahu!

Perkembangbaiakan Vegetatif Merunduk

Jenis perkembangbiakan tanaman vegetatif buatan yang terakhir adalah merunduk. Proses merunduk ini hanya dapat Anda lakukan pada cabang tumbuhan yang menjalan.

Nantinya, cabang tumbuhan akan dirundukkan dan dapat Anda timbun dengan tanah. Hasil dari timbunan tanah tersebut nantinya menumbuhkan akar tanaman baru.

Apabila akar yang muncul sudah cukup banyak, maka perlu memotong cabang dari induknya. Perkembangbiakan dengan cara merunduk ini dapat terjadi pada tanaman alamanda.

Itulah berbagai jenis vegetatif buatan pada tumbuhan. Dalam melakukannya, tumbuhan pastinya sangat membutuhkan campur tangan manusia.

Jika tanpa adanya campur tangan manusia, maka artinya tumbuhan melakukan proses vegetatif alami. Adapun proses vegetatif buatan ini merupakan kemajuan dalam dunia pertanian.

Melalui perkembangbiakan vegetatif buatan, manusia dapat menciptakan berbagai jenis tumbuhan baru. Nantinya tumbuhan tersebut bisa lebih sempurna dengan jangka waktu pertumbuhan yang lebih cepat dan sekaligus menjadi bahan penelitian. (R10/HR-Online)