Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita CiamisUNBK SMP Ciamis, Disdik Pinjam Komputer ke SMK

UNBK SMP Ciamis, Disdik Pinjam Komputer ke SMK

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 akan diikuti oleh 12.829 siswa kelas IX SMP dari 121 sekolah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan komputer pada saat pelaksanaan UNBK, Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis meminjam sejumlah komputer dari berbagai sekolah SMK dan juga guru-guru. Hal ini karena, perangkat komputer di beberapa SMP di Ciamis masih terbatas.

“Selain milik sekolah, beberapa perangkat untuk UNBK Ciamis juga hasil pinjaman dari SMK terdekat dan guru-guru,” kata Anto Riswanto, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Ciamis, pada koran HR, Selasa, (19/3/2019).

Menurut Anto, terdapat 26 SMP yang harus menginduk ke sekolah lain saat pelaksanaan UNBK. Hal ini karena 26 SMP tersebut belum terakreditasi. Sementara syarat sekolah yang bisa menjadi penyelenggara UNBK harus sudah terakreditasi. Diketahui terdapat 121 SMP di Ciamis yang melaksanakan UNBK, 80 SMP diantaranya merupakan SMP Negeri, sementara 41 SMP lainnya merupakan SMP swasta.

Selain komputer, kata Anto, setiap penyelenggara UNBK harus menyiapkan genset sebagai antisipasi jika terjadi putus aliran listrik karena hujan angin. Sebagaimana diketahui, Ciamis akhir-akhir ini sering dilanda hujan angin yang menyebabkan aliran listrik di sejumlah daerah di Ciamis terputus.

Anto juga menambahkan, pihaknya telah menambah dan memperkuat jaringan internet. Hal ini untuk mengantisipasi susahnya akses koneksi internet terutama di daerah pelosok Ciamis.

“Alhamdulillah kendala internet ini sudah diatasi, kekuatannya sudah ditambah. Sehingga koneksi tidak disconnect lagi, mudah-mudahan pada pelaksanaannya berjalan lancar,” kata Anto, Senin (18/3/2019).

Selain masalah perangkat pendukung UNBK, kata Anto, setiap sekolah juga sudah mempersiapkan para siswanya dengan cara mengadakan simulasi pelaksanaan UNBK. “Para siswa juga sudah dipersiapkan, sehingga pada waktunya nanti, mereka bisa mengikuti UNBK dengan hasil yang memuaskan,” tuturnya.

Persiapan-persiapan tersebut dilakukan agar pelaksanaan UNBK SMP Ciamis pada 22-25 April 2019 mendatang berjalan tanpa kendala. “Walau UNBK ini bukan lagi penentu kelulusan, namun diharapkan para siswa tetap serius mempersiapkan diri, karena UNBK ini masih menjadi indikator prestasi siswa,” pungkasnya. (Her2/R7/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru