Review HP Oppo A5s Beserta Harga Terbaru Akhir Tahun 2019

HP Oppo A5s
HP Oppo A5s. Foto : istimewa

HP Oppo A5s pertama kali datang ke Indonesia pada bulan Maret 2019. HP Oppo A5s ini membawa spek yang begitu mempesona, baik pada performa maupun fiturnya.

Smartphone besutan vendor asal China ini adalah generasi penerus dari seri A5, yang terlebih dulu hadir yakni pada Juli 2018 lalu.

Termasuk dalam A series, HP Oppo A5s ini memiliki beberapa keunggulan meski dibanderol dengan harga terjangkau. Seperti kapasitas baterai yang lumayan besar, internal memori serta sensor keamanan dan lainnya.

Untuk saat ini seri A5s ini di toko online dibanderol dengan harga kisaran Rp 1.450.000 (RAM 2 GB / 32 GB) sampai Rp 1.899.000 untuk RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Penasaran seperti apa spesifikasi yang dibawa oleh seri A5s besutan Oppo yang dijual dengan harga terjangkau ini? Berikut ulasannya.  

Layar dan Desain

HP Oppo A5s memiliki layar dengan ukuran 6,2 inci HD+, atau resolusinya 720 x 1520 piksel, dan aspek rasio mencapai 19:9 serta screen-to-body ratio 81.6 persen.

Meski layarnya masih berpanel S-IPS LCD bukan Super AMOLED, namun memiliki waterdrop screen, sehingga layarnya tampak menjadi lebih lebar. Selain itu, tampilan warnanya pun cerah dan sudah didukung proteksi Corning Gorilla Glass 3.

Sementara desainnya seperti permata yang keindahannya abadi, dengan dibalut classic color yaitu warna merah dan hitam. Warnanya tersebut memancarkan keindahan artistic nan berkelas.

Yang membikin menarik dari HP Oppo A5s ini adalah pada sisi casing belakangnya menampilkan glossy, dan itu yang membuat smartphone asal Tiongkok ini menjadi terkesan mewah serta elegan.

TCL

Sedangkan untuk dimensinya, seri A5s ini memiliki ukuran 155.9 x 75.4 x 8.2 mm, dengan berat mencapai 170 gram.

Performa HP Oppo A5s

Di sektor performa, smartphone A5s dari Oppo ini dipasang otak chipset Mediatek MT6765 Helio P35. Sedangkan untuk grafisnya mengandalkan PowerVR GE8320.

Prosesornya ini sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya, yang bisa memastikan waktu respon menjadi lebih mulus tanpa hambatan.

Diklaim pihak Oppo bahwa chip Mediatek Helio P35 ini sama dengan prosesor kelas menengah lainnya, seperti Snapdragon 636.

Selain itu, HP Oppo A5s ini juga memungkinkan Anda untuk membuka banyak aplikasi sekaligus, serta bermain game yang tidak perlu mencemaskan kecepatan pemrosesan lagi.

Pasalnya, performanya ini didukung RAM dengan kapasitas 2 GB dan 3 GB. Serta dibantu penyimpanan internal 32 GB. Dan juga terdapat pula slot microSD yang bisa mencapai 256 GB.

Melihat skor dari benchmark AnTuTu, chip dari HP Oppo A5s ini memiliki nilai yang lumayan yakni 84.082 poin.

Prosesornya ini selain sangat handal untuk bermain game, juga kelebihannya adalah mengirit daya baterai.

Untuk Anda yang doyan game tidak usah khawatir. Karena HP Oppo A5s ini sudah dipasang fitur khusus untuk aplikasi game. Salah satunya adalah fitur Game Space, yang bisa bikin performanya tetap kencang meski memainkan game berat.

Baterai

Kelebihan lainnya dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang terbilang besar. Dengan daya 4.230 mAh, maka ponsel pintar ini bisa bertahan sampai 17 jam lamanya untuk penggunaan normal, dan 13 jam lebih untuk menonton film.

Selain itu, bagian baterainya ini tersedia juga fitur fast charging 5V2A, yang bisa mengisi ulang baterai dengan sangat cepat.

Kamera HP Oppo A5s

Untuk bagian fotografi, seri A5s ini didukung dual camera (2 kamera) di belakang dan satu di depan. Kedua kamera belakangnya itu berkekuatan 13 MP aperture f/2.2 serta 2 MP (f/2.4).

Sedangkan kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 berfitur HDR, yang dipasang di notch atau poni pada layarnya dengan bentuk waterdrop atau seperti tetesan air.

Adapun fitur dan mode yang tersedia baik pada kamera belakang serta depan Oppo A5s ini, antara lain fitur LED flash, HDR, dan panorama.

Sedangkan mode yang dimiliki diantaranya, photo serta video yang bisa optical zoom 2x, serta efek bokeh. Namun kekurangannya adalah tidak tersedia fitur Night Mode serta Manual.

Sementara untuk spek lainnya, sistem operasi masih menggunakan Android 8.1 Android serta menjalankan user interface khas OPPO yaitu ColorOS 5.2

Di bagian sektor keamanan ponsel, HP Oppo A5s menggunakan sistem sensor pemindai sidik jari serta Face Unlock (pemindai wajah). Respon dari fitur Face Unlock ini bisa membuka kunci dengan waktu sepersekian detik.

Fitur khas lainnya dari HP Oppo A5s ini diantaranya, swipe-up gesture navigation, kemudian Smart Assistant. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan micro USB 2.0, dual SIM card, Bluetooth 4.2 dan lainnya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...