Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruFitur Nearby Sharing di Android, Terobosan Terbaru Google

Fitur Nearby Sharing di Android, Terobosan Terbaru Google

Fitur Nearby Sharing di Android adalah sistem terbaru yang dimunculkan Google. Sistem pengiriman data ini hampir sama dengan iPhone yang menggunakan AirDrop.

Sebelumnya, banyak orang yang mengirim file seperti gambar, suara, video dan dokumen melalui Bluetooth. Namun, pada iPhone tidak bisa mengirim data melalui Bluetooth.

Seiring kemajuan teknologi, kini pengiriman file di Android dapat memanfaatkan fitur terbaru Nearby Sharing.

Fitur Nearby Sharing di Android Pesaing AirDrop

Google akan segera menyelesaikan fitur mengirim file pesaing AirDrop yang sering digunakan oleh iPhone. Fitur terbaru ini dapat digunakan sesama pengguna Android.

Fitur Nearby Sharing di Android dapat dinikmati secara mudah oleh para pengguna. Sama halnya dengan AirDrop yang hanya membutuhkan jaringan Wifi saat akan berbagi file.

File dapat dikirim dengan mudah, cepat dan lebih efisien. Karena, para pengguna saat mengirim file tidak perlu jaringan internet.

Baca juga: Update Google Maps Untuk Fitur Baru dan Desain Antarmuka Terbaru

Fitur seperti AirDrop ini dapat digunakan untuk Android dengan nama Nearby Sharing. Layanan dengan mudah bisa didapatkan melalui Google Play pada handphone.

Google terus melakukan uji coba terhadap Nearby Sharing yang berfungsi untuk memudahkan para pengguna dalam mengirim file atau foto.

Inovasi terbaru dari Google ini telah dilakukan oleh banyak sistem antarmuka pada beberapa brand. Para pengguna dengan mudah dapat mengirim data atau file dengan perangkat di sekelilingnya atau ke perangkat yang tidak terdaftar di kontak sekalipun.

Fitur yang hampir mirip dengan AirDrop ini akan hadir dengan mode tersembunyi. Sehingga para pengguna dapat membatasi siapa saja yang dapat mengirim file.

Kemudahan Berinteraksi dengan Fitur Nearby Sharing di Android

Nearby Sharing akan memudahkan anda untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Dalam waktu dekat, fitur Nearby Sharing ini akan dirilis lewat update Google Play.

Fitur terbaru ini memungkinkan anda untuk dapat sharing dan terkoneksi dengan orang lain dan hal-hal di sekitar. Anda dapat mengaktifkan fitur Nearby Sharing di Android melalui akun Google.

Secara otomatis dan berkala, Google akan mengaktifkan mikrofon, Bluetooth, WiFi dan fitur yang serupa lainnya pada perangkat anda.

Baca juga: Fitur Verifikasi SMS Terbaru dari Google Atasi Spam

Layanan Google akan memerlukan akses seperti yang telah disebutkan di atas untuk membantu anda sharing, terkoneksi dan lain sebagainya.

Location History dan Location untuk device pada akun yang anda miliki secara otomatis juga akan aktif jika anda mengaktifkan Nearby Sharing.

Kedua layanan tersebut digunakan Google untuk menyimpan data lokasi secara berkala untuk mendukung fitur Nearby, layanan Google lainnya dan masih banyak lagi.

Kedua layanan tersebut akan saling bereaksi secara otomatis untuk koneksi satu dengan yang lainnya. Jadi, fitur Nearby Sharing akan mengetahui saat dua perangkat berada dalam area yang berdekatan.

Fitur Nearby Sharing di Android dapat digunakan sebagai media untuk sharing secara offline. Dapat pula digunakan untuk menginformasikan tentang peringatan darurat seperti cuaca buruk pada suatu tempat.

Penggunaan Nearby Sharing juga dapat dipakai saat anda berada di sebuah ruangan seperti hotel. Saat memasuki kamar hotel, maka ponsel dapat terdeteksi.

Suhu yang ada di dalam ruangan secara otomatis akan disesuaikan, saat itu juga memungkinkan untuk langsung memutar musik dengan daftar lagu favorit anda.

Cara Kerja Nearby Sharing

Fitur ini cara kerjanya cukup mudah. Pilih akun Google manakah yang akan anda transfer filenya via Nearby Sharing.

Selanjutnya aturlah visibilitas akun. Para pengguna dapat mengatur perangkatnya sendiri, apakah akun ingin dilihat semua kontak Google terdekat ataukah hanya pada perangkat tertentu saja.

Selain itu, fitur terbaru ini juga menyediakan pilihan untuk dapat mentransfer file via WiFi atau dengan menggunakan internet pada perangkat.

Baca juga: Fitur Translate Google Maps Untuk Memudahkan Para Pengguna

Bukan cuma Google saja yang membuat fitur berbagi file. Ternyata perusahaan elektronik Samsung Electronics dari Korea Selatan pun juga memproduksinya.

Telah dikabarkan jika Samsung juga akan mempersiapkan fitur terbarunya. Disamping itu, beberapa vendor handphone asal China seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi juga tengah menggarap fitur yang serupa.

Fitur Nearby Sharing di Android ini dalam proses uji coba dan akan terus diupayakan perbaikan pada beberapa sisi. Meskipun fitur ini sebenarnya telah siap untuk diluncurkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -