Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Suara Serak Berkepanjangan dan Penanganannya

Penyebab Suara Serak Berkepanjangan dan Penanganannya

Penyebab suara serak paling sering terjadi karena terlalu sering berteriak atau berbicara dengan suara keras. Namun suara serak terkadang disengaja khususnya untuk para penyanyi agar terdengar lebih merdu.

Suara serak merupakan kondisi terjadinya perubahan suara. Kondisi yang dikenal dengan sebutan hoarse voice atau hoarseness ini akibat terganggunya saluran vokalis di sekitar tenggorokan hingga pangkal paru.

Penyebab suara serak ini, menurut Wikpedia, bisa terjadi akibat disfungsi laring karena vibrasi pita suara yang berubah menjadi abnormal. Karena itu pula gangguan ini juga disebut dysphonia.

Ada beberapa kondisi suara serak yang dirasakan berlainan. Ada yang berupa suara seperti tertahan dan lemah (damped voice), gangguan untuk pengucapan artikulasi, ataupun resonansi suara yang berubah.

Faktor Penyebab Suara Serak Berkepanjangan

Ada cukup banyak faktor yang bisa memicu terjadinya perubahan suara pada seseorang. Nah, berikut ini sejumlah sebab suara serak berkepanjangan yang sebaiknya dikenali.

Karena Faktor Penyakit

Gangguan suara serak bisa karena kondisi medis atau penyakit tertentu. Seperti peradangan pada laring yang menyebabkan laringitis, disfonia spasmodik yang menyebabkan kelainan suara neurologis.

Beberapa penyakit lain juga bisa menjadi penyebab suara serak. Seperti ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas, GERD atau penyakit reflux gastroesofageal, penyakit kelenjar tiroid, kanker tenggorok, maupun penyakit neurologis.

Suara serak juga bisa terjadi akibat kista atau polip yang menyerang pita suara ataupun karena kondisi pra-kanker atau lesi kanker. Leukoplakia atau timbulnya plak putih pada laring juga menyebabkan suara berubah.

Gaya Hidup

Terganggunya pita suara lebih sering diakibatkan gaya hidup atau perilaku yang salah. Penyebab suara serak yang umum terjadi adalah karena sering berteriak secara berlebihan, dehidrasi, merokok, minuman beralkohol, atau kebanyakan makan gorengan.

Selain itu ada sejumlah kondisi yang juga ikut memicu perubahan suara. Antara lain karena faktor penuaan, alergi, melemahnya pita suara, stres, cedera leher, maupun luka akibat operasi leher.

Cara Menghilangkan Suara Serak dengan Cepat

Meskipun ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab suara serak, namun penanganan sejak dini dapat mengurangi akibat yang ditimbulkannya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan suara serak dengan cepat yang bisa dilakukan.

Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak berguna untuk meredakan ketegangan pada tenggorokan. Pilih air putih hangat yang berguna untuk membuat tenggorokan lebih nyaman dan akan mempercepat pemulihan suara.

Minum Teh Madu Hangat

Minum teh hangat juga berguna untuk meredakan sakit tenggorokan. Sebaiknya tambahkan sedikit madu atau jahe untuk menyembuhkan radang yang terjadi pada tenggorokan.

Kumur Air Garam

Jika penyebab suara serak karena terjadinya infeksi atau luka di tenggorokan, sangat disarankan untuk berkumur dengan air garam. Larutkan sedikit garam dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur sambil menengadah.

Puasa Bicara

Menahan diri untuk tidak bersuara merupakan langkah mengistirahatkan pita suara yang terganggu. Puasa bicara ini bisa dilakukan setidaknya sehari atau dua hari untuk memberikan kesempatan tubuh memulihkan diri.

Hindari Makanan dan Minuman Terlarang

Untuk menjaga pita suara agar tidak terganggu, sangat baik untuk menghindari mengonsumsi berbagai makanan dan minuman terlarang yang memicu suara serak. Diantaranya, hindari makanan gorengan, merokok, dan minum beralkohol.

Itulah berbagai penyebab suara serak berkepanjangan yang sebaiknya dikenali beserta cara menghilangkan suara serak dengan cepat. Jika kondisi tak membaik setelah tiga hari sebaiknya segara periksakan ke dokter pribadi Anda. (R11/HR-Online)

- Advertisment -