Goa Buniayu Sukabumi, Nikmati Keindahan Perut Bumi yang Eksotis

Goa Buniayu Sukabumi
Goa Buniayu Sukabumi. Foto: Ist/Net

Goa Buniayu Sukabumi menjadi pilihan destinasi wisata unik dan penuh tantangan. Dari banyaknya goa yang terdapat di Jawa Barat, Goa Bumiayu merupakan jenis goa yang menyuguhkan keindahan ornamen alami dengan suasana berbeda dari jenis goa lainnya.

Dengan menjelajahi goa ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai ornamen unik seperti garundam, drapery, stalakmit, stalaktit, dan berbagai ornamen goa lainnya.

Hal inilah yang menjadikan kesan berbeda saat anda menikmati keindahan alam goa tersebut. Maka tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini. Baik para wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama bagi mereka yang gemar dengan wisata ekstrem dan menantang.

Pesona Goa Buniayu Sukabumi

Mencari tempat wisata yang menantang adrenalin di wilayah Jawa Barat tidak terlalu sulit. Pasalnya, wilayah ini memiliki beragam jenis wisata alam, mulai dari lautan, gunung, hingga hutan.

Salah satu tempat wisata alam Jawa Barat yang cukup populer dan menjadi favorit bagi para wisatawan adalah kawasan Sukabumi.

Baca Juga: Dari Goa Bau Pangandaran Sampai Jadi Desa Wisata Nasional

Dalam kawasan ini terdapat salah satu wisata yang cukup unik dan menguji adrenalin. Wisata tersebut adalah Goa Buniayu Sukabumi. Goa ini termasuk ke dalam wisata alam yang cukup menantang dan sangat menguras adrenalin bagi para wisatawan yang datang.

Sebelum dapat menikmati keindahan wisata goa ini, para pengunjung harus melalui perjalanan yang cukup menantang pula.

Namun semuanya akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan alam pada perut bumi dan beragam hiasan ornamen yang telah terbentuk secara alami sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu.

Sejarah Goa Buniayu Sukabumi

Nama Buniayu berasal dari gabungan kata Buni dan Ayu. Buni memiliki makna sembunyi, sedangkan ayu bermakna cantik. Akan tetapi, masyarakat sekitar lokasi lebih mengenal goa ini dengan sebutan Goa Cipicung.

Baca Juga: Curug Goa Sero di Tasikmalaya Suguhkan Keindahan Alam yang Eksotis

Hal ini terkait dengan keberadaan goa yang berlokasi di Desa Cipitung. Sebelumnya, goa ini dikelola oleh Pengawas Perhutani. Akan tetapi, untuk saat ini telah terdapat operator swasta yang secara profesional mengelola wisata goa tersebut.

Penelusuran serta pemetaan goa ini dilakukan pertama kali pada tahun 1982 oleh seorang speleogiwan Indonesia, yakni Dr.R.K.T Kho bersama dengan beberapa penelusur berkebangsaan Perancis.

Hingga saat ini, terdapat 7 goa yang telah berhasil dipetakan pada wilayah Wana Wisata Buniayu. Akan tetapi, keindahan Goa Buniayu sangat terkesan dan banyak para wisatawan minati. Karena kawasan ini memiliki suasana yang lebih menarik serta khas daripada goa lainnya.

Daya Tarik Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu mempunyai luas areal kurang lebih 10 hektar. Untuk menuju goa ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Banyaknya pepohonan yang rindang, menjadikan suasana lokasi semakin asri dan menyejukkan.

Saat menjelajah goa Buniayu, wisatawan akan terpukau dengan keindahan ornamen goa yang sangat luar biasa. Terdapat beragam ornamen alami dalam goa ini seperti flowsStone, stalakmit, stalaktit, garundam, dan lain sebagainya yang sangat membuat kagum para pengunjung.

Untuk anda yang sangat gemar dengan tantangan, anda perlu coba penelusuran goa ini. Para wisatawan akan mulai turuni goa serta menelusuri sekitar 4 jam dengan perjalanan yang cukup bervariatif.

Mulai dari jalan yang berlumpur, berbatu, hingga melewati sungai dalam goa. Dalam hal ini, anda perlu berhati-hati karena medan yang cukup licin dan rawan. Goa Buniayu Sukabumi memiliki tiga zona.

Ketiga zona tersebut terdiri dari zona terang, zona senja, hingga zona gelap abadi. Pada zona terang anda akan dimanjakan oleh berbagai ornamen menarik dengan bentuk yang sangat beragam.

Baca Juga: Taman Bunga Nusantara Cianjur, Hadir dengan Konsep Unik dan Edukatif

Pada zona senja, pada lokasi ini cahaya mulai sulit untuk masuk ke dalam. Selanjutnya untuk zona gelap abadi, sesuai dengan nama, cahaya matahari sudah tak nampak sama sekali. Dalam zona ini, pengunjung sebaiknya memakai headlamp untuk memperoleh penerangan yang cukup.

Dalam goa ini, pengunjung juga dapat menemukan sedimen cantik, sangat mirip dengan koral yang pada umumnya hanya dapat anda temukan di dalam laut. Selain itu pula, terdapat sumur air asin dengan kedalaman 500 meter.

Harga tiket wisata Goa Buniayu Sukabumi cukup terjangkau. Hanya dengan biaya masuk Rp 5000 per orang. Sedangkan untuk Goa Horizontal sebesar Rp 20.000 serta Goa Vertikal+ peralatan Rp 150.000 per orang. Untuk dapat menikmati keindahan wisata goa satu, hal penting yang perlu anda persiapkan adalah kondisi fisik dan kesehatan yang prima. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang