Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro, Bawa Kamera dan Prosesor Mumpuni

Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro
Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro

Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro memang layak untuk dibahas. Pasalnya, ponsel besutan OPPO ini menjadi salah satu smartphone flagship baru yang hadir pada Maret tahun 2021 ini.

Selain itu, tidak sedikit konsumen yang menantikan kehadiran dari HP besutan vendor asal China ini. Sebab, sebelum rilis secara resmi yaitu Kamis (11/3/2021), banyak beredar bocoran spesifikasi dari Find X3 Pro.

Sebenarnya OPPO bukan hanya meluncurkan Find X3 Pro saja. Namun ada versi lainnya dari seri Find X3, yakni versi reguler, Lite dan Neo. Adapun keempat series tersebut sama-sama meluncur secara global pada Maret 2021.

Detail Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro

Jika melihat dari namanya, tentu yang versi Pro lebih baik dari reguler ataupun lite. Setidaknya ada beberapa peningkatan dari versi Pro ketimbang yang lainnya.

Baca Juga : HP Oppo Internal 256GB Penyimpanan Lega, Kinerja Ponsel Lebih Lancar

Biasanya itu terlihat pada sektor RAM, ataupun kamera. Akan tetapi, untuk Find X3 Pro ini peningkatannya adalah dari sisi RAM yang lebih besar.

Penasaran seperti apa spesifikasi dari Find X3 Pro? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Layar

Sebagai smartphone flagship, spesifikasi dari HP OPPO Find X3 Pro dari sisi layarnya memang tidak perlu diragukan lagi. Ponsel besutan asal vendor China ini mempunyai layar berukuran 6,7 inci.

Kemudian untuk resolusinya mencapai 1440 x 3216 piksel atau QHD+, dengan aspek rasio mencapai 20:9.

Sedangkan bagian panel layarnya sudah menggunakan AMOLED LTPO, mirip yang terpasang pada Samsung Galaxy S21.

Baca Juga : HP Oppo Support VR Berikan Pengalaman Game Menarik, Ini Daftarnya!

Sementara untuk refresh rate dari OPPO Find X3 Pro ini mencapai 120 Hz. Selain itu, smartphone ini juga mempunyai tingkat pengambilan contoh sentuh 240 Hz.

Keunggulan lainnya dari layarnya ini adalah sudah bersertifikat HDR10+, dan mendukung pelindung dengan menggunakan Corning Gorilla Glass.

Prosesor dan RAM

Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro untuk bagian hardware juga lebih mumpuni. Mengutip dari GSM Arena, seri terbaru ini memakai otak Snapdragon 888 (5 nm) besutan Qualcomm.

Prosesornya ini yang dipakai smartphone gaming ASUS ROG Phone 5, yang baru saja dirilis pada tahun 2021 ini.

Selain itu, ponsel lain yang memakai Snapdragon 888 adalah Xiaomi Mi 11, Black Shark 4 Series yang juga sama ponsel gaming, OnePlus 9 Series dan lainnya.

Dukungan untuk kinerja dari OPPO Find X3 Pro bagian dapur pacu, tersemat GPU atau grafis Adreno 660, dan CPU Octa-core berkecepatan maksimal 2.84 GHz.

Baca Juga : HP Oppo Speaker Stereo Terbaik, Rasakan Sensasi Musik Lebih Hidup

Sedangkan untuk RAM tersedia kapasitas 12 GB, dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Jadi, dengan perpaduan seperti itu, maka sudah pasti kecepatan atau performa dari HP OPPO Find X3 Pro ini bisa bersaing dengan smartphone flagship di kelasnya.

Konfigurasi Kamera

Sementara spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro bagian fotografi juga keren. Bahkan, kamera yang terpasang pada smartphone ini bisa menggantikan kamera DSLR.

Sebagai bukti, masih mengutip dari GSM Arena, pada bagian belakang terpasang Quad Camera dengan lensa utama beresolusi 50 MP, bukaan f/1.8 dengan bertindak sebagai lensa wide.

Selanjutnya kamera kedua berkekuatan 13 MP bukaan f/2.4 untuk telephoto yang bisa melakukan 2x optical zoom, dan 5x hybrid zoom.

Kemudian, lensa dengan kekuatan 50 MP bukaan f/2.2 bertindak sebagai lensa ultrawide, yang bisa mengambil sudut pandang sampai 110 derajat. Dan terakhir kamera 3 MP sebagai lensa makro.

Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro pada bagian kamera utamanya ini, juga menawarkan fitur EIS, OIS serta seluruh Pixel Omni-directional PDAF. Sehingga, dapat memberikan fokus yang akurat serta cepat pada semua kondisi pencahayaan.

Selain itu, kedua kamera dengan resolusi 50 MP tersebut memakai sensor besutan Sony IMX766.

Sedangkan pada bagian depan, terpasang kamera tunggal dengan resolusi 32 MP bukaan f/2.4 (wide). Kamera selfie tersebut diletakkan pada sisi sudut kiri atas. Sehingga, tidak mengganggu Anda ketika bermain game.

Baterai

Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro lainnya, pada sektor daya terpasang baterai berkapasitas 4.500 mAh. Ponsel terbaru asal China ini juga sudah tersemat fitur fast charging 65W, yang bisa mengisi ulang daya 0-40 persen hanya dalam waktu 10 menit.

Baca Juga : HP Oppo Reno5 Z 5G Untuk Milenial Dengan Spek Khusus

Selain itu itu juga terdapat Fast wireless charging 30W, yang bisa mengisi ulang daya dari 0-100 persen cukup dalam waktu 80 menit saja.

Sedangkan fitur lainnya yang OPPO X3 Pro miliki adalah Reverce wireless charging 10W, SuperVOOC 2.0 dan USB Power Delivery.

Spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro Lainnya

Dengan adanya prosesor Snapdragon 888 serta modem Snapdragon X60, maka ponsel ini juga sudah memiliki teknologi berkonektivitas 5G.

Sedangkan untuk software-nya hadir dengan OS berbasis Android 11, dan menjalankan antarmuka ColorOS 11.2.

Untuk konektivitas lainnya, Wi-Fi 6E, USB 3.1 dan Bluetooth 5.2 yang merupakan versi terbaru. Bagian sound, terpasang Speaker Stereo yang sudah memiliki sertifikat Dolby Atmos.

Selanjutnya bagian sistem keamanan ponsel menggunakan sistem pemindai sidik jari yang terpasang pada bagian dalam layar, serta sistem sensor optical.

Adapun harga dari seri Find X3 Pro yang memiliki warna Gloss Black, Blue dan White tersebut adalah 1.149 Euro atau sekitar Rp 19,7 jutaan. 

Harga tersebut untuk spesifikasi HP OPPO Find X3 Pro dengan RAM 12 GB tipe LPPDR5, serta ROM 256 GB. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto