HP Vivo X60 Series 5G, Berikan Pengalaman Fotografi Layaknya DSLR

HP Vivo X60 Series 5G
Hasil kamera HP Vivo X60 Series 5G. Foto : Vivo Indonesia

Salah satu kelebihan dari HP Vivo X60 Series 5G adalah pada bagian kameranya. Smartphone Vivo terbaru ini menyematkan berbagai teknologi premium ke dalamnya.

Tujuannya adalah untuk memberikan hasil tangkapan layaknya professional photography dan juga videography flagship smartphone.

Sementara yang membuat hasil kamera Vivo X60 Series 5G menjadi berkualitas, adalah adanya fitur teknologi kamera yaituPixel Shift Ultra HD Imaging. Fitur tersebut akan menghasilkan foto yang lebih tajam serta detail, plus warna yang lebih akurat.

Berita Terkait : HP Vivo X60 5G Tawarkan Kamera Terbaik dengan Harga Kompetitif

Sehingga, dengan adanya fitur tersebut, maka X60 Series 5G ini menjadi sebagai smartphone Vivo pertama yang membawa Pixel Shift Ultra HD Imaging. Padahal,  teknologi tersebut sebelumnya hanya ada pada kamera digital DSLR.

Hadie Mandala selaku Product Manager Vivo Indonesia mengungkapkan, bahwa pihaknya menyematkan fitur premium yang ada pada HP Vivo X60 Series 5G, karena ingin menghasilkan foto dengan detail dengan akurasi warna lebih bagus.

“Teknologi ini pada umumnya dipasang pada kamera DSLR. Kemudian, kami mencoba mengadaptasi teknologi tersebut ke X60 Series 5G,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang HR Online terima, Kamis (6/5/2021).

Hasil Fitur Pixel Shift Ultra HD Imaging pada HP Vivo X60 Series 5G

Sebagai informasi, Pixel Shift sendiri merupakan teknologi pergeseran sensor yang memastikan penangkapan gambar dengan informasi serta akurasi warna lebih baik, apabila membandingkannya dengan cara biasa.

Jadi, cara kerjanya adalah sensor kamera dengan otomatis bakal bergeser, ketika melakukan pengambilan foto yang akan menangkap lebih banyak cahaya.

Sedangkan untuk mengambil warna sebenarnya dari objek tersebut, teknologi kamera ini memakai pola Bayer, yang menggunakan rangkaian filter warna pada bagian depan sensor kamera. Sehingga cuma 1 warna yang diukur dalam setiap pikselnya.

Baca Juga : HP Vivo V21e Akan Rilis di Indonesia, Desain Elegant dan Model Tipis

Sementara pola bayer sendiri mengatur 3 warna utama, yakni merah, hijau, atau juga biru. Pola-pola tersebut mirip dengan papan catur dengan 3 warna.

Nah, cara kerja teknologi fitur Pixel Shift ini, juga sudah bekerja pada kamera HP Vivo X60 Series 5G yaitu untuk varian Pro. Sehingga, dengan begitu, ponsel ini menghadirkan terobosan baru dalam dunia fotografi dan juga videografi untuk ponsel pintar.

Selain itu, sistem fitur Pixel Shift Ultra HD Imaging tersebut berjalan bersama dengan kemampuan Gimbal Stabilization versi 2.0.

Jadi, secara teknis, HP Vivo X60 Series 5G terutama untuk yang Pro dnegan teknologi Pixel Shift,cara bekerjanya yaitu dengan menggeser sensor secara horizontal dan vertikal. Bisa mulai dari atas, kiri, kanan, dan juga bawah, sebelum akhirnya kamera smartphone ini merekam gambar.

Sementara hasil tangkapan kamera akan mengambil lebih banyak foto berbentuk raw, yang mempunyai komposisi RGB berbeda guna melengkapi satu sama lainnya.

Sehingga dengan begitu, dapat mempertajam hasil akhir supaya menghasilkan foto dengan kualitas Ultra HD.

Selain itu, melalui teknologi ini juga, HP Vivo X60 Series 5G juga dapat meningkatkan zoom digital, serta tetap menghasilkan akurasi foto yang tidak tertandingi.

Hasilnya, pengguna bakal memperoleh kesempurnaan dan juga kejernihan foto di setiap pikselnya. Terutama ketika mengambil momen lanskap, arsitektur, dan objek menarik.

Modul Kamera HP Vivo X60 Series 5G

Pada bagian depan, modul kamera Vivo X60 Series 5G ini membawa lensa dengan resolusi 32 MP. Sehingga dengan resolusi besar tersebut, bisa memuaskan Anda yang hobi selfie atau swafoto.

Baca Juga : HP Vivo Color Spectrum, Hadirkan Warna Gambar Lebih Alami dan Jelas

Sementara pada bagian belakang terpasang kamera 48 MP sebagai Main Camera (kamera utama).

Selanjutnya, kamera 13 MP sebagai lensa Portrait yang bisa melakukan 2x Optical Zoom. Lalu, kamera 13 MP Super Wide dengan Angle Camera with 2,5 cm Macro.

Selain itu, fitur khusus kamera belakangnya tersebut mendapat dukungan yang berteknologi vivo ZEISS Co-engineered Imaging System.

Fungsi dari teknologi ini yaitu untuk menjadikan fotografi pada seri X60 5G lebih bertenaga atau powerfull, dengan tampilan khas ZEISS.

Bukan hanya itu, HP Vivo X60 Series 5G terutama pada varian Pro, pun mengusung kemampuan Gimbal Stabilization versi 2.0.

Sehingga, dengan adanya Gimbal Stabilization 2.0 tersebut, dihadirkan kamera utamanya ini mampu memberikan hasil tangkapan foto ataupun video lebih stabil. Meski, ketika mengambil gambar dalam situasi guncangan atau bahkan bergerak sekalipun.

Prosesor dan Harga

Sedangkan pada sektor dapur pacunya, HP Vivo X60 Series 5G membawa chipset Snapdragon 870 5G dari Qualcomm, dengan System-on-Chip (SoC).

Dengan kemampuan chipset tersebut, Anda akan mendapatkan pengalaman ponsel pintar dengan lebih kencang serta aksesibilitas luas dengan jaringan internet 5G.

Sementara untuk ketersediaan Vivo X60 Series 5G di pasar Indonesia, bisa Anda dapatkan secara online maupun offline.

HP Vivo X60 Series 5G sendiri hadir dalam dua varian, yakni vivo X60 5G (reguler) yang harganya Rp 7.999.000, dan varian X60 Pro 5G dengan harga Rp 9.999.000. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto