Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart, Kisah Pria dan Jam Kukuknya

Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart
Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart. Foto: Ist/Net

Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart menceritakan tentang seorang laki-laki yang hidupnya bergantung pada aturan jantung buatan. Ini merupakan film fantasi yang kisahnya dengan imajinasi.

Di dalam dunia fantasi, semua hal bisa bukan sekedar ekspektasi. Bahkan kisah membuat hidup manusia dengan sebuat alat mekanis pun bisa terlaksana.

Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart

Laki-laki dalam film ini bernama Jack. Alur ceritanya bermula juga dari Jack muncul di dunia.

Tidak beda jauh dari kebanyakan film fantasi lainnya. Film ini mengangkut cerita yang kerap tidak masuk di logika manusia.

Seseorang mampu bertahan hidup dengan jantung jam kukuk, bidan yang menenggak alkohol dari fermentasi air mata, hingga pada kereta yang penghubung antar gerbongnya elastis bisa bertambah panjang.

Baca Juga: Sinopsis Spooks The Greater Good Tentang Penangkapan Teroris

Kendati demikian, alur yang menjadi permainan film ini tidak receh. Mengambil latar belakang di negara Eropa, film ini sangat recomended untuk Anda saksikan sampai purna.

Plot Awal

Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart kisah ini bermula di tahun 1847 sekitar akhir abad ke-19. Di sebuah tempat Edinburgh, Skotlandia, ketika hari sedang terasa begitu dingin dan membekukan.

Bahkan hewan banyak yang mati karena beku. Pada hari itu seorang ibu hendak melahirkan. Pada akhirnya, Bidan jenius bernama Madeleine menolongnya.

Dengan bantuan Madeleine, lahirlah Jack. Namun karena hari itu adalah hari terdingin, ada kesalahan pada salah satu organ Jack.

Ia terlahir dalam keadaan jantungnya yang membeku dan membutuhkan jantung pengganti untuk bisa hidup. Bidan Madeleine pun bertindak.

Ia memotong jantung Jack yang beku dan mencangkoknya dengan sebuah jam kukuk (Cuckoo-Clock Heart).

Sementara ibu Jack telah mempercayakan sepenuhnya kepada bidan tersebut dan akhirnya meninggalkan Jack. Seiring berjalannya waktu, Jack tumbuh besar di naungan sang bidan.

Menuju Klimaks

Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart selanjutnya menceritakan kehidupan Jack bersama bidan.

Di sana ia besar bersama saudara-saudaranya yang lebih mirip dengan mayat hidup atau zombie. Kendati demikian, Jack tetap merasa bahagia dengan kehidupannya.

Hingga pada suatu ketika, rasa keingintahuan Jack akan dunia luar sungguh menggelora. Awalnya , Madeleine tidak mengizinkan.

Tetapi bagaimanapun, Jack tetaplah seorang manusia. Bidan Madeleine luluh dan melepas Jack untuk pergi ke kota.

Sebelum keberangkatan Jack Madeleine mewanti-wanti untuk tidak sekali-kali melanggar aturan Cuckoo-Clock Heart (jantung cangkok). Ada tiga aturan yang harus Jack patuhi sehingga bisa tetap hidup dengan jam kukuknya.

Baca Juga: Sinopsis No Tears for The Dead, Pembunuh Bayaran Berhati Dingin

Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart menceritakan aturan tersebut adalah, pertama, ‘tidak boleh menyentuh jam tersebut dengan tangan, harus mempunyai cukup sabar dan kontrol amarah, serta tidak boleh jatuh cinta.’

Apabila aturan tersebut tidak Jack tepati, maka akan berakibat fatal pada hidup Jack. Detakan jantung yang melebihi volume atau bahkan kematian.

Klimaks Alur

Jack mulai menjalani kehidupannya di dunia luar. Dengan teman-temannya dan Madeleine, Jack tetap berkomunikasi melalui merpati pos.

Kehidupan Jack yang baru di dunia luar ini berjalan baik-baik saja. Meski kadang ia harus menjadi bahan bulan-bulanan oleh teman di sekitarnya. Sampai di titik itu Jack masih bertahan hidup dengan Cuckoo-Clock Heart.

Dalam sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart diceritakan tentang keadaan yang mulai berubah ketika pertemuan Jack dengan seorang gadis.

Sontak, pertemuan tersebut berhasil mengacak-acak debar jantung Jack, hingga ia pingsan. Untung, ia masih bisa diselamatkan.

Semenjak kejadian tersebut, Jack tidak bisa menahan gejolak jiwanya untuk menemui gadis tersebut. Gadis dengan mata berbinar yang bernyanyi di sudut jalan, bernama Accacia.

Tekad Jack untuk mendapatkan Accacia membuatnya harus melakukan pengejaran hingga melintasi benua Eropa. Menuju Andalusia, membuktikan ketahanan Cuckoo-Clock Heart sebagai jantung daruratnya hingga titik darah penghabisan.

Tentang Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart

Film Jack and the Cuckoo-Clock Heart adalah film yang mengadopsi alur dari sebuah novel bertajuk ‘La Mecanique du coeur‘. Sebuah novel buah tangan Mathias Malzieu yang merupakan lead singer band rock Dionysos.

Baca Juga: Review Film Recalled, Antara De Javu dan Halusinasi

Mathias Malzieu bahkan juga orang yang menulis skrip dan menyutradarai bersama Stephane Berla untuk produksi film ini. Bekerjasama dengan Studio Duran Duboi, film ini berhasil mendapatkan rating 7/10.

Film ini rilis pada tanggal 5 Februari 2014 dan mendapatkan penghargaan untuk nominasi Film Fitur Animasi Eropa 2014. Sulih suara dalam film bergenre fantasi-petualangan animasi ini diisi oleh Mathias Malzieu, Olivia Ruiz dan Jean Rochefort.

Itulah sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart. Bagi Anda penggemar film, rekomendasi yang satu ini tidak akan mengecewakan hari dan waktu luang Anda, tentunya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)