Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruSpeedometer Sepeda Motor Macet, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Speedometer Sepeda Motor Macet, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Speedometer sepeda motor macet memang tidak secara langsung akan mempengaruhi terhadap kemampuan motor. Sehingga banyak yang mengabaikan masalah kerusakan pada alat ukur kecepatan tersebut.

Kerusakan pada speedometer tidak akan berdampak besar bagi performa motor ketika melaju di jalanan. Namun, speedometer juga memiliki peran penting untuk memberikan informasi mengenai kecepatan kepada pengendaranya.

Selain itu, alat pengukur kecepatan tersebut juga memberikan informasi mengenai ketersediaan bahan bakar dalam tangki. Termasuk indikator lain, seperti lampu sein dan lampu utama menyala.

Oleh sebab itulah, selain melakukan perawatan mesin, pengendara juga perlu memperhatikan peranti ini.

Apabila speedometer sudah terlihat menunjukkan tanda-tanda adanya kerusakan, bahkan sudah tidak berfungsi lagi, sebaiknya segera perbaiki.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kerusakan yang terjadi pada speedometer motor. Untuk mengetahui apa saja caranya, yuk, langsung simak saja ulasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Menyetel Rantai Keteng yang Kendur pada Sepeda Motor

Cara Perbaiki Speedometer Sepeda Motor Macet

Cek Kabel Speedometer

Untuk mengatasi kerusakan speedometer motor, hal yang pertama harus kamu perhatikan adalah mengecek bagian kabelnya.

Coba cek dengan teliti bagian kabel speedometer sepeda motor kamu. Cara ini untuk mengetahui apakah tidak berfungsinya itu karena ada kabel yang putus, tertekuk, tertarik, mengalami goresan, atau terselip.

Kalau masalah yang kamu temukan itu karena adanya kabel yang rusak akibat tergores, maka kamu bisa langsung memperbaiki menggunakan isolasi berbahan karet. Dengan begitu fungsi speedometer motor pun bisa kembali normal.

Speedometer sepeda motor macet juga sering terjadi akibat ada bagian kabelnya yang mulai berkarat. Masalah ini disebabkan air masuk ke dalam kabel, tapi bisa juga akibat usia kabel sudah tua, sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor

Jika kamu ingin mengetahui apakah yang menjadi kendalanya adalah karat, coba kamu lepaskan kabelnya dari gearbox ke sumbu ban.

Kemudian, tarik kabelnya secara perlahan. Saat kabel ditarik lalu tersendat, maka yang menjadi penyebab masalah ini adalah kabel berkarat.

Periksa Speedometer

Jika kamu tidak menemukan adanya kerusakan di bagian kabel, dalam mengatasi speedometer sepeda motor macet ini kamu juga bisa mengatasinya dengan cara memeriksa speedometer terlebih dahulu.

Karena besar kemungkinan bagian tersebut yang perlu kamu cek. Terlebih sekarang ini ada beberapa jenis alat pengukur kecepatan yang digunakan sepeda motor.

Baca Juga : Yamaha XT500 H20 Sepeda Motor Bertenaga Air, Benarkah Meluncur?

Biasanya motor yang menggunakan speedometer digital kerap mengalami kerusakan akibat akinya yang harus ganti.

Berbeda dengan motor yang menggunakan speedometer analog. Penyebab speedometer sepeda motor macet biasanya jauh lebih rumit.

Masalah yang kerap terjadi adalah spring atau pegas dalam speedometer lepas atau sudah lemah. Hal ini menyebabkan informasi kecepatan dari alat ukur tersebut menjadi tidak akurat. Sehingga arah jarumnya pun tidak sesuai.

Penyebab lain speedometer sepeda motor macet bisa juga akibat pengendaranya sering melewati jalanan yang berlubang dengan kecepatan tinggi. Akibatnya guncangan akan mempengaruhi speedometer.

Selain itu, timbulnya masalah karat dalam speedometer motor juga bisa menjadi faktor penyebab komponen tersebut menjadi tidak berfungsi secara normal. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img