Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruUbah JPEG ke JPG Lebih Praktis, Kualitas Gambar Dapat Dipertahankan

Ubah JPEG ke JPG Lebih Praktis, Kualitas Gambar Dapat Dipertahankan

Ubah JPEG ke JPG dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah dan praktis. Format gambar Joint Photographic Experts Group (JPEG) serta Joint Photographic Group (JPG) menjadi format gambar standar pada sebuah foto.

File jenis ini sangat mudah diakses pada perangkat HP atau PC tanpa perlu adanya aplikasi lain. Kedua jenis file ini memang mempunyai nama hampir sama, namun memiliki sedikit perbedaan.

Penggunaan nama JPG tersemat dengan alasan Windows versi terdahulu hanya memerlukan penamaan file ekstensi yang terdiri dari 3 huruf saja. Dengan kata lain, JPG merupakan versi lebih singkat dari JPEG.

Seringkali para pengguna harus melakukan perubahan pada beberapa format dari JPG ke JPEG atau sebaliknya dengan tujuan tertentu. Dengan alasan lain karena ketentuan format gambar yang dapat terunggah dari suatu situs.

Bahkan saat ini banyak terdapat situs web online, aplikasi smartphone, hingga software PC yang dapat dengan mudah mengubah format gambar ini.

Baca Juga: Ubah Word ke JPG Secara Praktis, Ikuti Langkahnya Berikut Ini!

Mengetahui Cara Ubah JPEG ke JPG Mudah dan Praktis 

Format gambar JPEG serta JPG seringkali diubah. Format JPG ada pada awal tahun 90an saat ekstensi file memperoleh batasan ke-3 karakter serta karakter “E” pada JPEG dibuang.

Akan tetapi, jika para pengguna telah menerima JPEG serta ingin mengubahkan ke format JPG, hal ini dapat mereka lakukan dengan dua cara.

Langkah pertama dengan menghapus E dari ekstensi secara manual dari nama file tersebut. Apabila tidak dapat dilakukan karena adanya sistem yang Anda miliki, maka terdapat alat konversi JPG online terpopuler yang bisa kita manfaatkan.

Mengenal Format JPG dan JPEG

JPG serta Joint Photographics Expert Group merupakan format gambar serupa yang pengembangannya sejak tahun 1986. Kemudian pada tahun 1992 versi ISO Standar dari format JPEG resmi rilis.

Masyarakat dunia pun dapat memanfaatkannya secara umum. Pada awal kemunculannya, format JPEG hanya dapat terbaca oleh perangkat Macintosh.

Sedangkan untuk komputer dengan sistem Windows belum dapat membaca format tersebut. Pasalnya, sistem hanya dapat membuka file dengan format atau ekstensi tiga huruf saja.

Oleh karena itu, foto berformat JPEG dapat kita ubah menjadi JPG dengan tujuan agar dapat terbaca oleh perang komputer berbasis Windows.

Saat ini baik pada perangkat Windows juga Macintosh sudah bisa membaca foto dengan format JPEG serta JPG.

Baca Juga: Cara Mengubah PDF ke JPG dengan Mudah Secara Online dan Offline

Cara Ubah JPEG ke JPG di HP Android

Adapun langkah-langkah untuk mengubah format JPEG ke JPG pada perangkat Android antara lain:

  1. Langkah pertama, silahkan buka file manager atau penyimpanan
  2. Selanjutnya pilih gambar JPEG yang akan Anda ubah, selanjutnya unggah ke area converter. Dalam hal ini, Anda dapat mengunggah file dalam jumlah tidak terbatas
  3. Berikutnya, klik tombol “konversi” serta tunggu proses konversi semua file selesai
  4. Dengan langkah ubah JPEG ke JPG di atas, maka Anda pun dapat mengunduh semua gambar ke dalam format JPG secara terpisah atau satu arsip ZIP.

Dengan proses cepat, platform aman, serta kemampuan konversi yang cepat, maka Anda dapat melakukan proses konversi hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Selain itu, ukuran file serta kualitas gambar dapat kita pertahankan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas gambar yang Anda konversi.

Baca Juga: Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP Android, Presentasi Jadi Efektif

Kelebihan Format JPG

Selanjutnya JPG mempunyai beberapa kelebihan. Keuntungan utama dari format JPG antara lain memungkinkan para pengguna untuk memproses gambar. Selain itu, secara signifikan mengurangi ukuran file.

Kompresi dapat bekerja secara berbeda sesuai dengan objek yang ada. Sekarang ini, format JPG memungkinkan untuk penggunaan kompresi lossless.

Format JPG pun telah banyak pengguna manfaatkan. Selain itu, juga telah menjadi salah satu format image yang paling umum pengguna manfaatkan di internet.

Bahkan jadi standar global yang telah diterima dengan umum. Tidak heran jika banyak pengguna ubah gambar dari format JPEG ke JPG.

Dengan mengikuti beberapa langkah ubah JPEG ke JPG pada file gambar yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu khawatir untuk unggah dengan ukuran besar pada perangkat. Proses konversi pun cukup mudah dan cepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -