Senin, Januari 24, 2022
BerandaBerita TerbaruLenovo Thinkpad Z13 Diluncurkan dengan CPU AMD Ryzen Terbaru

Lenovo Thinkpad Z13 Diluncurkan dengan CPU AMD Ryzen Terbaru

Lenovo ThinkPad Z13 meluncur menjelang CES 2022. Produsen laptop China Lenovo telah menghadirkan model notebook terbarunya.

ThinkPad Z13 berbekal CPU AMD eksklusif opsional. Selain ThinkPad Z13, dalam waktu bersamaan juga meluncur ThinkPad Z16.

Lini ThinkPad dengan model tipis dan ringan berpadu warna yang funky. Kemasannya ramah lingkungan, sedangkan tampilannya begitu modern.

Detail Spesifikasi Lenovo Thinkpad Z13 

Dalam CES 2022, Lenovo menambahkan seri-Z baru ke jajaran ThinkPad. Dua perangkat pertama yang meluncur di bawah Z-series adalah ThinkPad Z13 dan ThinkPad Z16. 

Perangkat ini bertenaga prosesor AMD Ryzen PRO 6000 Series terbaru. Kemudian terdapat kelengkapan berupa chip keamanan Microsoft Pluton terintegrasi. Berikut spesifikasi lengkap dari Lenovo ThinkPad Z13.

Baca Juga: Realme Book Enhanced Edition Rilis, Suguhkan Intel Core i5-11320H!

Desain

ThinkPad Z13 kini tidak mengusung konsep yang sama urusan desain dari seri pendahulunya. Dahulu menggunakan sasis plastik, Trackpoint merah, dan keseluruhan desain yang menekankan kepraktisan. 

Namun Lenovo ThinkPad Z13 ini menggunakan material aluminium daur ulang. Sandaran tangannya berbahan kaca. 

Sedangkan penutup layar tersedia versi kulit vegan dan custom model dengan pelek logam perunggu. Desainnya memakai two tone dengan palmrest warna hitam untuk semua model. 

Notebook Lenovo hingga saat ini masih menjadi salah satu laptop paling populer. Meskipun saat ini banyak model yang jauh lebih ramping. 

ThinkPad Z13 datang dengan layar sentuh IPS OLED 13,5 inci dan resolusi 2,8K (2.880 x 1.620 piksel). Kemudian kecerahan puncak mencapai 400 nits, screen-to-body ratio 91,6 persen, dan rasio aspek 16:10.

Perlu Anda ketahui, perangkat ini mempunya mode emisi cahaya biru rendah. Bahkan mendukung penglihatan Dolby. Perangkat juga lengkap dengan sistem speaker dukungan Dolby Atmos. 

Dalam hal dimensi, laptop ini memiliki ukuran 294,4 mm × 199,6  × 13,99 mm. Kemudian untuk bobotnya 1,25 kg.

Baca Juga: Asus Vivobook Pro 14X OLED Hadir Untuk Para Kreator, Ini Kelebihannya

Pada penutup kamera, terlihat di bagian atas tutupnya. Spesifikasi kamera dan microfonnya terukir di bagian luar. Tampilan seperti ini terbilang sangat berani, namun tetap elegan.

Performa

Perangkat keras pada mesin Lenovo Thinkpad Z13 terdiri dari prosesor AMD Ryzen Pro U-Series atau prosesor eksklusif AMD Ryzen 7 PRO 6860Z. Kemudian mendapat dukungan RAM LPDDR5 32 GB dan penyimpanan SSD PCIe Gen 4 hingga 1TB.

Pengaturan seperti ini sebelumnya belum pernah Lenovo aplikasikan untuk ThinkPad kelas atas. Sementara itu, sejumlah model Lenovo menyertakan opsi AMD dan Intel.

Lalu sebagian besar untuk seri X1 berupa Intel-eksklusif dan konsumen rekayasa bersama dengan Intel. 

Pada sektor daya, Lenovo membenamkan baterai sebesar 50 Wh pada ThinkPad Z13. Anda tidak perlu menunggu lama-lama untuk dapat mengisi energi secara penuh. Sebab, terdapat dukungan pengisian cepat Rapid Charge. 

Fitur Tambahan

ThinkPad Z13 sudah mengintegrasikan pembaca sidik jari match-on-chip Lenovo ke dalam keyboard. Lalu memakai prosesor keamanan Microsoft Pluton dan teknologi peredam bising Dolby Voice AI.

Menariknya lagi, perangkat ini juga lengkap dukungan webcam infrared full-HD yang terintegrasi ke dalam perangkat dengan aperture f/2.0. Selain itu, diaplikasikan dengan fungsionalitas eShutter. 

Webcam ini tersembunyi sepenuhnya di bawah layar. Sehingga kinerja webcam menjadi prioritas sebagian besar target Lenovo. Lenovo ThinkPad Z13 juga mempunyai mikrofon dual- array untuk aktivitas input audio.

Fitur lain yang tersedia dari laptop ThinkPad Z13 adalah Wi-Fi 6 E, LTE 4G, dan jack headphone 3.5 mm. Ini menjadi olahraga keyboard backlit dan dua port USB 4.0 Type-C.

Salah satu kelebihan dari perangkat ini, pengguna dapat mengakses cepat ke Communication QuickMenu dengan mengetuk dua kali ikon TrackPoint. Sehingga akan terbuka akses menuju pengaturan kamera dan mikrofon umum. 

ThinkPad TrackPoint merah bukan bagian dari tombol mouse khusus. Namun, Lenovo menempatkan trackpad yang lebih besar dengan tombol TrackPoint terintegrasi. 

Baca Juga: Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Agar Produktif, Ini Caranya!

Konsep seperti ini pernah Lenovo terapkan sebelum ThinkPad generasi 2013. Lalu kembali ke tombol TrackPoint khusus dengan ThinkPad 2012. Namun, kali ini Lenovo ThinkPad memakai Haptic Forcepad dan bukan solusi mekanis. 

Harga dan Ketersediaan

ThinkPad Z13 dibanderol dengan harga mulai dari $1.549. Varian warna yang tersedia sangat cantik dan unik. Terdapat dua opsi pilihan warna, yakni Arctic Grey dan Bronze.

Jika Anda berencana memiliki laptop impian dengan CPU AMD Ryzen terbaru, ThinkPad Z13 menjadi salah satu pilihan terbaik. Namun, Lenovo mengumumkan jika model ThinkPad Z13 dan ThinkPad Z16 akan mulai dijual Mei 2022 mendatang. (R10/HR-Online/Editor-Ndu) 

- Advertisment -