Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengaktifkan Back Tap iPhone, Simak Tutorial Lengkapnya!

Cara Mengaktifkan Back Tap iPhone, Simak Tutorial Lengkapnya!

Cara mengaktifkan back tap iPhone dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Back Tap atau Ketuk Bagian Belakang adalah salah satu fitur pintasan yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iOS 14

Para pengguna dapat mengatur pintasan seperti volume, silent, screenshot, mengunci iPhone dan lain sebagainya hanya dengan mengetuk atau tap dengan jari di bagian belakang iPhone. Lakukan ini dua atau tiga kali sesuai pengaturan yang sudah dibuat.

Namun fitur ini hanya terdapat pada beberapa model iPhone saja. Seperti iPhone 8, iPhone X, iPhone 11, iPhone 12 dan seterusnya.

Baca Juga: Cara Buat Wallpaper Bergerak di iPhone, Mudah dan Simple!

Cara Mengaktifkan Back Tap iPhone Mudah

Back Tap dapat menjadi cara yang tergolong mudah agar bisa memaksimalkan fungsi iPhone sepanjang waktu hanya dengan menggunakan ujung jari. Dengan kata lain, fitur ini dapat memudahkan para pengguna iPhone saat ingin mengakses fitur yang terdapat dalam perangkat hanya dengan cara mengetuk belakang ponsel saja.

Seperti yang telah tertulis sebelumnya fitur ini mulai tersemat pada iOS 14. Maka untuk dapat mengaktifkan back tap dengan cara mudah dan dapat berfungsi dengan baik, maka pengguna harus menggunakan perangkat paling tidak iPhone 8 yang peluncurannya sejak lima tahun lalu.

Pengaturan fitur ‘Back Tap’ dapat dilakukan bagi mereka yang merupakan pengguna iPhone yang telah menjalankan iOS 15.4.1. atau minimal iOS 14. Pengguna dapat memilih Ketuk Dua Kali atau Ketuk Tiga Kali untuk mengatur fungsi khusus gerakan tersebut.

Untuk ketuk dua kali atau tiga kali, maka Anda akan memiliki banyak opsi. Intinya akan terdapat banyak  hal yang dapat Anda lakukan hanya dengan mengetuk bagian belakang iPhone milik Anda.

Baca Juga: Cara Install File APK di iPhone Bisakah Dilakukan? Simak Ulasan Lengkap!

Fungsi atau Cara Kerja Fitur Back Tap iPhone

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Fitur ‘Back Tap‘, tidak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana fungsi atau cara kerja dari fitur ini. Dapat Anda tahu bahwa Fitur Back Tap juga bisa meluncurkan Accessibility Shortcut.

Sehingga fitur lain dapat disesuaikan pada menu accessibility yang memiliki satu atau lebih fitur aksesibilitas agar bisa digunakan ketika Anda klik tiga kali tombol yang ada pada samping ponsel.

Selain itu, Anda juga bisa menetapkan fitur ini ke ‘Back Tap‘, dan Anda cukup mengaturnya terpisah. Cara melakukannya sebagai berikut: Buka ‘Setting’ > ‘Accessibility’ > ‘Scroll down’ pada bagian General serta pilih ‘Accessibility Shortcut’ > kemudian pilih opsi yang ingin Anda tetapkan sebagai ‘shortcut’

Apabila Anda memiliki beberapa fungsi yang ditetapkan, maka sebuah menu akan muncul. Menu tersebut meminta Anda untuk memilih satu saat Anda meluncurkan Accessibility Shortcut, baik dengan mengklik tiga kali tombol samping atau menggunakan ‘Back Tap‘.

Langkah Mengaktifkan Fitur Back Tap

Berikut ini cara mudah untuk mengaktifkan fitur Back tap antara lain:

  • Pastikan iPhone yang Anda gunakan telah memperoleh update iOS versi 14 ke atas
  • Berikutnya silahkan buka menu pengaturan atau Settingan yang terdapat di perangkat iPhone Ada
  • Kemudian pilih opsi yang Accessibility.
  • Setelah itu, Anda dapat gulir ke bawah untuk menemukan opsi Back Tap.
  • Langkah selanjutnya pilih salah satu Double Tap atau Triple Tap sesuai dengan preferensi Anda.
  • Cara terakhir untuk mengaktifkan back tap iPhone adalah dengan memilih tugas yang ingin Anda lakukan menggunakan fitur Back Tap. Maka sejumlah opsi akan tersedia bagi pengguna untuk dipilih.

Baca Juga: Cara Merekam Suara di iPhone yang Paling Mudah, Pemula Wajib Tahu!

Cara Menyesuaikan Fitur Back Tap iPhone

Setelah mengaktifkan Back Tap yang memiliki fungsi sebagai shortcuts, Anda juga dapat menggunakan cara lain untuk menyesuaikan fitur ‘Back Tap’ iPhone antara lain:

  • Anda dapat mengakses fungsi sistem seperti menyalakan senter, meluncurkan kamera mengambil tangkapan layar, atau mematikan ponsel. Ini semua merupakan cara terbaik untuk akses cepat.
  • Terdapat pula opsi aksesibilitas. Anda dapat menggunakan speak screen agar bisa membaca teks di layar. Sedangkan magnifier untuk menggunakan kamera ponsel Anda sebagai kaca pembesar, atau background sound yang berfungsi untuk memutar white noise.
  • Selain itu, Anda juga dapat scroll up atau scroll down dengan menetapkan fungsi tersebut ke ‘Back Tap’.

Setelah semua cara mengaktifkan Back Tap iPhone Anda lakukan dengan benar. Maka cobalah untuk mengujinya dengan mengetuk dua kali atau tiga kali pada bagian iPhone Anda. Dengan menggunakan case tambahan pada iPhone Anda, mungkin akan dapat mengurangi sensitifitas pada pola ketukan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap fitur satu ini. (R10/HR-Online)