Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Melihat Petir yang Mudah untuk Dihafalkan dan Amalkan

Doa Melihat Petir yang Mudah untuk Dihafalkan dan Amalkan

Doa melihat petir menjadi salah satu ketentuan yang berlaku dalam ajaran Islam. Seperti yang kita ketahui bahwa Islam merupakan agama yang sempurna.

Segala sesuatu itu memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku supaya kita mendapatkan hikmah, keberkahan, ataupun pahala. Tidak bertujuan untuk mempersulit seseorang.

Apakah yang akan kita dapatkan ketika berdoa saat melihat petir? Petir merupakan salah satu fenomena alam.

Ketika kita melihat fenomena alam tersebut kita akan mendapatkan hikmah. Bahwa tidak ada yang berkuasa kecuali Allah Yang Maha Kuasa.

Petir yang dahsyat tersebut juga kita sadari bahwa itu merupakan salah satu kekuasaan Allah SWT. Sehingga dengan melihat kekuasaannya tersebut kita tidak diam saja melainkan harus berdoa.

Apakah petir itu tidak dapat memberikan dampak negatif terhadap kehidupan manusia? Tentu saja bisa. Pasalnya terdapat beberapa peristiwa yang mengakibatkan hilangnya nyawa karena tersambar petir.

Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa tumbuhan juga yang terbakar karena dahsyatnya kuasa Allah tersebut.

Maka dengan demikian itu, kita berdoa ketika ada petir. Kita juga memohon perlindungan kepada Allah yang sudah menciptakan petir tersebut. Agar kita dapat terlindungi dari marabahaya.

baca juga: Amalan Setelah Sholat Maghrib Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Doa Melihat Petir yang Mudah Dihafalkan

Sebelum membahas mengenai bagaimana lafadz doa yang harus kita ucapkan ketika melihat petir, umat Islam itu meyakini petir tidak hanya sebagai peristiwa alam saja.

Pasalnya Allah sendiri mengabadikan petir tersebut dalam Al Quran surat ke-13 yakni surat Ar Ra’du. Selain Ar Ra’du, petir juga dengan istilah ash-showaiq dan al-barq.

Para ahli tafsir mendefinisikan bahwa ar-radu itu lebih dekat dengan suara petir ataupun geledek. Sedangkan ash-showaiq dan al-barq istilah kilatan petir yang cahayanya muncul beberapa saat sebelum adanya suara petir itu sendiri.

Karena merupakan salah satu bentuk kuasa Allah, maka kita dianjurkan untuk berdoa. Terlebih lagi Petir juga dapat membahayakan.

Tidak hanya itu saja, salah satu alasan yang mendasari mengapa kita harus membaca doa melihat petir adalah karena petir tersebut sangat dahsyat.

Merupakan bentuk tasbih dari para malaikat penjaga langit seperti yang sudah disebutkan dalam Al Quran, Quran Surat Ar Ra’du ayat 13.

Artinya adalah, “Kemudian guru bertasbih kepadanya, dengan demikian itu pula para malaikat takut kepadanya. Lantas Allah melepaskan halilintar dan menimpakan kepada siapapun yang Allah kehendaki, sementara mereka masih berbantah-bantahan mengenai Allah, padahal Allah yang Maha keras siksaannya.”

baca juga: Doa Sapu Jagat di Hari Tasyrik Amalkan! Berikut Lafadz dan Artinya

Hadits Tirmidzi

Bukan hanya itu saja. Dalam hadits riwayat Tirmidzi juga menjelaskan, Jika Ar-Ra’du itu adalah malaikat yang mempunyai tugas mengurus awan serta persamaannya penguraian dari api yang dapat memindahkan awan sesuai dengan perintah Allah.

Ar-ra’du sendiri merupakan masdar yang berasal dari kata ro’ada, yar’ adu, ra’dan maknanya adalah gemuruh.

Seperti yang sudah kita ketahui juga yang namanya suatu gerakan itu pastinya akan menimbulkan suara. Sedangkan malaikat itulah yang menggerakkan dengan cara menggetarkan awan.

Kemudian dipindahkan dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Secara umum, Ar-ra’du itu malaikat yang mempunyai tugas mengatur awan ataupun suara dari malaikat tersebut yang sedang bertasbih dan mengatur awan.

Namun mengenai petir ini juga, Ibnu Abbas menambahkan, sesungguhnya petir itu merupakan malaikat yang membentak guna mengatur hujan seperti penggembala ternak yang membentuk hewannya.

Ternyata definisi petir juga berbeda-beda. Sama seperti halnya dengan doa melihat petir tidak hanya terdiri dari satu doa.

Dengan demikian itu kita bisa memilih mana doa yang menurut kita mudah untuk dihafalkan serta untuk kita amalkan.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tasbih, Amalkan Supaya Pahalanya Jadi Sempurna

Lafadz Doa

Biasanya petir itu terjadi disertai dengan hujan dan angin. Untuk itu, penting sekali kita tidak hanya menghafal doa melihat petir saja.

Alangkah lebih baiknya, jika kita juga dapat menghafalkan doa ketika turun hujan, setelah turun hujan, dan doa ketika ada angin.

Sebenarnya doa-doa tersebut juga sangat mudah untuk kita hafalkan. Untuk Anda yang belum hafal doa melihat petir berikut ini lafadz serta artinya.

“Allahumma laataqtulnaa bighodhobika wa laa tuhliknaa bi’adzaabika wa ‘aafinaa qoblandzalik.”

Artinya adalah, “Ya Allah, janganlah engkau binasakan kami dengan murkaMu, jangan pula kau hancurkan kami dengan siksaMu. Selamatkan dan ampuni kami sebelum semua itu.”

Kemudian versi doa yang kedua adalah, “Subhanaladzi yusabbihhrro’du bihamdihi walmalaaikatu min khifatihi.”

Arti doa yang kedua adalah, “Maha suci Allah, petir, serta malaikat yang bertasbih dengan memujinya sebab tunduk kepadanya. Sangat mudah bukan doanya?

Maka dengan demikian itu, di mana pun dan kapan pun anda melihat kekuasaan Allah tersebut terjadi, bacalah doa melihat petir. Semoga kita juga dapat terhindar dari kerasnya siksa Allah SWT juga terlindungi. (Muhafid/R6/HR-Online)