Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Doa Qunut Imam dan Makmum dalam Agama Islam

Perbedaan Doa Qunut Imam dan Makmum dalam Agama Islam

Perbedaan doa qunut imam dan makmum perlu Anda tahu dalam ajaran islam.

Seorang muslim yang sudah mempunyai kewajiban untuk menunaikan shalat 5 waktu wajib mengetahui bacaan doa qunut untuk imam dan makmum.

Pembacaan doa qunut untuk imam masjid biasanya pelaksanaannya pada saat sang imam memasuki rakaat kedua sesudah melakukan rukuk.

Sebenarnya, qunut merupakan kata yang berasal dari kata qonata. Kata qonata ini jika dalam bahasa artinya adalah patuh atau taat.

Jadi, secara umum qunut memiliki pengertian sebagai perilaku tunduk, patuh, atau taat pada semua perintah Allah SWT.

Baca juga: Doa Melihat Petir yang Mudah untuk Dihafalkan dan Amalkan

Perbedaan Doa Qunut Imam dan Makmum yang Wajib Anda Tahu!

Ada perbedaan doa qunut imam dan makmum yang harus Anda tahu pada saat menjalankan sholat Subuh atau sholat Witir. Sebab, pada umumnya pelaksanaan doa qunut ini pada saat sholat Subuh dan Witir.

Pada waktu sholat Subuh, doa qunut antara imam dan makmum memiliki bacaan yang berbeda. Itulah yang mendasari perbedaan doa tersebut antara imam dan makmum dalam sholat.

Jika kita lihat dari waktu membacanya, doa qunut terbagi menjadi 3. Pertama doa qunut Subuh, yakni pembacaan doa qunut pada waktu melaksanakan sholat Subuh.

Kedua yaitu doa qunut Witir, yaitu doa qunut yang membacanya pada saat melakukan sholat Witir. Kemudian yang ketiga yaitu doa qunut nazilah, yang mana doa qunut ini biasanya membacanya pada saat terjadi musibah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan doa qunut imam dan makmum.

Bagi seseorang yang sedang menjalankan sholat munfarid atau sendirian, maka orang yang sholat tersebut akan membaca doa qunut dengan bacaan yang lirih. Lain halnya dengan imam, seorang imam akan membaca doa qunut dengan bacaan yang lebih keras.

Sedangkan bagi makmum, apabila saat itu imam sholat tidak membaca doa qunut dengan keras, maka makmum akan membaca doa qunut dengan suara yang lirih seperti halnya bacaan doa yang lainnya.

Kemudian, apabila seorang imam membaca menggunakan bacaan yang keras dan makmum bisa mendengarkan suara imam, maka makmum hanya perlu mengaminkan saja.

Baca juga: Doa Sayyidul Istighfar Menjanjikan Surga Bagi yang Mengamalkannya

Manfaat Membaca Doa Qunut yang Harus Anda Tahu!

Doa qunut bukan hanya termasuk bacaan doa untuk memohon dan meminta kepada Allah SWT saja. Akan tetapi, ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan pada saat membaca doa qunut ini dengan tulus dan ikhlas semata-mata mencari ridho Allah.

Berikut ini adalah manfaat membaca doa qunut, baik itu untuk imam maupun makmum:

1. Memberikan Petunjuk

Dalam bacaan doa qunut ada lafadz yang berbunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit”. Lafadz ini artinya sebagai bentuk permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar bisa memperoleh petunjuk.

Dalam kalimat atau lafadz pada doa qunut tersebut juga banyak yang menyebutnya dengan kata-kata tawasul. Jadi, kata-kata tersebut mengandung suatu nikmat hidayah.

Sebagaimana Allah SWT telah memberikan kenikmatan yang sangat luar biasa pada hambanya berupa hidayah.

2. Mendapatkan Perlindungan

Meskipun terdapat perbedaan, namun ada manfaat yang bisa Anda dapatkan saat membaca doa qunut ini, termasuk mendapatkan perlindungan.

Dalam bacaan doa qunut terdapat lafadz “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang selalu Anda baca. Pengertian lafadz ini yaitu seorang hamba yang meminta keselamatan pada Allah. Baik itu keselamatan dunia maupun keselamatan akhirat.

3. Bisa Menjauhkan dari Berbagai Penyakit

Dalam doa ini juga terdapat permohonan seorang hamba agar mendapatkan perlindungan. Tepatnya pada lafadz “wa aafinii fii man hadaiit”.

Dengan membaca lafadz ini, hamba memiliki keyakinan jika Allah akan memberikan perlindungan pada hamba yang membaca doa qunut ini dari setiap jenis penyakit lahir dan batin. 

Jika umat Islam bisa rajin membaca doa qunut, maka mereka bisa terhindar dari hal-hal yang termasuk larangan Allah SWT. Baik itu terhindar dari hawa nafsu yang buruk atau yang lainnya.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Maghrib Sangat Sayang untuk Dilewatkan

4. Mendapat Keberkahan

Dalam bacaan doa qunut, Anda juga telah membaca lafadz “wabaariklii fiimaa a’thoiit”. Dalam kalimat ini, seorang hamba memohon pada Allah agar mendapatkan keberkahan dari semua yang mereka dapatkan.

Banyak atau sedikit nikmat yang mereka dapatkan, yang terpenting adalah keberkahan yang ada dalam nikmat tersebut.

Kesimpulannya, perbedaan doa qunut imam dan makmum yaitu terletak pada bacaannya. Meski demikian, semua doa memiliki keutamaan yang luar biasa di sisi Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)