Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaBerita TerbaruSpeaker HP Rusak Karena Jatuh, Perbaiki dengan Cara Ini!

Speaker HP Rusak Karena Jatuh, Perbaiki dengan Cara Ini!

Speaker HP rusak karena jatuh merupakan hal yang bisa terjadi kapan saja, termasuk pada Anda. Jika speaker HP Anda rusak karena terjatuh, ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Speaker ponsel yang rusak lantaran terjatuh perlu segera diperbaiki.

Kemungkinan ponsel terjatuh tersebut juga dapat dikarenakan oleh ketidaksengajaan maupun perilaku lalai dari si pemilik HP. Benturan cukup keras ketika terjatuh bisa menyebabkan speaker HP mengalami kerusakan.

Pasalnya, komponen speakernya menjadi bermasalah. Terlebih apabila ponsel Anda terjatuh dari tempat yang cukup tinggi, kerusakan seperti itu tidak terelakan lagi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Akibat Error, Mudah!

Cara Memperbaiki Speaker HP Rusak Karena Jatuh

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami HP terjatuh lalu speakernya tidak mengeluarkan suara. Pada mulanya mungkin suara yang keluar dari speaker terdengar pecah-pecah.

Akan tetapi, setelah beberapa hari tiba-tiba speaker ponsel tersebut tiba-tiba mati atau tidak bersuara. Permasalahan tersebut kemungkinan terjadi karena efek dari ponsel Anda yang mengalami benturan cukup keras usai jatuh dari ketinggian.

Selain hal itu, apabila ponsel Anda terjatuh lalu speakernya mengalami kerusakan, maka akan ditandai dengan beberapa ciri. Mulai dari bunyi yang kurang jelas atau kresek-kresek, hingga loudspeaker HP mati jika Anda pakai untuk telepon maupun mendengarkan musik.

Pada dasarnya, untuk memperbaiki speaker ponsel rusak supaya keluar lagi suaranya, solusinya yakni dengan mengganti speaker HP dengan yang baru.

Akan tetapi, sebelum Anda memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh ke tempat service guna melakukan penggantian komponen speaker tersebut, Anda bisa menjajal beberapa cara ini.

Cara untuk mengatasi speaker ponsel rusak akibat terjatuh berikut ini dapat Anda terapkan pada HP Oppo, Xiaomi, Vivo, Asus, Samsung, bahkan Nokia.

Periksa Speaker Ponsel Mati atau Tidak

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan sesudah ponsel terjatuh dan tiba-tiba speakernya tidak keluar suara yakni dengan memeriksa keadaan speaker tersebut.

Berikut beberapa cara untuk mengecek kondisi speaker HP yang terjatuh:

  1. Pertama, silahkan Anda coba masuk pada pengaturan volume HP
  2. Lalu aturlah volumenya hingga kondisi maksimal
  3. Berikutnya, putar lagu atau musik dengan kondisi pengaturan volume maksimal tersebut

Apabila suara dari speaker tidak terdengar, maka kemungkinan terdapat jalur speaker yang terputus. Mungkin juga ada kerusakan komponen speaker itu sendiri yang jadi penyebabnya.

Tetapi, Anda juga mesti dapat memastikannya kembali dengan menggunakan cara di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan USB di iPhone Termudah Berserta Langkahnya!

Pastikan Fungsi Speaker dengan Memakai Kode Khusus

Sebelum Anda memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh, disarankan untuk mencari tahu sumber kerusakannya lebih dulu. Selain melalui pengaturan, di setiap ponsel Android juga lengkap dengan kode khusus guna memperbaiki speaker yang rusak.

Lebih tepatnya adalah untuk memastikan fungsi speaker ponsel tersebut. Pada dasarnya, fungsi dari dari kode khusus tersebut yakni sebagai hardware test.

Dengan demikian, Anda dapat mengecek service test, software info, service info, hingga speaker ponsel masih berfungsi atau tidak. Caranya pun terbilang cukup mudah.

Sebab, Anda hanya perlu memasukkan kode khusus tersebut di dial phone. Sesudahnya, Anda bakal masuk pada menu hardware test.

Nah, untuk mengetahui kode khusus tersebut Anda dapat mencarinya lewat pencarian Google. Formatnya yaitu “kode untuk memperbaiki speaker HP Anda”.

Sebagai contoh, kode khusus untuk memperbaiki HP Xiaomi, Samsung, maupun Android yang lain. Apabila ternyata sesudah Anda periksa kondisinya normal tetapi suara speaker pecah, Anda dapat menyiasati dengan cara selanjutnya.

Memperbaiki Melalui Sistem

Pada dasarnya, yang menyebabkan speaker ponsel rusak karena jatuh adalah komponen speaker HP itu sendiri.

Sehingga, memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh melalui sistem ini hanya membantu supaya suara yang dihasilkan tidak terlalu pecah. Jadi bukan untuk menghilangkan suara kresek-kreseknya atau kerusakan pada speakernya.

Tetapi, tak ada salahnya jika Anda mencoba cara berikut ini supaya suara speaker ponsel tidak terlalu pecah ketika mendengarkan musik.

  1. Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi MX Player
  2. Sesudahnya, buka aplikasi tersebut lalu klik menu di bagian kanan atas
  3. Pilihlah Pengaturan > Audio > ceklis Pemutar Audio
  4. Apabila sudah, cobalah memutar lagu memakai MX Player
  5. Klik icon Audi lalu ceklis ikon Gunakan Decoder Audio SW
  6. Jika suara speaker masih terdengar pecah, aturlah volumenya hingga tidak begitu terdengar lagi!

Baca Juga: Cara Membersihkan Port Charger iPhone yang Kotor, Ini Trik-nya!

Selain memakai aplikasi MX Player tersebut, juga dapat menjajal untuk menonaktifkan daya HP lebih dulu apabila suara speaker masih tidak jelas.

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh yakni dengan membawanya ke tempat service. Sehingga, perbaikan speaker ponsel Anda akan ditangani oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. (R10/HR-Online)