Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Saat Maghrib, Rugi Jika Melewatkannya dengan Alasan Dunia

Amalan Saat Maghrib, Rugi Jika Melewatkannya dengan Alasan Dunia

Amalan saat Maghrib tentunya akan menjadi ladang pahala untuk kita. Sebagai seorang hamba, memperbanyak pahala menjadi kewajiban untuk kita.

Karena Allah memerintahkan kita untuk memperbanyak amal kebaikan dan sunah-sunah Nabi Muhammad SAW.

Setiap waktu akan menjadi hal yang berharga untuk kita. Apalagi jika kita melalui hari-hari tersebut dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Baca juga: Amal Ibadah Paling Utama di Bulan Ramadhan

Maghrib sendiri merupakan salah satu waktu yang istimewa dalam ajaran Islam. Karena pada saat itu terjadi pergantian siang dan malam.

Perlu Anda ketahui, Maghrib juga menjadi waktu paling ditunggu bagi mereka yang mencintai ibadah puasa.

Waktu tersebut juga merupakan waktu yang dinanti oleh pengagum senja. Dengan alasan tersebut, tidak heran apabila Maghrib merupakan waktu yang sangat spesial.

Karena spesial, dalam waktu tersebut juga terdapat beberapa amalan yang bisa kita lakukan. Rasulullah SAW sendiri juga menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak amalan pada waktu itu.

Baca juga: Amalan Menjelang Puasa, Banyak Pahala Sayang untuk Dilewatkan

Bukan hanya salat Maghrib saja. Banyak amalan lain yang bisa kita lakukan dalam mengharap rida dan perlindungan dari Allah SWT.

Inilah Amalan Saat Maghrib

Jika kita mampu memanfaatkan waktu untuk beribadah kepada Allah, maka kita akan mendapatkan keberkahan. Bukan memanfaatkan untuk perihal urusan duniawi.

Sebagai umat Islam, tentunya kita juga harus melakukan amalan yang sudah Rasulullah anjurkan ketika datangnya waktu Maghrib. Karena pada kenyataannya juga, masih banyak sebagian dari kita yang belum mengetahui.

Apakah selama ini Anda sudah melakukan amalan tersebut? Apabila belum, mulai sekarang ubahlah pola hidup Anda dan lakukan beberapa amalan yang Rasulullah ajarkan. Apa saja? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Menutup Pintu Rumah

Untuk amalan saat Maghrib yang pertama adalah hendaknya kita menutup pintu rumah. Sebagaimana arti hadis riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW telah bersabda apabila masuk awal malam, tahanlah anak-anak. Karena pada saat itu, setan sedang berkeliaran.

Jika sudah lewat sesaat dari malam, kalian boleh melepaskan anak-anak. Tutuplah pintu dengan nama Allah karena setan tidak akan bisa membukanya.

Baca juga: Amalan Sebelum Subuh, Penyebab Allah Bangunkan Rumah di Surga

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa waktu tersebut sangatlah berbahaya untuk anak-anak. Anak-anak harus tetap berada di dalam rumah. Karena setan sedang berkeliaran, bisa saja mengganggu anak-anak kita.

Berdzikir

Untuk amalan saat Maghrib yang kedua adalah memperbanyak berdzikir kepada Allah SWT. Sore hari menjelang salat Maghrib memang menjadi waktu yang efektif.

Tidak hanya untuk memperbanyak berdzikir saja, tetapi Anda juga bisa membaca serta menghafalkan Al-Qur’an.

Alasannya adalah kondisi tubuh dalam keadaan rileks dan pastinya siap untuk melaksanakan ibadah salat. Setelah salat pun, kita juga tidak boleh terburu-buru beranjak dari tempat. Tetapi kita juga harus berdzikir, berdoa, memuji nama Allah, dan bersyukur.

Bersyukur kepada Allah sudah berikan kita kemudahan dalam melaksanakan salat, menjalani kehidupan dengan lancar, juga terhindar dari kesulitan.

Menyiapkan Diri untuk Beribadah

Amalan saat Maghrib yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri untuk beribadah. Masyarakat Indonesia umumnya pulang dari tempat kerja itu sore menjelang Maghrib.

Setelah itu, kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri guna menyambut ibadah salat wajib tersebut.

Baca juga: Amalan Ringan Pahala Besar yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari

Kita bisa segera mandi, menggunakan wewangian, dan menyiapkan segala hal yang menjadi kebutuhan kita saat melaksanakan ibadah salat.

Bagi laki-laki segera pergi ke masjid supaya tidak ketinggalan rakaat, menyiapkan sajadah, ataupun lainnya yang membuat ibadah kita lebih khusyuk.

Salat Sunnah

Selanjutnya yang menjadi amalan saat Maghrib adalah salat sunnah. Amalan ini berdasarkan hadis riwayat Muslim nomor 837.

Artinya adalah Anas bin Malik radhiallahu anhu mengatakan, “Kami bertempat tinggal di Madinah. Ketika muadzin adzan untuk salat Maghrib, para sahabat berlomba-lomba mencari tiang melaksanakan dua rakaat salat. Kemudian ada orang asing yang masuk dalam masjid dan mengira bahwa salat maghrib sudah ditunaikan. Karena memang banyak dari kalangan sahabat melaksanakan salat sunnah dua rakaat sebelum maghrib”.

Baca juga: Kumpulan Artikel Amalan Ibadah Islam

Mengacu pada hadis tersebut, berarti salat sunah 2 rakaat sebelum maghrib menjadi amalan yang bisa kita lakukan. Lakukan hal tersebut dengan ikhlas dan niat karena Allah.

Dengan begitu, kita akan mendapatkan rida Allah dan pahala. Mari bersama mengubah dan mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan beberapa amalan saat Maghrib di atas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -